SEO copywriting adalah teknik yang makin populer digunakan untuk proses optimasi konten digital. Ini adalah metode untuk membuat konten yang search engine-friendly, yakni konten yang mampu menjawab pertanyaan atau kebutuhan pengguna sehingga muncul di hasil pencarian teratas.
Ketika Anda ingin membangun audiens, Anda tentu harus bisa menarik perhatian mereka dan memberikan pengalaman yang menyenangkan selama mengunjungi situs web. Anda harus membuat konten yang tepat dan efektif. Cara untuk meningkatkan kualitas tulisan digital untuk bisnis adalah melalui SEO copywriting.
Sumber: Freepik
SEO adalah metode optimasi konten untuk mendapatkan ranking di mesin pencari. Sedangkan copywriting adalah seni menulis persuasif untuk tujuan komersial. Kombinasi keduanya tentu akan berdampak baik terhadap traffic situs web hingga penjualan.
Tujuan menulis konten untuk bisnis online sendiri setidaknya ada dua, yakni untuk memberikan solusi (problem solving) dan menggaet end-user (audiens, klien, pelanggan, dll.). Oleh karena itu, penting untuk menggabungkan strategi menulis yang mudah dipahami oleh mesin pencari dan sekaligus persuasif untuk mendorong orang melakukan tindakan tertentu.
Setelah mengetahui manfaatnya yang luar bisa untuk bisnis di era digital, maka tidak ada salahnya untuk mempelajari SEO copywriting lebih jauh. Keterampilan atau skill apa yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan metode ini?
Kemampuan menulis yang baik adalah modal dasar yang esensial. Ini meliputi pengetahuan struktur penulisan, kosa kata, hingga pemahaman akan penggunaan tanda baca.
Berikut beberapa kemampuan pendukung lainnya:
Konten yang tidak selalu berisi tulisan panjang dan mendalam. Dalam beberapa konteks, konten semacam itu justru jadi tidak produktif. Berikut beberapa tips praktis yang bisa langsung dipraktikkan agar konten memiliki performa baik di mata mesin pencari maupun pembaca.
Gunakan keyword yang tepat
Kata kunci adalah elemen penting dalam SEO. Oleh karena itu, sebelum menulis penting untuk melakukan riset dan membuat daftar kata kunci yang tepat.
Caranya:
Ketahui search intent
Kata kunci tidak berdiri sendiri. Ketika seseorang mengetik kata kunci di kolom pencari, mereka punya maksud dan tujuan spesifik menggunakan kata kunci tersebut. Itulah yang disebut search intent. Temukan alasan pengguna lalu sesuaikan dengan konten yang hendak dibuat agar lebih terarah.
Cari tahu lebih jauh
Semakin relevan konten, maka semakin bagus performanya. Hal tersebut berlaku di mata mesin pencari maupun audiens. Itulah mengapa cari tahu lebih jauh tentang kebutuhan target audiens Anda, apa yang menjadi masalah mereka, lalu solusi apa yang bisa Anda berikan kepada mereka.
Tipsnya:
Baca juga:
10 Kesalahan SEO Yang Harus Segera Diperbaiki
Analisis kompetitor
Melakukan analisis kompetitor adalah langkah penting lain yang tidak boleh dilewatkan. Identifikasi bagaimana Anda bisa memenangkan persaingan konten.
Caranya:
Kumpulkan data otentik
Manfaatkan media sosial atau platform lainnya untuk mengumpulkan data otentik milik Anda sendiri. Followers atau pelanggan yang memberikan feedback bisa menjadi bahan tulisan yang relevan sehingga konten Anda bisa semakin menarik pula. Misalnya, Anda bisa membuat tulisan studi kasus untuk memecahkan masalah spesifik. Konten studi kasus ini juga bisa menjadi kesempatan bagaimana bisnis Anda memberikan solusi.
Optimasi meta tag
Meta title dan meta description adalah hal pertama yang dilihat pembaca saat hasil pencarian muncul. Jika ditulis dengan baik, kesempatan untuk mendapatkan klik menjadi lebih besar. Traffic organik website pun meningkat.
Judul dan deskripsi inilah yang akan memberikan gambaran kepada pembaca terkait isi konten. Oleh karena itu, coba buat sejelas mungkin, unik, dan memberikan deskripsi singkat yang menarik minat baca.
Baca juga:
Fungsi & Cara Memasang Meta Tag
Buat konten yang
easy-to-read
Konten yang mudah dibaca tidak hanya bagus untuk SEO, tetapi juga bagus untuk meningkatkan pengalaman pembaca.
Berikut adalah kriteria yang bisa dijadikan acuan agar konten lebih mudah dibaca:
Tambahkan visual yang menarik
Penggunaan elemen visual bisa meningkatkan minat pembaca, membuat mereka tidak jenuh membaca. Anda bisa menyajikan konten yang lebih menarik dengan tambahan foto, gambar, infografis, video, dan lainnya.
Masukkan
call to action
(CTA)
Copywriting adalah seni membujuk audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Di sinilah peran call to action (CTA) di dalam tulisan, yakni meyakinkan pembaca dan memperkuat dorongan untuk mengambil aksi spesifik. Gunakan CTA dengan pesan yang jelas sehingga audiens tidak kebingungan untuk mengambil langkah selanjutnya.
Maksimalkan penggunaan link
Terakhir, tambahkan link eksternal dari situs terpercaya untuk memperkuat isi konten Anda. Hal tersebut bisa membantu audiens untuk lebih percaya dengan situs Anda. Selain itu, masukkan pula link internal untuk mengarahkan audiens menjelajah situs Anda terkait topik tersebut.
Nah, sekarang Anda sudah mengerti betapa pentingnya SEO copywriting untuk bisnis online. Jika Anda tidak memiliki waktu dan tenaga untuk menulis konten sendiri, maka tidak ada salahnya untuk coba menggunakan jasa SEO copywriter profesional sehingga hasilnya nanti benar-benar maksimal.
All Rights Reserved | Frontier Digital