Blog Layout

5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya

Frontier Digital • Mar 06, 2023

Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer.  Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis. Bayangkan jika sebuah brand memilih untuk berkolaborasi dengan influencer yang diikuti oleh target audiens mereka. Brand pada akhirnya dapat memperoleh lebih banyak eksposur, website traffic, bahkan konversi. 


Jika Anda sedang membutuhkan sosok influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis, maka penting mencari tahu terlebih dahulu mengenai berbagai tipe influencer yang ada. Biasanya mereka dikategorikan berdasarkan jumlah followers. Namun, agar eksekusi promosi berjalan maksimal, pastikan juga melakukan riset terkait niche serta tingkat interaksi sang influencer dengan followers mereka.

5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya

Sumber: Pexels

5 Tipe Influencer yang Harus Dikenali


Mengingat saat ini telah tersedia berbagai platform online untuk melakukan pemasaran digital, jenis influencer juga kerap dibagi berdasarkan media yang mereka gunakan. Misalnya, influencer Instagram, influencer TikTok, dan lainnya. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tipe-tipe influencer ini lebih umum dibagi berdasarkan jumlah pengikut mereka. 


Berikut adalah 5 jenis influencer yang harus Anda ketahui sebelum nantinya memutuskan untuk menjalankan strategi influencer marketing. 


1. Nano Influencer 

Tipe pertama ini dapat dikategorikan yang paling baru sebagai influencer karena memiliki jumlah pengikut paling sedikit dibandingkan tipe influencer lainnya. Biasanya jumlah pengikut mereka adalah antara 1.000 sampai 10.000 akun. Meski demikian, penggunaan nano influencer makin diminati karena keunggulan mereka dari sisi engagement rate. Angkanya paling tinggi, terlebih jika dibandingkan dengan level selebriti. 


Mengingat engagement dengan followers adalah metrik yang penting untuk mendorong keputusan pembelian target audiens, maka penggunaan nano influencer sangat potensial untuk mendukung strategi pemasaran bisnis. Peer-to-peer dan kesan dekat yang tercipta antara influencer dan followersnya adalah keuntungan tersendiri. 


2. Micro Influencer 

Lebih banyak sedikit dari nano influencer, micro influencer adalah titel yang diberikan untuk mereka yang sudah memiliki niche di bidang tertentu serta jumlah pengikut yang berkisar antara 10.000 hingga 100.000. Pada level ini, umumnya mereka masih memiliki hubungan yang intens dengan para followers sehingga berdampak positif terhadap angka keterlibatan atau interaksi. 


Bekerjasama dengan micro influencer akan membantu brand untuk menyasar target yang cukup tersegmentasi di bidang tertentu. Selain itu, akan lebih mudah juga untuk membangun buzz karena tingkat keterlibatan dan loyalitas yang masih terbilang tinggi. 77% marketer mengungkapkan bahwa micro influencer adalah pilihan ideal mereka. 


Baca juga: Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif


3. Mid-tier Influencer 

Berikutnya adalah influencer yang sudah terbilang mapan dalam hal followers, yakni memiliki jumlah pengikut antara 100.000 hingga 500.000. Keunggulannya terletak pada jangkauan yang luas sehingga bisa mencapai target yang luas pula. Sedangkan kekurangannya terletak pada engagement rate yang tidak terlalu besar. Pada level ini, biasanya minat followers sudah cukup beragam. 


Penggunaan mid-tier influencer cocok untuk Anda yang sedang ingin menjangkau khalayak luas atau ingin menarget lebih banyak calon konsumen potensial. 


4. Macro Influencer 

Macro influencer merupakan tipe influencer dengan jumlah pengikut terbanyak nomor dua. Followers mereka berkisar antara 500.000 sampai 1.000.000. Tingkatan ini biasanya diisi oleh selebriti atau orang yang umum disebut sebagai selebgram (selebriti instagram). Jumlah pengikut yang besar dan signifikan ini tentunya bisa membantu brand untuk menayangkan pesan promosi ke lebih banyak orang. Meski demikian, tingkat interaksinya sendiri tidak terlalu tinggi. 


Pada level ini, minat audiens tidak lagi spesifik melainkan bisa cukup beragam. Inilah mengapa pada akhirnya tidak sedikit macro influencer yang dipilih dan diajak kerjasama sebagai brand ambassador. 


5. Mega Influencer 

Terakhir adalah jenis influencer dengan jumlah pengikut terbanyak. Mereka adalah orang-orang yang sudah terkenal dan memiliki lebih dari 1.000.000 followers. Misalnya, para aktor, aktris, penyanyi, atlet, dan memang sudah memiliki pamor di jagad maya. Tipe ini biasanya digunakan oleh brand yang sudah mapan dan memiliki budget besar. 


Dengan pengikut yang lebih banyak, maka akan lebih beragam pula minat audiensnya sehingga penggunaan influencer jenis ini tidak disarankan untuk bisnis yang cukup segmented. Mega influencer lebih cocok digunakan untuk mempromosikan kampanye besar dengan target jangkauan yang luas dan cepat.


Baca juga: 7 Cara Mudah Menjadi TikTok Influencer


Cara Memilih Influencer yang Tepat


Setelah mengetahui berbagai jenis influencer, Anda mungkin akan bertanya tentang bagaimana menemukan influencer yang tepat. Karena ketersediaan yang cukup banyak serta beragam, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan influencer yang tepat bagi bisnis. 


Tentukan budget dan tipe campaign 

Mengetahui seberapa besar anggaran yang bisa Anda keluarkan untuk menggunakan influencer akan mempermudah proses pemilihan sang influencer itu sendiri. Hal yang sama juga berlaku dengan rencana kampanye Anda. Hasil seperti apa yang Anda harapkan juga bisa membantu Anda memilah influencer mana yang akan dipakai. 


Sesuaikan dengan target audiens 

Masih berkaitan erat dengan objektif campaign, Anda tidak juga harus memastikan terlebih dahulu audiens seperti apa yang hendak disasar. Pengelompokan audiens akan sangat mempermudah langkah promosi, termasuk menentukan influencer mana yang cocok untuk menyampaikan pesan promosi tersebut. 


Cek keaslian followers & engagement rate 

Setelah mengerucutkan pilihan influencer berdasarkan objektif kampanye, budget, serta target audiens, Anda bisa mulai melakukan riset yang lebih mendalam terhadap daftar influencer. Ketahui apakah sang influencer benar-benar memiliki jumlah pengikut demikian hingga sejauh mana interaksi yang telah terbentuk antara sang influencer dengan para pengikutnya. 


Pilih kualitas konten 

Poin penting lain yang harus dipikirkan adalah kualitas konten sang influencer. Karena biasanya, meski bekerjasama dengan brand, influencer akan membuat konten versi mereka sendiri agar pesannya tersampaikan dengan baik ke followers mereka. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memastikan apakah konten yang selama ini disajikan adalah tipe konten yang cocok dengan materi promosi atau brand secara keseluruhan. 


Siapkan perjanjian kerjasama yang baik 

Bagian yang tidak kalah penting adalah membuat perjanjian kerjasama yang jelas dan baik untuk semua pihak yang terlibat. Misalnya, beberapa influencer lebih suka membuat konten unik dengan gaya mereka sendiri. 


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tipe-tipe influencer serta cara memilihnya. Jika dipilih dengan tepat serta dieksekusi dengan maksimal, hasilnya bisa signifikan dan cepat untuk pertumbuhan bisnis.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: