Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial. Tujuan utamanya adalah agar website naik ke peringkat teratas di halaman pencarian Google sehingga nantinya akan berdampak positif pula terhadap brand awareness, organic traffic, hingga penjualan.
SEO sendiri adalah teknik yang kompleks. Terlebih bagi Anda yang tidak terlalu mengerti seluk-beluk digital. Tidak heran jika akhirnya jasa optimasi website profesional atau jasa SEO juga semakin dipilih. Strategi ini dinilai lebih efisien jika dilakukan oleh mereka yang sudah profesional. Apakah Anda tertarik menggunakan strategi ini dan hendak menyewa jasa profesional? Simak beberapa hal berikut yang penting untuk diperhatikan.
Sumber: Pexels
Ketika sudah mengetahui manfaat SEO, banyak pihak tidak ragu untuk mulai menjalankannya. Namun, tidak sedikit pula yang merasa bahwa mereka tidak cukup siap melakukan optimasi website dengan teknik ini. Sebelum mengambil keputusan, ketahui terlebih dahulu kapan sebaiknya bisnis mulai menerapkan strategi SEO dan menggunakan jasa profesional.
Ketika memiliki website baru
Jika Anda berencana untuk memaksimalkan online presence, memiliki website adalah hal yang sangat penting. Website berguna untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis. Keberadaan website juga bisa menjadi media untuk promosi sekaligus mengedukasi calon konsumen. Ketika Anda sudah berhasil membuat website, hal yang jangan sampai terlewat adalah mulai mengoptimasinya dengan teknik SEO.
Seperti sebuah toko fisik, Anda tentu ingin toko Anda dikenal dan didatangi pengunjung. Nah, SEO adalah metode yang akan membantu website agar terindeks oleh Google sehingga nantinya mudah ditemukan melalui keyword yang relevan. Jasa optimasi website akan mempercepat prosesnya, membantu Anda untuk memaksimalkan performa website yang masih baru ini.
Website lama tidak berdampak signifikan
Anda sudah memiliki website sejak lama namun tidak berdampak signifikan. Ingat, optimasi website tidak hanya dilakukan sekali saat website pertama kali siap tampil online. Anda perlu melakukan pengecekan berkala dan perbaikan jika memang diperlukan.
Tidak kalah penting, algoritma mesin pencari juga berubah seiring waktu. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk terus mengikuti perkembangan terkini ketika melakukan optimasi. Misalnya, agar website bisa maksimal memperoleh peringkat teratas di mesin pencari, website harus responsif dan
mobile friendly. Nah, mengingat SEO memang kompleks, ada baiknya jika Anda langsung menyewa jasa profesional yang sudah berpengalaman menangani hal-hal semacam ini.
Masih pemula atau tidak memiliki tim SEO
Jasa SEO profesional hadir untuk memudahkan para marketer dan pemilik bisnis yang masih pemula atau memang tidak memiliki tim SEO khusus. Opsi ini dinilai lebih efisien dan hemat biaya karena Anda tidak perlu melakukan optimasi SEO sendiri dengan serangkaian uji cobanya yang bisa memperburuk performa website. Anda jadi bisa melakukan hal lain yang juga penting dalam daftar prioritas Anda. Alternatif ini juga merupakan solusi untuk Anda yang memang belum atau tidak memiliki tim SEO khusus.
Ingin strategi yang efisien
Dalam tahap perencanaan strategi pemasaran online, Anda tentu ingin hasil yang positif dalam waktu relatif singkat. Meski dalam menjalankan SEO tetap harus melakukan pengujian, mereka yang profesional dan berpengalaman tentu lebih cepat memahami kebutuhan optimasi website seperti bagian mana yang harus segera diperbaiki, indikator apa saja yang perlu diperhatikan, atau lainnya.
Menggunakan jasa SEO profesional artinya Anda akan mempercepat proses perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi yang lebih tepat sasaran. Dengan demikian, pengambilan keputusan juga lebih mudah dan performa website juga bisa maksimal sesuai tujuan yang diharapkan.
Baca juga: Cara Optimasi Website Untuk Keuntungan Bisnis
1. SEO On-Page
Sesuai namanya, optimasi ini dilakukan di dalam halaman atau website (on-page). Jika Anda mengunggah konten, konten tersebut perlu dioptimasi agar bisa ditemukan dan dipahami oleh Google serta meningkatkan pengalaman audiens. Dengan begitu, akan lebih mudah pula bagi bisnis untuk menduduki peringkat atas di halaman hasil pencarian.
Penyedia jasa SEO biasanya akan mengurus hal-hal seperti keyword research, internal link, optimasi image, meta tag, dan lainnya. Detail layanan tentu akan bergantung pada masing-masing penyedia layanan. Misalnya, ada jasa
on-page
yang juga menawarkan pembuatan konten artikel lengkap, tidak terbatas pada optimasi kata kunci saja sehingga artikel tersebut siap diunggah ke website Anda.
2. SEO Off-Page
Jika sebelumnya mengurus berbagai hal yang tersedia di dalam website, layanan off-page mengurus hal-hal di luarnya. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan peringkat melalui EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness). Nilai EAT yang baik akan menunjukkan kredibilitas website di mata mesin pencari dan bagaimana kualitasnya dibandingkan dengan para kompetitor.
Hal yang tidak kalah penting dari upaya meningkatkan peringkat website adalah
link building atau memperoleh backlink yang berkualitas. Backlink adalah tautan yang disematkan oleh website lain yang relevan dan mengarah ke website Anda.
Upaya
off-page lainnya juga termasuk:
3. Technical SEO
Selain sisi konten, Anda juga perlu memperhatikan sisi teknis website untuk hasil yang maksimal. Di sinilah jasa technical SEO diperlukan. Karena sifatnya yang teknis, perlu pengetahuan dan pengalaman khusus untuk mendeteksi isu lalu memperbaikinya. Sebaiknya memang tidak dikerjakan oleh sembarang orang.
Layanan yang berhubungan dengan
technical SEO mencakup:
Proses optimasi tentu perlu didukung oleh berbagai tools SEO yang biayanya juga tidak murah. Jika Anda menggunakan jasa SEO profesional, Anda bisa langsung menyerahkan semua urusan untuk diselesaikan tanpa perlu berlangganan tools tertentu.
Baca juga: Mengenal Keyword Mapping dan Fungsinya bagi SEO
Ketika hendak memilih untuk menggunakan jasa optimasi website atau jasa SEO profesional, pertanyaan yang sering diajukan adalah terkait hasil. Hal tersebut wajar mengingat ini juga berkaitan dengan rencana anggaran, alokasi sumber daya, hingga berbagai hal lainnya. Sayangnya, tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut.
Mesin pencari seperti Google tidak pernah benar-benar menjabarkan secara detail mengenai cara kerja algoritma mereka. Selain itu, saat ini setidaknya terdapat 200 faktor yang memengaruhi peringkat website di Google. Beberapa di antaranya seperti kualitas konten, backlink, search intent, kecepatan website, mobile friendly, optimasi kata kunci, user experience, dan struktur website. Hingga saat ini, berbagai upaya SEO dilakukan berdasarkan uji coba dan pembuktian paling relevan serta konsisten. Praktiknya menitikberatkan pada pengalaman dan studi kasus yang pernah ada sebelumnya.
Nah, siapkah Anda menerapkan strategi SEO? Setelah mengetahui betapa pentingnya teknik SEO untuk website, pastikan Anda juga lebih produktif dengan menyewa jasa optimasi website profesional agar hasilnya lebih maksimal.
All Rights Reserved | Frontier Digital