Blog Layout

7 Cara Menurunkan Bounce Rate untuk Optimasi Website

Frontier Digital • May 20, 2022

Website adalah bagian penting dari bisnis. Selain untuk menjangkau lebih banyak prospek, sebuah situs yang profesional juga berguna untuk menunjukkan identitas dan kredibilitas bisnis. Itulah mengapa penting untuk terus melakukan optimasi agar performa website maksimal. Dari sekian jenis pengukuran, salah satu metrik yang wajib Anda perhatikan adalah bounce rate. 


Bounce rate merupakan istilah umum dalam pembahasan optimasi website. Perhitungan ini esensial karena akan membantu mengukur dan mengevaluasi kinerja sebuah halaman maupun situs secara keseluruhan. Hal tersebut tentu akan berhubungan langsung dengan strategi digital marketing Anda, termasuk soal hasil konversi nanti. Jika belum memahaminya, mari lanjut simak untuk mengetahui apa itu bounce rate dan dampaknya, cara menghitungnya, serta tips menurunkan nilainya agar bisnis optimal. 

landing page dan flow mengunjungi website

Apa Itu Bounce Rate?

Bounce rate adalah presentase orang yang berkunjung ke sebuah halaman website lalu keluar begitu saja. Mereka meninggalkan website sebelum melakukan interaksi apa pun seperti melakukan klik, meninggalkan komentar, ataupun beralih ke halaman lain di website. Bounce rate dapat menunjukkan kualitas halaman dan situs Anda. Angka yang tinggi menunjukkan strategi yang tidak maksimal. 


Menurut Semrush, bounce rate yang tinggi berada dalam kisaran 56% hingga 70%. Sedangkan menurut Ahrefs, di atas 60% itu tergolong tinggi. Tingginya angka tersebut berkaitan erat dengan user experience yang buruk. Berikut faktor-faktornya: 


Kualitas konten buruk 

Konten yang disajikan sembarangan dan tidak sesuai dengan search intent tentu akan menurunkan user experience. Isi konten yang berbeda dari judul serta format penulisan konten yang buruk, misalnya, akan membuat pengunjung jadi enggan untuk mencari tahu lebih banyak atau melakukan klik lanjutan.


Tampilan tidak menarik  

Mempertimbangkan user experience sangatlah penting untuk menjaga pengunjung, membuat mereka terus mengeksplor website. Namun, bayangkan memasuki sebuah halaman lalu disambut dengan tombol navigasi yang ambigu serta berbagai elemen lain yang tampilannya mengganggu. Besar kemungkinan hal tersebut akan membuat pengunjung memilih untuk langsung keluar. 


Kecepatan loading lama

Kecepatan loading juga merupakan bagian penting dari sebuah situs. Ini adalah faktor yang turut menentukan ranking sebuah situs di pencarian karena berhubungan dengan user experience. Loading yang membutuhkan waktu lama adalah faktor teknis yang bisa mendorong pengunjung untuk langsung keluar. 


Baca juga: Tanda Bisnis Anda Memerlukan Website Baru


Menghitung Bounce Rate

Menghitung bounce rate bisa dilakukan secara otomatis melalui tools seperti Google Analytic. Namun, Anda juga bisa melakukan perhitungan sendiri. Caranya adalah dengan membagi single page visit terhadap semua traffic yang masuk. Misalnya, Jika ada 100 orang yang mengunjungi website dan 50 di antaranya hanya mengunjungi satu halaman, maka nilai bounce ratenya adalah 50%. 

menghitung bounce rate

Bounce Rate vs. Exit Rate 

Ketika membahas bounce rate, istilah lain yang juga sering muncul adalah exit rate. Meski seperti mirip, keduanya tetaplah berbeda. Jika bounce rate menunjukkan pengunjung yang datang lalu pergi tanpa melakukan interaksi, maka exit rate menunjukkan presentase yang terakhir dalam sesi untuk semua tampilan halaman ke halaman. Jadi, ketika seseorang masuk ke halaman 1 lalu lanjut ke halaman berikutnya, dan kemudian keluar, itu akan dianggap sebagai exit.

bounce rate dan exit rate

Cara Menurunkan Bounce Rate 

Setelah mengetahui pengertian bounce rate dan peran pentingnya untuk bisnis, saatnya mempertimbangkan berbagai strategi untuk memperbaikinya. Berikut adalah berbagai tips yang bisa segera Anda implementasikan:


1. Tingkatkan kualitas konten

Pengguna tidak hanya menyukai konten yang relevan sesuai dengan kebutuhan mereka, ada juga faktor readability yang tidak kalah penting agar mereka betah. Konten yang mudah dikonsumsi karena format dan struktur penulisan yang baik akan meningkatkan user experience sehingga membantu menurunkan bounce rate. Misalnya, hindari penggunaan paragraf yang terlalu panjang dan membuat jenuh. Tambahkan gambar yang relevan sebagai jeda. Coba bedah konten ke dalam topik-topik kecil menggunakan subheadings. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan format list atau menandai poin-poin penting agar informasi semakin mudah dibaca.


Baca juga: Content Marketing, Definisi, Manfaat & Cara Melakukannya


2. Perhatikan search intent 

Search intent akan membantu Anda membuat konten yang lebih tepat untuk target audiens. Jenis-jenisnya sendiri bisa dibagi menjadi informational intent yang fokus pada penjelasan sebuah topik, navigational intent yang umumnya spesifik mengarah pada brand tertentu, transactional intent yang digunakan ketika sudah berada di fase pembelian atau transaksi, dan commercial investigation yang biasanya digunakan untuk mendapatkan informasi perbandingan produk. Memahami search intent akan memudahkan Anda untuk menemukan keyword yang tepat sehingga konten makin relevan dengan pencarian dan mudah ditemukan. 


3. Tambahkan CTA 

Call to action adalah elemen esensial yang berfungsi sebagai arahan mengenai tindakan lanjutan apa yang seharusnya diambil pengunjung. Apakah membeli produk, mendownload ebook, melakukan free trial atau lainnya? CTA adalah kesempatan Anda untuk memotivasi dan menuntun mereka ke dalam tingkatan funnel. Inilah mengapa penting untuk meningkatkan CTA dengan gaya copywriting yang lebih jelas dan menarik. 


4. Atur link menjadi "Open in new tab/window"

Link internal maupun eksternal yang dimasukkan ke dalam konten akan membantu pembaca mendapatkan informasi yang berhubungan. Coba bayangkan jika ada setidaknya empat link yang Anda klik. Jika setiap selesai membaca halaman baru tersebut, Anda harus mengklik “back” untuk kembali ke halaman semula, apa yang Anda rasakan? Tidak menyenangkan bukan? Beberapa tautan yang disematkan tersebut perlu diatur ulang dengan menerapkan open in a new tab. User experience yang meningkat akan menurunkan bounce rate. 


5. Buat website yang mobile-friendly 

Saat ini makin banyak pengguna yang melakukan pencarian melalui seluler, sebuah alasan yang penting untuk memastikan bahwa tampilan website Anda sudah mobile-friendly atau belum. Website yang mobile-friendly akan meningkatkan lebih banyak traffic sampai konversi. Saat ini, memiliki situs yang responsif ternyata tidak cukup. Perlu fasilitas interaksi versi seluler yang mudah dan nyaman digunakan. 


6. Tingkatkan kecepatan website

Menurut Google, lebih dari setengah pengguna internet meninggalkan website jika waktu loading-nya lebih dari 3 detik. Website yang lambat bisa membuat pengunjung segera beralih ke website lain. Mempercepat loading website adalah perkara teknis yang harus segera diperbaiki agar meningkatkan user experience dan mengurangi bounce rate. Untuk mengecek kecepatan situs website Anda saat ini, coba gunakan tools seperti Google PageSpeed Insights. 


7. Hindari iklan dan popup berlebihan 

Bayangkan jika Anda mengunjungi sebuah website lalu muncul iklan atau top-up yang berlebihan. Apalagi jika Anda kesulitan menemukan tombol "X" atau "close”. Tentu hal tersebut tergolong mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman bukan? Jika pada akhirnya Anda harus memasukkan elemen ini, coba perimbangkan jumlahnya dan perbaiki tampilannya. 


Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu bounce rate dan berbagai strategi untuk mengurangi nilainya. Memperhatikan bagian ini memang penting, tapi akan lebih baik jika Anda fokus pada user experience yang pada akhirnya juga bisa menurunkan bounce rate. 


Solusi lainnya, Anda dapat meningkatkan kualitas konten di website Anda dan menerapkan kaidah SEO yang baik agar pengunjung dapat tertarik mengunjungi halaman-halaman lain di website Anda. Jika Anda memerlukan dukungan ahli untuk membantu melakukan audit website Anda, Frontier Digital siap menjadi rekan terpercaya Anda dalam memberikan insight dan rekomendasi terbaik untuk Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: