Blog Layout

5 Langkah Strategis Melakukan Keyword Research

Frontier Digital • April 1, 2022

Ketika melakukan pencarian di Google, seseorang perlu menuliskan kata-kata di kolom pencarian. Kata-kata tersebut adalah keyword yang membuat pengguna menemukan konten, produk, dan layanan sebuah bisnis. Bagi marketer atau pebisnis, keyword yang tepat akan meningkatkan performa SEO sehingga konten memperoleh ranking di SERP, bahkan bisa juga mendatangkan lead berkualitas yang berujung pada konversi. Untuk hasil yang demikian, keyword research adalah proses yang tidak boleh dilewatkan. 


Riset keyword bertujuan untuk menemukan kata kunci yang strategis. Melalui tahapan ini, Anda jadi lebih memahami target market dan bagaimana mereka mencari sampai akhirnya menemukan bisnis Anda. Riset yang maksimal akan membongkar kata-kata atau kalimat, istilah, pertanyaan, dan jawaban yang penting serta berguna untuk meningkatkan kualitas konten. Dalam artikel ini, kita kan membahas lebih lanjut mengenai apa itu keyword research sampai berbagai tips penting untuk hasil keyword yang memuaskan. 

TikTok Logo

Sumber: Freepik

Apa Itu Keyword Research?

Keyword research adalah kegiatan mengidentifikasi dan menganalisis kata kunci yang sering dicari dan relevan dengan bisnis. Dalam prosesnya, akan ada penyortiran dan pengelompokan yang berguna untuk memperbaiki atau membuat konten baru. Data yang dihasilkan nanti dapat menjawab pertanyan-pertanyaan berikut: 


  • Apa yang kebanyakan orang cari?
  • Berapa banyak orang yang mencari?
  • Dalam format seperti apa orang-orang mengonsumsi topik ini? 
  • dan lainnya


Insight tersebut tentu berharga untuk memaksimalkan strategi konten dan meningkatkan visibilitas online. Anda jadi bisa menyajikan konten yang tepat kepada audiens yang tepat pula. Mendalami riset akan membantu Anda menyajikan informasi relevan yang mampu menjawab atau menyelesaikan masalah target market. Dengan begitu, mereka bisa dituntun perlahan untuk masuk lebih jauh ke dalam sales funnel dan berujung pada konversi.


Baca juga:
Mengenal Lead Generation Dan Manfaatnya Untuk Bisnis


Jenis-jenis Keyword 

Menemukan kata kunci yang tepat sasaran berdasarkan search intent adalah langkah esensial untuk memenangkan kompetisi di mesin pencari. Hal tersebut membantu bisnis Anda menjadi berbeda dari kompetitor. Sebelum terjun melakukan riset, penting untuk mengetahui jenis-jenis keyword terlebih dahulu.


  • Informational keywords: audiens mencari informasi umum atau berusaha menemukan jawaban dari masalah yang mereka miliki.
  • Navigational keywords: audiens berusaha menemukan situs atau halaman tertentu.
  • Commercial keywords: audiens melakukan investigasi atau mencari tahu lebih lanjut mengenai sebuah brand atau produk.
  • Transactional keywords: audiens berencana melanjutkan atau menyelesaikan transaksi.


Selain itu, Anda juga perlu mengenal jenis keyword berdasarkan formatnya. Secara sederhana dan umum digunakan, kata kunci dibagi menjadi dua yaitu short tail keyword dan long tail keyword. 

  • Short tail keyword 

Kata kunci tipe ini memuat satu sampai dua kata yang memang bersifat sangat umum. Contohnya adalah "sepatu" atau "sepatu nike". Karena general, angka pencariannya tergolong tinggi.

  • Long tail keyword 

Sesuai namanya, kata kunci tipe ini memuat kata yang lebih panjang. Bisa lebih dari tiga kata yang spesifik. Nilai kompetisinya rendah karena memuat pencarian yang lebih detail. Contohnya adalah "kenapa keyword research itu penting".

