Blog Layout

Keyword Difficulty, Faktor Penentu Keberhasilan SEO

Frontier Digital • Jul 18, 2022

Dalam proses optimasi SEO (search engine optimization), riset keyword adalah bagian yang sangat penting. Selain search volume, metrik lain yang tidak boleh ketinggalan adalah keyword difficulty. Keduanya bekerja saling melengkapi untuk mendukung pengoptimalan strategi situs web. Anda tidak hanya harus pintar melakukan analisis terhadap kata-kata yang banyak digunakan orang saat mencari sesuatu (kueri), namun juga harus teliti menilai bagaimana level kompetisinya sehingga visibilitas online bisnis berkembang atau bertahan di peringkat atas.


Dalam artikel ini, kami akan membahas secara khusus tentang
keyword difficulty dan hubungannya dengan SEO. Mari langsung simak penjelasannya.

Sumber: Ahrefs

Apa itu keyword difficulty?


Keyword difficulty adalah ukuran yang akan membantu Anda memahami seberapa sulit mendapatkan ranking untuk search query tertentu. Anda bisa menggunakan metrik ini untuk mengukur upaya apa yang perlu dilakukan agar konten muncul di peringkat atas. Jika kata kunci tergolong sulit, maka Anda perlu menyusun strategi tambahan atau membutuhkan waktu lebih untuk benar-benar mendapatkan hasil.


Beberapa orang yang belum begitu familiar dengan SEO mungkin mengira bahwa keyword difficulty ini sama dengan “competition” di Google Keyword Planner. Padahal keduanya berbeda. Competition sendiri mengacu pada hasil pencarian berbayar (paid search results), sedangkan keyword difficulty berlaku untuk hasil pencarian organik.


Hubungannya dengan SEO

Riset keyword yang berhasil biasanya memadukan analisis search volume dan keyword difficulty (KD) untuk menggapai potensi tinggi dalam mendapatkan ranking. Inilah mengapa mengetahui KD akan membantu keseluruhan strategi optimasi SEO. Ini juga berkaitan dengan mengukur sejauh mana resource Anda bisa mendukung tujuan besarnya.


Mengetahui KD akan membantu Anda menilai apakah waktu dan uang yang akan Anda keluarkan sepadan atau tidak untuk mengoptimalkan sebuah halaman atau situs web menggunakan kata kunci tersebut. Jika Anda memahaminya, maka Anda bisa menargetkan kata kunci yang lebih tepat dan akurat. Dengan demikian, Anda juga bisa lebih optimal dalam mengimplementasikan rencana, serta menjadi lebih efisien dalam manajemen tim. Pada akhirnya, data ini akan membantu Anda membuat goal yang lebih realistis sehingga potensi memperoleh hasil lebih tinggi.


Faktor keyword difficulty

Setelah mengetahui peran KD, pertanyaan berikutnya adalah faktor apa saja yang mempengaruhi KD. Dikutip dari Semrush, berikut adalah beberapa di antaranya:


Competitors

Agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan, tentu Anda harus melakukan analisis kompetitor. Ketahui apa yang sudah dan belum dilakukan kompetitor untuk memenangkan konten. Ada 3 tipe kompetitor yang perlu diperhatikan:


1) Kompetitor di industri yang sama dengan bisnis Anda

2) Kompetitor SEO atau yang menulis konten untuk audiens yang mirip dengan milik Anda

3) Kompetitor keyword atau situs yang mendapatkan ranking dengan target keyword Anda


Content Quality

Sudah menjadi rahasia umum bahwa konten yang berkualitas adalah cara untuk mendapatkan peringkat terbaik. Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya sesuai dengan minat audiens, tapi juga tergolong informasi yang bisa dipercaya. Kuncinya adalah relevant, reliable, engaging.


