Pendapatan perusahaan dapat meningkat hingga 23% apabila Anda bisa menciptakan citra brand yang konsisten dan dikenal khalayak luas. Maka dari itu, brand positioning adalah sebuah strategi marketing yang perlu diterapkan oleh setiap perusahaan. Dengan brand positioning yang tepat, perusahaan dapat mendatangkan lebih banyak khalayak yang loyal serta memiliki citra unggul dibanding kompetitor.
Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti setuju untuk terus mengoptimalkan berbagai cara agar produk perusahaan dapat dikenal khalayak secara luas. Melalui artikel ini, kami akan menjabarkan mengenai
brand positioning beserta manfaat dan strategi yang dapat dilakukan untuk membantu pemasaran produk Anda.
Sumber: Freepik
Brand positioning dapat diketahui saat bagaimana khalayak memikirkan produk perusahaan Anda. Brand positioning lebih dari sekadar bagaimana produk perusahaan Anda memiliki logo atau jingle yang menarik. Dengan kata lain, brand positioning menggambarkan bagaimana suatu produk bisa berbeda satu sama lain dan persepsi seperti apa yang ada dalam benak khalayak.
Jika dilakukan dengan benar,
brand positioning dapat membantu perusahaan Anda dari kompetitor, meski keduanya memiliki produk yang identik. Tentunya, Anda pasti ingin lebih unggul dari para kompetitor perusahaan.
Dilansir dari Widen, menurut Philip Kotler, seorang penulis, konsultan, dan profesor
marketing,
brand positioning merupakan tindakan merancang penawaran pada produk dan citra perusahaan agar bisa menempati tempat khusus di benak khalayak, khususnya bagi target audiens. Singkatnya adalah bagaimana khalayak melihat dan mempersepsikan
brand
produk perusahaan Anda, sehingga mereka akan selalu mengingatnya.
Hal utama yang harus dipahami adalah brand positioning tidak terlalu berkaitan dengan karakteristik produk beserta fiturnya. Karena sejatinya, brand positioning berkaitan dengan persepsi dan bagaimana Anda mengendalikan narasi antara khalayak dan produk perusahaan.
Melalui
brand positioning yang jelas, perusahaan Anda bisa memberitahu khalayak mengapa produk ini berbeda dari yang lain. Dengan adanya perbedaan tersebut, Anda juga bisa memperkuat hubungan dengan khalayak khususnya target audiens yang sudah ada. Hal ini juga akan meyakinkkan pemikiran perusahaan bahwa khalayak akan cenderung memilih produk Anda.
Pentingnya
brand positioning juga bisa membentuk preferensi khalayak yang berkaitan langsung dengan loyalitas mereka, ekuitas
brand, dan kemauan untuk membeli produk perusahaan Anda.
Brand positioning yang efektif dapat dianggap sejauh mana suatu
brand
atau produk dipersepsikan sebagai sesuatu yang disukai, berbeda, serta kredibel di benak khalayak.
Baca juga:
Ketahui Statistik Marketing Ini Agar Strategi Bisnis Lebih Matang
Brand positioning yang unik dan mudah diingat tentunya mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan. Salah satu manfaat paling utama adalah produk perusahaan Anda akan menjadi yang pertama kali terlintas di pikiran khalayak ketika ingin membeli sesuatu. Selain itu, dikutip dari IMM, manfaat atau keuntungan lain yang didapat dari penerapan brand positioning bagi perusahaan, yaitu:
Keunggulan ini akan menunjukkan kepada target audiens apa saja yang ingin mereka ketahui tentang brand Anda. Hal ini akan memudahkan mereka untuk membeli produk Anda di masa depan. Ingatan dan kejelasan brand akan berguna ketika khalayak dihadapkan berbagai pilihan.
Brand positioning yang kuat akan memberikan keuntungan dalam membangun basis khalayak yang loyal.
Jika tidak ada diferensiasi, setiap perusahaan akan memiliki fitur dan karakteristik produk yang sama. Untuk menjual sebuah produk, Anda perlu memberitahu khalayak apa saja nilai penting yang dimiliki. Brand positioning perusahaan Anda harus berbeda dari para kompetitor agar membekas di ingatan khalayak.
Meskipun penetapan harga yang kompetitif adalah salah satu strategi brand positioning, namun hal ini belum tentu menjadi pilihan yang baik. Sangat penting untuk bersaing pada faktor-faktor selain harga, seperti kualitas, layanan, hingga layanan customer.
Brand positioning yang baik menimbulkan respons emosional dari khalayak khususnya target audiens. Sejatinya, khalayak masih mengandalkan emosi dalam membuat keputusan pembelian suatu produk.
Hasil dari brand positioning yang baik adalah proposisi nilai yang berfokus untuk menarik perhatian khalayak. Anda harus mengkomunikasikan nilai produk yang ditawarkan perusahaan ke khalayak. Seperti halnya manfaat dan fitur produk yang akan mereka terima saat membeli produk Anda.
Jika brand positioning anda jelas, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa elemen dan pesan brand yang tepat. Konsistensi akan membuat perusahaan Anda lebih mudah menguasai pasaran.
Manfaat terakhir yang diperoleh jika menerapkan brand positioning yang tepat adalah dapat menjadi rujukan kembali bagi perusahaan saat membuat strategi pemasaran lain.
Baca juga: Mengenal Strategi Inbound Marketing
Anda sudah memahami manfaat dan keuntungan yang akan didapat jika menerapkan strategi marketing brand positioning. Lantas bagaimana strategi dalam membentuk brand positioning yang baik?
Untuk menerapkan brand positioning, Anda perlu memahami siapa yang menjadi khalayak terutama target audiens produk. Setelah menemukannya, Anda perlu mendefinisikan nilai-nilai apa saja yang dipedulikan oleh mereka. Dengan membentuk keyakinan beserta nilai-nilai inti dari target pasar Anda, diharapkan produk perusahaan dapat tumbuh dekat dengan mereka.
Faktor penting pada strategi ini adalah bagaimana Anda ingin khalayak memandang produk dari perusahaan, yang berbeda dengan para kompetitor. Sejatinya, esensi brand berkaitan dengan pikiran, perasaan, persepsi, dan emosi umum yang didapat ketika khalayak melihat, mengingat, dan memikirkan produk Anda.
Anda perlu memastikan telah memahami manfaat fungsional dan emosional dari brand yang ingin dikembangkan perusahaan. Khususnya, bagaimana manfaat fungsional dan emosional yang akan didapat oleh target audiens kedepannya. Semakin Anda memikirkan hal tersebut, maka brand positioning akan bekerja secara efektif. Kuncinya adalah selalu fokus pada khalayak terutama target audiens.
Langkah selanjutnya adalah menentukan mengapa khalayak butuh mempercayai brand atau produk Anda. Pada dasarnya, ada tiga cara utama untuk memicu segmen target audiens agar mempercayai pesan yang ingin disampaikan melalui produk Anda. Pertama adalah pilih poin diferensiasi utama baik fungsional maupun emosional yang membuat produk Anda menonjol. Selanjutnya, pikirkan tentang mengapa target audiens harus percaya pada produk Anda. Dan terakhir, tentukan taktik utama untuk mengkomunikasikan brand Anda agar lebih baik lagi.
Nah, itulah salah satu strategi marketing yang dapat diterapkan untuk memperluas bisnis Anda yaitu melalui brand positioning. Kenali dengan baik produk dan target audiens Anda dengan menerapkan brand positioning agar bisa bersaing secara kompetitif di pasaran.
All Rights Reserved | Frontier Digital