Melakukan Keyword Research 

Keyword strategis yang dimasukkan ke dalam struktur konten website dapat meningkatkan hasil ranking di mesin pencari. Saat ini sudah ada banyak tools pencarian dan analisis keyword yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang gratis namun terbatas sampai yang berbayar dengan hasil data yang lebih komprehensif. Misalnya, Google Keyword Planner, Ahrefs, Semrush, dan lain-lain. 


Riset keyword adalah proses yang butuh kejelian dan ketelitian. Anda akan mengumpulkan berbagai kata kunci yang mungkin sesuai dengan market, audiens, konten website, produk, layanan, dan lainnya. Inilah mengapa penting untuk pertama-tama mengetahui apa bisnis Anda, apa produknya, siapa targetnya, sampai tujuan bisnis yang hendak dicapai. Misalnya, bisnis Anda menjual sepatu casual. Untuk mendapatkan acuan yang lebih terarah saat melakukan riset, coba gunakan pertanyaan-pertanyaan seperti:


  • Sepatu casual seperti apa yang target Anda sukai?
  • Kata atau istilah apa yang sering mereka gunakan?
  • Pertanyaan soal sepatu yang seperti apa yang mereka gunakan?
  • Mereka lebih sering melakukan pencarian lokal atau lainnya? 
  • Apakah mereka lebih menyukai melakukan pencarian via seluler? 
  • dan lainnya. 


Selanjutnya, mari kita masuk ke bagian yang lebih dalam agar proses riset berjalan maksimal. 


Langkah 1: Buat daftar keyword yang Anda pikir sangat relevan dengan bisnis. Coba pilihlah minimal 5 topik yang menurut Anda penting dan kemungkinan besar berhasil menaikkan visibilitas online. Misalnya untuk produk sepatu, gunakan "jenis sepatu", "merawat sepatu", "bagian sepatu", atau lainnya. 


Tips: Perhatikan topik dan keyword yang digunakan kompetitor. 


Langkah 2: Menemukan kata kunci yang lebih spesifik. Identifikasi kata kunci apa saja yang bisa digunakan untuk berbagai topik penting yang Anda pilih sebelumnya. Pikirkan kira-kira apa yang akan diketik orang di kolom pencarian ketika ingin menemukan konten dengan topik tersebut. Intinya, buat berbagai kemungkinan pencarian. Misalnya, "cara mudah merawat sepatu", "tren sepatu casual", atau lainnya. 


Tips: Tentukan short tail keyword yang memiliki angka tinggi, lalu tambahkan long tail keyword yang spesifik.


Baca juga: Mengenal Strategi Inbound Marketing


Langkah 3: Pahami search intent. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, search intent adalah bagian penting untuk memahami audiens sehingga dapat menemukan kata kunci yang tepat. Nantinya, sesuaikan dengan daftar kata kunci yang telah dikelompokkan sebelumnya. 


Tips: Kategorikan penelusuran. Sortir dan kelompokkan keyword ke dalam grup-grup. 


Langkah 4: Riset kata pencarian lain yang berhubungan dengan daftar tadi. Terutama untuk konten yang spesifik, Anda bisa coba menemukan kata-kata lain yang berhubungan dan digunakan pengguna. Ketik keyword di Google dan ketahui apa penelusuran terkaitnya. Daftar yang Anda temukan bisa jadi alternatif ide menarik. 


Tips: Cari tahu dan pilih yang paling bisa menjawab masalah audiens Anda. 

Langkah 5: Gunakan keyword research tools agar lebih akurat dan maksimal. Dengan tools yang ada, Anda bisa menemukan berbagai pertimbangan dan melakukan analisis untuk menentukan keyword yang tepat. 


Kata kunci yang tepat akan mendukung performa SEO. Anda harus fokus pada relevansi, volume, dan
authority. Jika riset dilakukan dengan benar, bisnis Anda bisa memenangkan persaingan di mesin pencari. Oleh karena itu, jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi rutin supaya keyword tetap relevan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: