Blog Layout

10 Kesalahan SEO yang Harus Segera Diperbaiki

Frontier Digital • May 13, 2022

Search engine optimization adalah teknik yang bisa Anda gunakan untuk menambah pengunjung website secara organik. SEO membantu meningkatkan visibilitas situs web dengan mendapatkan ranking teratas di mesin pencari. Namun, tidak dapat dipungkiri banyak terjadi kesalahan SEO dalam prakteknya.


SEO sendiri memang terus populer. Pada 2020, Hubspot memaparkan data bahwa setidaknya ada 64% marketer yang aktif berinvestasi di metode ini. Di era digital seperti sekarang, SEO dinilai ampuh untuk mengembangkan situs web dan bisnis secara keseluruhan. Jika Anda sudah menggunakan teknik ini untuk bisnis, penting untuk terus menganalisis apakah cara Anda tergolong maksimal.

pencarian lewat search engine

Kesalahan Menerapkan SEO 

Mengingat esensi search engine optimization, maka penting untuk mengetahui bagaimana menerapkannya dengan benar. Tujuannya tentu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Agar kualitas SEO semakin baik, hindari serta perbaiki berbagai kesalahan umum dasar dalam praktiknya. Mari baca lebih lanjut! 


1. Tidak punya goal

Layaknya berbagai strategi pemasaran lain, Anda juga perlu menentukan tujuan yang jelas saat menerapkan SEO. Kebanyakan berharap SEO akan bekerja sesederhana mendatangkan traffic website. Padahal untuk hasil yang optimal, mengetahui apa yang benar-benar diperlukan bisnis Anda adalah prioritas utama. Apakah bisnis ingin peningkatan pengunjung, mendatangkan lead berkualitas, atau lebih banyak transaksi dari upaya organik? Tanpa mendefinisikan hal tersebut di awal, Anda akan kesulitan dalam menentukan metrik dan mengukur keberhasilan SEO nantinya. 


Baca juga: SEO VS SEM, Mana Yang Lebih Baik Untuk Bisnis?


2. Menyepelekan riset keyword 

Kesalahan umum lain yang kerap dilakukan adalah tidak melakukan riset keyword dengan serius. Padahal peran keyword sangat penting untuk performa SEO. Proses ini juga akan berkaitan dengan strategi konten Anda. Keyword yang terlalu general akan menyulitkan mesin pencari untuk mengetahui tujuan konten dan tentu berdampak langsung pada ranking dan jumlah klik nantinya. 


Sebagai tambahan, coba masukkan pula long-tail keyword atau kata kunci yang sangat spesifik dan bervolume kecil. Cara ini sangat berguna untuk memenangkan persaingan, terutama untuk bisnis lokal. Jangan lupa memanfaatkan Google Trends untuk menemukan keyword populer, serta berbagai tool pendukung lain agar riset maksimal. 


3. Asal membuat konten 

Konten yang berkualitas tidak hanya disukai Google, pengalaman pengunjung pun akan ikut meningkat. Konten dan SEO memang tidak bisa dipisahkan. Mesin pencari memerlukan informasi yang cukup untuk mengindeks sebuah halaman dan nantinya untuk menentukan ranking. Konten yang baik akan meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. 


Dalam membuat konten, Anda harus memperhatikan search intent atau tujuan pengguna dalam menelusuri keyword. Jangan hanya membuat konten dengan fokus pada kuantitasnya saja. Ketika isinya informatif dan disukai audiens, Anda akan mendapatkan klik lebih banyak, bahkan bisa menghasilkan konversi. 


4. Tidak memanfaatkan Google Webmaster Tools

Sebagai mesin pencari yang banyak digunakan, Google juga menyediakan berbagai tools untuk membantu performa ranking situs web Anda. Misalnya, Google Webmaster tools atau GWT. Alat ini sangat berguna untuk menganalisis aspek-aspek teknis sebuah website, termasuk untuk memaksimalkan penerapan on-page SEO.  Anda bisa melihat performa website di mesin pencari, memeriksa backlink, mengecek jumlah indeks pada halaman, hingga mendeteksi berbagai macam error yang terjadi di website. 


5. Melewatkan meta title dan meta description 

contoh meta title dan meta description

Dalam proses optimasi SEO, Anda harus memperhatikan berbagai aspek lain. Di antaranya adalah memasukkan title tag dan meta description. Title tag atau judul yang muncul di halaman mesin pencari berfungsi untuk menunjukkan inti pokok dari konten Anda. Sedangkan meta description merupakan gambaran atau rangkuman isi konten yang terletak di bawah title tag. Keduanya penting dipasang dan diperhatikan agar mesin pencari lebih mudah mengindeks website. Memaksimalkan elemen ini juga akan berguna untuk menarik perhatian audiens sehingga melakukan klik dan traffic website pun jadi meningkat. 


6. Loading situs web lamban

Terkadang ada yang masih melupakan kecepatan loading website. Padahal ini adalah faktor penting lainnya untuk meningkatkan performa SEO. Lebih cepat situs Anda, maka lebih tinggi pula peluang website Anda disukai Google. Google mempertimbangkan ini supaya pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat mengunjungi sebuah situs. Untuk mengetahui load time dan menganalisis apa saja yang perlu diperbaiki, coba gunakan Google pageSpeed Insights. Tambahan lainnya, Anda juga bisa memperbaiki kualitas gambar di dalam konten agar tidak memperpanjang waktu loading


7. Tidak memperhatikan internal links 

Kesalahan lainnya adalah menyertakan internal link yang asal atau bahkan tidak memasukkan sama sekali. Untuk mendukung upaya SEO, selalu pastikan bahwa Anda bisa membangun rantai konten yang dapat membantu pengunjung memecahkan masalah sekaligus meningkatkan pengalaman mereka. Jangan pasang internal link hanya agar artikel Anda memilikinya. Coba gunakan konten-konten terbaik dengan topik yang mirip sebagai rujukan sehingga situs web semakin bernilai. 


8. Mengabaikan backlinks berkualitas 

Backlink yang berkualitas akan membantu meningkatkan kredibilitas website. Inilah mengapa tak kalah penting untuk mengumpulkan dan memperhatikan kualitas situs yang backlink ke situs Anda. Fokuslah untuk mendapatkan link dari situs dengan otoritas yang tinggi dan relevan. 


9. Situs belum
mobile-friendly 

Tidak mempertimbangkan aspek mobile-friendly adalah kesalahan umum lain yang kerap disepelekan. Padahal saat ini orang semakin aktif menggunakan internet mobile. Mesin pencari biasanya dapat mendeteksi jika website Anda tidak mobile-friendly, terutama Google sejak mengumumkan pengindeksan yang memprioritaskan situs seluler. Kemudahan akses dan kenyamanan pengguna saat mengunjungi situs web Anda akan mendukung performa SEO. 


Baca juga: Tanda-Tanda Bisnis Anda Memerlukan Website Baru


10. Mengabaikan
channel lain untuk mendukung SEO 

SEO adalah bagian penting dari strategi digital marketing. Untuk memaksimalkan potensi dan kinerjanya, penting untuk tidak melupakan berbagai saluran pendukung lain seperti media sosial, email, PR, atau paid ads. Mengintegrasikan upaya SEO dengan berbagai channel akan mendatangkan lebih banyak kunjungan ke website bisnis Anda. 


Search engine optimization
adalah metode andal yang bisa membantu bisnis terus berkembang dan bersaing di era digital. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda harus memahami cara kerja serta menghindari berbagai kesalahan umum di atas. Dengan begitu, situs web bisa mendapatkan ranking dan mudah ditemukan di mesin pencari. Hal tersebut akan meningkatkan peluang memperoleh klik, brand awareness, hingga konversi. 


3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: