Blog Layout

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis

Frontier Digital • Mar 08, 2023
3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis

Sumber: Pexels

Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi. Melalui penerapan yang maksimal, Anda bisa menghadirkan brand langsung di depan target audiens, menyasar kebutuhan mereka lalu memberikan solusi sekaligus membujuk mereka untuk melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan bisnis. 


Rata-rata bisnis lokal telah menempatkan
5-10% dari pendapatannya untuk anggaran digital marketing. Jumlah tersebut bisa naik menjadi sekitar 14% untuk ukuran bisnis yang lebih besar. Strategi pemasaran online adalah investasi yang baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu dari mana harus memulainya? Artikel ini akan membahas hal-hal fundamental dari digital marketing, mulai dari definisi hingga berbagai pilar pentingnya. 


Apa Itu Digital Marketing?


Digital marketing adalah istilah umum yang mencakup banyak bidang, mulai dari SEO, pembuatan konten blog, hingga proses menjalankan iklan di saluran pemasaran online. Tujuan utama strategi ini adalah untuk mempromosikan brand dan terhubung dengan berbagai calon konsumen potensial dengan memanfaatkan internet atau berbagai bentuk komunikasi digital. 


Kita tahu bahwa marketing adalah soal  terhubung dengan audiens yang tepat di tempat dan waktu yang tepat pula. Saat ini, internet adalah lokasi di mana banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Tidak hanya untuk mencari hiburan, namun juga untuk menemukan informasi hingga melakukan pembelian. Pada tahun 2021, jumlah pembeli online mencapai
2,14 miliar dan diperkirakan akan terus meningkat.


Tidak seperti pemasaran konvensional, digital marketing adalah langkah yang adaptif dan efisien. Jika sebelumnya komunikasi atau promosi dilakukan secara satu arah, kali ini brand bisa lebih dinamis untuk membangun koneksi dengan target audiens mereka. Digital marketing dengan memanfaatkan internet memfasilitasi hal tersebut.


Baca juga: Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM


3 Pilar Digital Marketing


Setelah mengenal pengertian digital marketing, Anda juga perlu mengetahui hal-hal dasar dari strategi ini sebelum mulai mengaplikasikannya. Terdapat tiga pilar penting yang harus diperhatikan agar hasilnya nanti maksimal, yakni User Journey, Digital Channels, serta Creative and Content.


1. User Journey 

Seseorang tidak akan serta-merta menjadi pelanggan Anda. Selalu ada proses di baliknya yang biasa disebut user journey atau customer journey. Ini adalah pertemuan dan interaksi pelanggan dengan brand di semua saluran digital dan non-digital yang membentuk emosi dan persepsinya tentang brand.


Calon konsumen Anda biasanya berinteraksi dengan materi konten yang Anda unggah di berbagai saluran digital. Proses interaksi ini diciptakan untuk mendorong mereka melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan bisnis seperti mengisi formulir, menambahkan produk ke keranjang belanja, hingga melakukan pembelian. 


User journey
dimulai dari tahap Awareness lalu berakhir di Advocacy. 


  • Awareness: Pelanggan pertama kali menyadari brand.
  • Consideration: Pelanggan perlu mengevaluasi keputusannya dan mempertimbangkan brand lain.
  • Decision: Pelanggan siap untuk melakukan pembelian.
  • Advocacy: Pelanggan menyebarkan berita dari mulut ke mulut dan merekomendasikan brand tersebut kepada teman-temannya.


Mengenal posisi target audiens Anda dalam sebuah
user journey adalah pilar pertama dalam digital marketing untuk mempermudah perencanaan dan eksekusi nantinya. 


2. Digital Channels 

Berikutnya adalah saluran pemasaran atau digital channel. Ini nantinya akan menjadi medium untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan kepada calon konsumen dan para pelanggan. Saluran ini biasanya terbagi menjadi dua, organik dan berbayar. Dari sinilah Anda akan memperoleh traffic hingga pembeli. Beberapa contoh digital channel untuk menerapkan digital marketing adalah: 


  • Organic search 

Untuk memaksimalkan channel satu ini, Anda perlu melakukan optimasi mesin pencari yang biasa disebut SEO (search engine optimization). Penerapannya bertujuan untuk menampilkan website atau konten agar muncul di hasil pencarian teratas melalui keyword tertentu.


  • Social media 

Orang-orang menggunakan media sosial untuk mengikuti berita terbaru atau terhubung dengan orang lain. Dengan tujuan yang mirip, brand bisa memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan produk hingga membangun koneksi dengan audiens. Dengan media sosial, Anda juga akan lebih memahami kebutuhan dan minat target audiens Anda. Ini akan membantu Anda menyesuaikan konten dengan lebih baik sehingga interaksi yang terbentuk juga menjadi positif dan menguntungkan brand. 


  • Email 

Email masih menjadi salah satu media paling populer yang digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka saat ini. Penerapan email marketing automation juga bisa membantu memaksimalkan upaya pemasaran secara keseluruhan karena mengirim email yang relevan ke daftar pelanggan yang tersegmentasi. 


  • Paid search

Selain upaya organik melalui teknik SEO, Anda juga bisa mengoptimalkan saluran berbayar atau paid search seperti Google Ads. Langkah ini disebut SEM (search engine marketing). Terdapat berbagai pilihan jenis iklan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa memilih target audiens yang lebih spesifik, termasuk melakukan retargeting untuk makin meyakinkan mereka. 


  • Referral 

Referral akan membantu Anda untuk memperluas jangkauan dan memperoleh lebih banyak traffic. Ini dihasilkan dari pengguna yang mengklik tautan dan menavigasi dari satu situs web ke situs web lain (target hyperlink atau situs web). 


Baca juga: 5 Contoh Digital Marketing Platform Untuk Bisnis


3. Creative dan Content 

Pilar terakhir adalah konten serta materi yang hendak diiklankan. Bentuknya bisa sangat beragam, bergantung pada platform yang digunakan. Intinya adalah buat konten agar bisa menarik perhatian target audiens hingga mampu mendorong mereka untuk melakukan interaksi. Materi kreatif dapat berupa:

 

  • Artikel blog
  • Video penjelasan produk
  • Infografis
  • Ad banners
  • Text ads
  • Video promosi, dll.


Siap menerapkan strategi digital marketing? Itulah pilar digital marketing yang wajib Anda perhatikan sebelum mulai menjalankannya. Jika dieksekusi dengan tepat, pemasaran online dapat berdampak signifikan untuk kemajuan bisnis. Tidak hanya brand awareness yang meningkat, Anda juga bisa memperoleh penjualan hingga loyalitas pelanggan karena senantiasa terhubung dengan mereka.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: