Sumber: Pexels
Digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang memanfaatkan platform digital. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau audiens yang luas ataupun spesifik sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan bisnis. Mengingat kelebihannya tersebut, tidak heran jika akhirnya penggunaan digital marketing agency turut populer.
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal. Nah, jika Anda termasuk pelaku bisnis yang tertarik untuk menggunakan jasa digital marketing agency, mari ketahui terlebih dahulu berbagai layanannya berikut ini.
Online presence sebuah bisnis sangat penting agar menarik perhatian audiens hingga memenangkan persaingan pasar. Nah, digital marketing agency adalah pihak ketiga yang bisa memfasilitasi para pelaku bisnis untuk mencapai tujuan tersebut. Penggunaan agency tentu akan mempermudah proses perencanaan maupun eksekusi karena mereka sudah berpengalaman. Namun, sebelum memilih agency, pastikan Anda mengenal berbagai layanannya sebagai berikut:
1. Pembuatan website
Website adalah platform yang esensial dan berfungsi untuk mengenalkan bisnis Anda kepada para calon konsumen online. Website biasanya berisi profil perusahaan, produk atau jasa yang ditawarkan, testimonial pelanggan, hingga menjadi tempat terjadinya transaksi. Memiliki website akan membantu bisnis untuk menarik traffic dan leads sehingga awareness meningkat. Selain itu, tampilan dan performa website yang optimal juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis sehingga lebih meyakinkan calon konsumen.
Variabel harga: Pilihan hosting, fitur yang digunakan, hingga tampilan website.
2. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah bagian dari strategi digital marketing yang makin populer mengingat meningkatnya aktivitas pencarian melalui mesin pencari. Saat ini, banyak orang mencari informasi bahkan membeli produk dengan proses mengetik keyword di Google terlebih dahulu. Inilah mengapa upaya SEO perlu dimaksimalkan. SEO membantu bisnis untuk meningkatkan visibilitas online, menarik lebih banyak organic traffic, hingga mendongkrak penjualan. Upaya SEO sendiri terbagi menjadi on-page SEO, technical SEO, dan off-page SEO.
Variabel harga: Persaingan keyword, kondisi web saat ini.
Baca juga: Mengenal Jasa SEO dan Berbagai Layanannya
3. Google Ads
Selain organik, Anda juga bisa memaksimalkan potensi bisnis dengan upaya berbayar agar hasilnya lebih optimal. Google Ads adalah salah satu layanan iklan yang banyak dipilih oleh marketer atau pelaku bisnis karena data menunjukkan bahwa 63% orang telah mengklik iklan Google. Mengingat Google sendiri merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, mempromosikan bisnis dengan menjalankan kampanye Google Ads tentu sangat berpeluang meningkatkan performa bisnis.
Variabel harga: Persaingan keyword.
4. Manajemen media sosial
Jika bisnis Anda menggunakan media sosial atau berencana memperluas pasar di platform ini, Anda tentu perlu melakukan upaya membangun audiens yang konsisten. Layanan manajemen media sosial bisa mencakup sebagian atau keseluruhan, mulai dari aktivasi brand, pembuatan konten, dan lain-lain. Mengingat media sosial juga banyak jenisnya, biasanya akan dibedakan antara masing-masing platform. Ini karena perilaku audiens di tiap media sosial berbeda sehingga akan butuh treatment yang berbeda pula.
Variabel harga: Platform, jumlah postingan, kualitas postingan.
5. Social media Ads
Media sosial memang gratis atau bisa dikembangkan secara organik. Namun, tidak sedikit yang akhirnya juga memilih menggunakan iklan agar hasilnya maksimal dalam waktu yang relatif singkat. Inilah mengapa penting bagi bisnis untuk memikirkan strategi hingga eksekusi social media ads.
Variabel harga: Platform.
6. Jasa pembuatan konten
Konten adalah elemen yang akan membantu bisnis untuk menarik perhatian audiens, membuat mereka mencari tahu hingga membangun kedekatan emosional dengan mereka. Agar tetap terhubung dengan para audiens, wajib bagi bisnis untuk konsisten mengunggah konten. Jika tidak memiliki tim dan tidak sempat membuat konten, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency. Format konten yang ditawarkan biasanya cukup beragam:
Variabel harga: Platform, format, jumlah, kualitas konten.
7. Influencer Marketing
61% konsumen percaya dengan produk yang direkomendasikan oleh influencer. Jadi, Anda juga bisa memaksimalkan bisnis lewat kerjasama dengan para influencer. Nah, menggunakan jasa agency artinya Anda tidak perlu repot untuk melakukan riset untuk menentukan siapa influencer yang tepat hingga proses perencanaan dan manajemennya.
Variabel harga: Platform, jumlah, kualitas postingan.
Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya
Saat ini ada banyak sekali digital marketing agency di Indonesia. Berbagai layanan mereka tawarkan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis. Lalu, apa tips memilih digital marketing agency yang tepat?
1. Ketahui kebutuhan bisnis
Sebelum memilih salah satu digital marketing agency, pastikan Anda tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh bisnis. Seperti yang telah disebutkan di atas, layanan terkait upaya pemasaran digital cukup banyak. Jika Anda masih kesulitan untuk mengetahui kebutuhan bisnis, coba berkonsultasi dan berdiskusi dengan mereka terlebih dahulu.
2. Kenali profil agency
Dalam proses menemukan digital marketing agency yang tepat, Anda mungkin akan memperoleh beberapa opsi sekaligus. Tentu tidak kalah penting untuk mengetahui calon pihak yang akan diajak kerjasama ini. Kenali profil mereka, pastikan mereka memang profesional dan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan bisnis Anda.
3. Cek pengalaman agency
Tidak hanya mengenal profil agency, Anda juga bisa melakukan pengecekan ulang terkait pengalaman atau portfolio mereka. Ini juga bisa menunjukkan metode kerja hingga hasil yang bisa Anda harapkan nantinya. Mengetahui hasil kerja mereka tentu akan mempermudah proses pengerucutan dan pemilihan agency yang dirasa cocok untuk bisnis Anda.
Nah, itulah berbagai layanan jasa digital marketing agency yang perlu Anda ketahui. Menggunakan jasa pihak ketiga yang profesional dan berpengalaman tentu akan mempermudah proses eksekusi dan mempercepat hasil. Dengan demikian, kedepannya bisa terjadi peningkatan yang signifikan untuk pertumbuhan bisnis.
All Rights Reserved | Frontier Digital