Baca juga: Content Marketing, Definisi, Manfaat & Cara Melakukannya


Search Intent

Selain konten yang menarik, Anda juga perlu mempertimbangkan search intent. Search intent mengacu pada jenis konten yang dicari oleh pengguna saat memasukkan kueri. Memahami ini akan meningkatkan potensi klik karena konten disajikan dengan tepat kepada pengguna. Ada 4 jenis tipe search intent:


  • Informasional: Pengguna ingin mengedukasi diri tentang suatu topik
  • Komersial: Pengguna melakukan riset sebelum membuat keputusan pembelian
  • Transaksional: Pengguna ingin membeli sesuatu
  • Navigasi: Pengguna ingin menemukan halaman tertentu


Backlinks

Google mengungkapkan bahwa selain relevansi, links juga merupakan top ranking metrics agar situs muncul di halaman pertama di SERP. Links atau Backlinks di sini tentu tetap mengutamakan kualitas. Dengan mendapatkan link dari website yang bagus, Anda berarti sedang memberitahu Google tentang sejauh mana konten Anda bisa dipercaya. Di saat bersamaan, Anda jadi bisa menaikkan domain authority yang juga tidak kalah penting dalam optimasi SEO. 


Domain Authority

Mendapatkan ranking hasil organik memang tidak mudah, terutama bagi situs baru. Bersaing dengan situs yang sudah memiliki domain authority mapan tentu menjadi tantangan tersendiri. Membangun domain authority bisa memerlukan cukup banyak waktu. Oleh karena itu, coba gunakan tools untuk mengevaluasi dan mengetahui sejauh mana domain authority Anda, termasuk jika dibandingkan dengan kompetitor. Lalu lakukan perbaikan sesuai kebutuhan.


Baca juga: 6 Tips Meningkatkan Domain Authority


Skala keyword difficulty

Selanjutnya, bagaimana dengan skala KD? Acuan apa yang dipakai? Sayangnya, KD sendiri bisa cukup berbeda di berbagai tools, bahkan untuk kata kunci yang sama. Hal ini juga bergantung pada situs web Anda.


Jika Anda memiliki domain authority yang tinggi, Anda mungkin memiliki potensi untuk memenangkan kata kunci yang lebih sulit dengan lebih mudah. Dalam hal ini, mungkin sepadan dengan upaya untuk menargetkan istilah pencarian dengan tingkat kesulitan tinggi.


Sebaliknya, jika Anda menjalankan situs baru, memutuskan apakah akan menargetkan istilah pencarian yang paling sulit mungkin tidak begitu jelas. Dalam beberapa kasus, mungkin strategi yang lebih bijaksana untuk menghindari kata kunci yang paling sulit, dan sebagai gantinya coba menargetkan yang lebih mudah dan fokus membangun domain authority terlebih dahulu.


Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui KD. Beberapa yang paling umum adalah Semrush dan Ahrefs.


Skala Semrush

Sumber: Semrush

Skala Ahrefs

Sumber: Ahrefs

Skalanya tidak linier. Setiap nilai di dalamnya sesuai dengan perkiraan jumlah referring domains (RD) yang dibutuhkan sebuah halaman untuk bisa menduduki halaman pertama hasil pencarian. Misalnya, jika Anda menargetkan kata kunci dengan KD 40, kemungkinan Anda membutuhkan sekitar 56 RD untuk masuk ke 10 hasil pencarian teratas.


Berikut hubungan antara Kesulitan Kata Kunci dengan jumlah RD yang dibutuhkan:

Sumber: Ahrefs

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bahwa dalam proses riset keyword, penting untuk turut memperhatikan keyword difficulty. Tidak hanya search volume, untuk menemukan keyword yang tepat dan mendukung optimasi SEO, perlu pemahaman yang baik dalam menganalisis bagaimana kompetisi kata kunci di mesin pencari. Optimasi SEO sendiri memang merupakan investasi jangka panjang yang umumnya memerlukan waktu agar benar-benar menunjukkan hasil.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: