Blog Layout

SEO VS. SEM: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?

Frontier Digital • Feb 24, 2022

Istilah SEO VS SEM mungkin sudah tidak asing lagi untuk para pegiat internet marketing atau pelaku bisnis. Meski demikian, perbedaan keduanya kerap kali masih rancu dan membuat bingung. Sekilas memang tampak sama. Namun, ibarat koin, keduanya adalah sisi yang berbeda. SEO dan SEM memiliki pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan visibilitas situs di mesin pencari. Memahami cara kerja keduanya akan sangat membantu Anda menentukan langkah-langkah strategis yang tepat sehingga dapat mencapai tujuan dengan lebih efisien. 


Apa definisi serta perbedaan keduanya? Bagaimana masing-masing pendekatan ini akan mempengaruhi bisnis Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian SEO

SEO (search engine optimization) adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Ini adalah taktik yang digunakan untuk meyakinkan mesin pencari seperti Google merekomendasikan konten brand Anda ketika user melakukan pencarian dengan keyword tertentu.


Dikutip dari
Semrush, ada empat pilar kunci dalam SEO agar situs brand bisa memperoleh hasil terbaik, yakni technical SEO, on-page SEO, konten, dan off-page SEO.


Technical SEO
: fokus untuk memperbaiki struktur teknis website seperti soal bagaimana kecepatan situs, apakah website sudah mobile-friendly, dll.


On-page SEO
: fokus untuk mengoptimasi berbagai faktor yang mempermudah mesin pencari mengidentifikasi konteks konten di website Anda. Misalnya, soal meta tag, image alt tag, dll.


Content
: pencarian organik akan sangat mengandalkan konten. Konten yang menarik, useful, dan relevan adalah kriteria yang harus dipenuhi agar mendapatkan peringkat di pencarian.


Off-page SEO
: ini adalah upaya yang fokus untuk mendapatkan kredibilitas dan otoritas di mata mesin pencari. Bagian ini berkaitan erat dengan link-building dan bagaimana situs Anda terhubung ke situs relevan dengan otoritas tinggi lainnya.


Memadukan pilar kunci di atas akan membantu Anda mendapatkan traffic organik sesuai harapan. Menerapkan SEO memang memang tidak bisa langsung berhasil dalam semalam, mesin pencari tentu akan memerlukan waktu untuk mengenal dan melakukan penilaian terhadap situs Anda. Metode ini biasanya diaplikasikan untuk tujuan besar dan jangka panjang.


Baca juga:
10 Tips Optimasi Local SEO Untuk Bisnis


Pengertian SEM

SEM (search engine marketing) adalah alternatif lain untuk mengoptimalkan website sehingga situs tampil di pencarian teratas SERPs (search engine result pages). Cara ini juga disebut PPc (pay per click) dan tentu membutuhkan biaya yang lebih besar. Campaign yang dilakukan biasanya memerlukan keyword yang komprehensif sehingga penting untuk memiliki pemahaman dan strategi ekstra dalam menerapkan cara ini. Jenis campaign bisa berupa Search ads, Shopping ads, display ads, dll.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan SEM adalah:

  • Targeted (paid) ad campaigns
  • Membuat copy dengan keyword spesifik
  • Memantau indikator keberhasilan seperti cost-per-click (CPC)


Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di mesin pencari. Jika diaplikasikan dengan maksimal, keduanya pun bisa memberikan traffic serta lead berkualitas. Secara mendasar, keduanya memiliki banyak kemiripan. Lalu apa saja perbedaan yang perlu diperhatikan?


Potensi klik (CTR)

Audiens mudah membedakan konten organik dengan konten SEM melalui tanda “Ad” atau “iklan”. Mengingat bahwa audiens biasanya sentimen dengan konten yang dipromosikan, potensi click-through-rate SEO akhirnya dinilai lebih besar dibandingkan SEM. Meski keduanya berada di halaman pertama, kemungkinan orang akan melakukan klik pada iklan berbayar cenderung kecil.

Target Audiens

Dengan SEM, Anda bisa menargetkan audiens yang lebih spesifik. Hal tersebut dilakukan saat melakukan setting iklan di awal. Anda bisa memilih demografi atau kategori lainnya yang sesuai dengan target audiens.


Ini berbeda dengan SEO yang lebih bergantung pada kualitas konten brand. Melalui konten tersebut, barulah Anda bisa mengetahui apakah konten telah menyasar target audiens yang tepat atau belum.


Kecepatan Hasil

Seperti yang telah disebutkan di atas, SEO mengoptimasi hasil pencarian organik. Untuk mendapatkan traffic yang tinggi, Anda harus menyajikan konten yang berkualitas dan relevan agar mudah ditemukan di SERP. Meski nantinya bisa bertahan lebih lama, hasil SEO tidak bisa cepat.


Sementara itu, kecepatan hasil SEM bisa dirasakan lebih cepat. Dengan beriklan, Anda bisa melakukan penyesuaian di awal sehingga hasilnya bisa diprediksi dan lebih terukur. Pada SEM, Anda juga bisa mematikan iklan jika dirasa hasilnya tidak cocok lalu mengaktifkan kembali setelah melakukan penyesuaian ulang.


Biaya

Perbedaan keduanya juga terletak di biaya atau anggaran yang dikeluarkan. Pada SEM, Anda perlu mengeluarkan anggaran yang ditetapkan di awal layaknya beriklan. Sementara itu, SEO bisa diterapkan dengan biaya minim atau bahkan gratis karena Anda akan lebih banyak berinvestasi di konten yang berkualitas untuk menarik perhatian audiens. 


Uji Coba (Testing)

Iklan berbayar tentu membutuhkan testing atau sesi uji coba. SEM akan memudahkan Anda melakukan hal tersebut sehingga lebih mudah pula untuk memahami target audiens. Data yang terkumpul nantinya akan membantu Anda untuk memperbaiki strategi supaya hasilnya lebih maksimal. Hal tersebut akan lebih sulit diterapkan pada penerapan SEO, mengingat bagaimana algoritma bekerja.


Terlepas dari perbedaan yang ada, kita bisa sepakat bahwa SEO fokus sebagai pendekatan yang menggunakan metode organik. Sedangkan SEM menggunakan metode berbayar untuk mendapatkan ranking di mesin pencari. Keduanya bisa digunakan untuk memaksimalkan strategi digital marketing bisnis.


Mana yang tepat untuk bisnis?

Setelah mengetahui apa itu SEO dan SEM serta bagaimana cara kerjanya,  Anda akhirnya perlu memutuskan metode mana yang lebih baik untuk diterapkan agar maksimal mengembangkan bisnis. Coba pertimbangkan hal-hal berikut ini:


Tujuan yang hendak dicapai. Jika Anda ingin hasil traffic yang cepat untuk meningkatkan penjualan, SEM adalah pilihan yang tepat. Jika ingin membangun long-term growth, maka sebaiknya maksimalkan aplikasi SEO.


Ketahui performa website bisnis Anda saat ini. Jika visibilitas organik Anda sudah cukup bagus, Anda bisa menggunakan SEM untuk mengoptimalkan angka visitors dan menghasilkan leads. SEO yang berhasil adalah pondasi yang tepat untuk mengoptimalkan SEM sehingga lebih mudah untuk menaikkan angka konversi.


Baca juga:
Tanda-Tanda Bisnis Anda Memerlukan Website Baru


Kombinasikan keduanya. Keduanya tidak harus dipisahkan, Anda bisa memaksimalkan potensi pertumbuhan bisnis. Gunakan insight dari strategi SEM Anda untuk pendekatan SEO yang lebih baik. Maksimalkan konten yang sebelumnya belum berhasil dengan optimasi SEM.


Nah, sekarang sudah mengerti apa itu SEO dan SEM, termasuk perbedaan keduanya. Memahami ini akan membantu Anda untuk menyusun strategi digital marketing yang lebih tepat serta efisien. Bisnis pun bisa terus tumbuh dan berkembang.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: