Website adalah bagian penting dari strategi digital marketing. Itulah mengapa marketer juga harus mengetahui metrik yang tepat untuk mengukur "kesehatan" sebuah website demi menunjang bisnis. Dalam mengukur performa website, domain authority (DA) adalah acuan esensial yang banyak digunakan oleh perusahaan atau brand.
Domain authority sangat berguna untuk mengetahui status website Anda, termasuk bagaimana posisinya dibandingkan dengan kompetitor. Menaikkan score DA memang tidak bisa dilakukan secara instan. Angkanya akan sangat bergantung pada kumpulan backlink berkualitas ke situs Anda. Selain itu, penting dicatat bahwa DA sendiri bukanlah bagian dari
ranking factor untuk Google. Dalam artikel ini, mari pahami lebih lanjut tentang apa itu DA, manfaatnya, hingga apa saja yang bisa dilakukan untuk menaikkan score-nya.
Mengenal Domain Authority
Domain authority adalah metrik yang memprediksi bagaimana posisi sebuah domain muncul di mesin pencari dibandingkan dengan kompetitornya. Ini adalah nilai kepercayaan yang dimiliki sebuah website dengan acuan banyaknya backlink berkualitas yang relevan menuju website tersebut. Metrik ini pertama kali dikenalkan oleh salah satu software SEO ternama Moz.
Meski Google tidak menggunakan DA sebagai
ranking factor sebuah situs, sebuah studi yang dilakukan
Ahrefs menyebutkan bahwa ada korelasi antara DA dan ranking di mesin pencari. Ini menunjukkan bahwa selain bisa membantu Anda menilai performa website dibanding kompetitor, DA juga bisa menjadi metrik penting untuk mengukur berapa banyak traffic organik yang akan anda terima dari Google.
Untuk mengetahui berapa nilai DA website Anda, saat ini sudah ada beberapa tools yang bisa digunakan secara gratis meski terbatas. Selain Moz, Anda juga bisa menggunakan Semrush, Ahrefs, atau lainnya. Penyedia website authority checker umumnya menggunakan penilaian dengan rentang angka 1-100. Semakin tinggi angkanya maka semakin menunjukkan kemungkinan yang positif bagi sebuah situs muncul di mesin pencari. Ada berbagai faktor yang bisa Anda perhatikan untuk memaksimalkan hasil. Mulai dari usia domain, lama loading situs, isi konten, dan backlink. Inilah mengapa menentukan ukuran DA yang baik akan berbeda bagi setiap bisnis. Agar bisa menarik kesimpulan dengan tepat, lebih penting untuk menganalisis pesaing utama Anda di industri yang Anda jalani.
Domain Authority vs. Page Authority
Sesuai namanya, domain authority akan mengukur kemungkinan ranking keseluruhan domain di mata mesin pencari. Sedangkan page authority akan lebih spesifik menilai kemungkinan sebuah page atau halaman. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk menganalisis performa masing-masing halaman untuk kemudian menentukan langkah terbaik memperbaikinya. Misalnya, Anda ingin secara khusus menganalisis halaman produk Anda. Page authority sangat bisa membantu mengembangkan strategi digital marketing dan bisnis.
Manfaat Memiliki Nilai DA Tinggi
Setelah mengetahui apa dan bagaimana cara kerja DA, ketahui pula mengapa memaksimalkan score untuk situs Anda menjadi penting.
Cara Meningkatkan Domain Authority
Setelah mengenal lebih jauh tentang DA, saatnya masuk ke langkah-langkah praktis untuk menaikkan nilainya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:
1. Melakukan audit link
Menaikkan score DA bukan hanya soal kuantitas, syarat lainnya adalah juga harus berkualitas. Cek dan pastikan bahwa link yang menuju ke website Anda itu valid dan tidak menggunakan taktik manipulasi atau black-hat SEO. Selalu prioritaskan backlink yang relevan dan signifikan untuk membantu menaikkan ranking situs.
2. Mengikuti kaidah SEO
Jika struktur penulisan konten Anda tidak maksimal karena belum sesuai dengan aturan SEO, segera perbaiki dan perbarui. Kaidah SEO sendiri terbagi menjadi dua, yakni on-page dan off-page. Ini berkaitan dengan strategi keyword, meta title dan meta description, template, hingga backlink.
Baca juga: 5 Langkah Strategis Melakukan Keyword Research
3. Membuat konten berkualitas
Fokuslah membuat konten yang berkualitas sesuai dengan bidang atau industri bisnis Anda. Ketika situs menjadi acuan atau top of mind untuk bahasan tersebut, maka backlink yang berkualitas pada akhirnya juga ikut berdatangan. Ketahui dan buatlah berbagai konten yang bersifat evergreen (tak lekang oleh waktu). Kenali dan pahami audiens, lalu buatlah konten yang menarik perhatian dan minat mereka.
4. Menganalisis kompetitor
Menganalisis kompetitor adalah langkah penting untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan dan bagaimana Anda harus lebih baik dari mereka. Pelajari juga apa yang sebaiknya tidak Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas performa situs sehingga meningkatkan visibilitas online. Dalam proses ini, Anda juga bisa mencari tahu dari mana kompetitor Anda mendapatkan backlink.
5. Bangun backlink bermutu
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, backlink berkualitas adalah faktor penting untuk menaikkan score DA sebuah website. Mebangun backlink berarti memerluas kesempatan untuk mendapatkan otoritas tinggi, menambah traffic organik, dan lainnya. Cara membangun backlink sendiri bisa beragam, seperti guest blogging atau menjadi tamu di website lain sehingga bisa menyisipkan link website Anda ke dalam unggahan.
6. Maksimalkan berbagai channel
Mendistribusikan konten melalui saluran lain seperti media sosial dan email adalah cara lain yang bisa Anda lakukan. Mendapatkan lebih banyak traffic juga akan membantu meningkatkan domain authority. Oleh karena itu selalu fokus untuk meningkatkan kualitas konten Anda agar disukai dan terus relevan dengan audiens.
Baca juga: Ketahui Statistik Marketing Ini Agar Strategi Bisnis Lebih Matang
Kesimpulan
Itulah sekilas rangkuman mengenai apa dan bagaimana meningkatkan domain authority untuk memaksimalkan website bisnis. Membangun backlink yang berkualitas tentu bukan sesuatu yang mudah. Ini adalah strategi jangka panjang yang tidak bisa langsung menunjukkan hasil. Namun, melalui implementasi yang baik, hal tersebut dapat meningkatkan traffic secara signifikan seiring waktu sehingga berdampak positif pada perkembangan bisnis.
All Rights Reserved | Frontier Digital