Blog Layout

Brand Positioning, Strategi Tepat Tingkatkan Citra Brand

Frontier Digital • Jul 15, 2022

Pendapatan perusahaan dapat meningkat hingga 23% apabila Anda bisa menciptakan citra brand yang konsisten dan dikenal khalayak luas. Maka dari itu, brand positioning adalah sebuah strategi marketing yang perlu diterapkan oleh setiap perusahaan. Dengan brand positioning yang tepat, perusahaan dapat mendatangkan lebih banyak khalayak yang loyal serta memiliki citra unggul dibanding kompetitor.


Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti setuju untuk terus mengoptimalkan berbagai cara agar produk perusahaan dapat dikenal khalayak secara luas. Melalui artikel ini, kami akan menjabarkan mengenai brand positioning beserta manfaat dan strategi yang dapat dilakukan untuk membantu pemasaran produk Anda.

Sumber: Freepik

Apa itu brand positioning?

Brand positioning dapat diketahui saat bagaimana khalayak memikirkan produk perusahaan Anda. Brand positioning lebih dari sekadar bagaimana produk perusahaan Anda memiliki logo atau jingle yang menarik. Dengan kata lain, brand positioning menggambarkan bagaimana suatu produk bisa berbeda satu sama lain dan persepsi seperti apa yang ada dalam benak khalayak.


Jika dilakukan dengan benar,
brand positioning dapat membantu perusahaan Anda dari kompetitor, meski keduanya memiliki produk yang identik. Tentunya, Anda pasti ingin lebih unggul dari para kompetitor perusahaan.


Dilansir dari Widen, menurut Philip Kotler, seorang penulis, konsultan, dan profesor marketing, brand positioning merupakan tindakan merancang penawaran pada produk dan citra perusahaan agar bisa menempati tempat khusus di benak khalayak, khususnya bagi target audiens. Singkatnya adalah bagaimana khalayak melihat dan mempersepsikan brand produk perusahaan Anda, sehingga mereka akan selalu mengingatnya.


Pentingnya brand positioning

Hal utama yang harus dipahami adalah brand positioning tidak terlalu berkaitan dengan karakteristik produk beserta fiturnya. Karena sejatinya, brand positioning berkaitan dengan persepsi dan bagaimana Anda mengendalikan narasi antara khalayak dan produk perusahaan.


Melalui
brand positioning yang jelas, perusahaan Anda bisa memberitahu khalayak mengapa produk ini berbeda dari yang lain. Dengan adanya perbedaan tersebut, Anda juga bisa memperkuat hubungan dengan khalayak khususnya target audiens yang sudah ada. Hal ini juga akan meyakinkkan pemikiran perusahaan bahwa khalayak akan cenderung memilih produk Anda.


Pentingnya
brand positioning juga bisa membentuk preferensi khalayak yang berkaitan langsung dengan loyalitas mereka, ekuitas brand, dan kemauan untuk membeli produk perusahaan Anda. Brand positioning yang efektif dapat dianggap sejauh mana suatu brand atau produk dipersepsikan sebagai sesuatu yang disukai, berbeda, serta kredibel di benak khalayak.


Baca juga:
Ketahui Statistik Marketing Ini Agar Strategi Bisnis Lebih Matang


Manfaat penerapan brand positioning

Brand positioning yang unik dan mudah diingat tentunya mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan. Salah satu manfaat paling utama adalah produk perusahaan Anda akan menjadi yang pertama kali terlintas di pikiran khalayak ketika ingin membeli sesuatu. Selain itu, dikutip dari IMM, manfaat atau keuntungan lain yang didapat dari penerapan brand positioning bagi perusahaan, yaitu:


  • Brand recall

Keunggulan ini akan menunjukkan kepada target audiens apa saja yang ingin mereka ketahui tentang brand Anda. Hal ini akan memudahkan mereka untuk membeli produk Anda di masa depan. Ingatan dan kejelasan brand akan berguna ketika khalayak dihadapkan berbagai pilihan.


  • Loyalitas brand

Brand positioning yang kuat akan memberikan keuntungan dalam membangun basis khalayak yang loyal.


  • Diferensiasi pasar

Jika tidak ada diferensiasi, setiap perusahaan akan memiliki fitur dan karakteristik produk yang sama. Untuk menjual sebuah produk, Anda perlu memberitahu khalayak apa saja nilai penting yang dimiliki. Brand positioning perusahaan Anda harus berbeda dari para kompetitor agar membekas di ingatan khalayak.


  • Bersaing pada faktor selain harga

Meskipun penetapan harga yang kompetitif adalah salah satu strategi brand positioning, namun hal ini belum tentu menjadi pilihan yang baik. Sangat penting untuk bersaing pada faktor-faktor selain harga, seperti kualitas, layanan, hingga layanan customer.


  • Marketing daya tarik emosional

Brand positioning yang baik menimbulkan respons emosional dari khalayak khususnya target audiens. Sejatinya, khalayak masih mengandalkan emosi dalam membuat keputusan pembelian suatu produk.


  • Pemasaran berbasis nilai

Hasil dari brand positioning yang baik adalah proposisi nilai yang berfokus untuk menarik perhatian khalayak. Anda harus mengkomunikasikan nilai produk yang ditawarkan perusahaan ke khalayak. Seperti halnya manfaat dan fitur produk yang akan mereka terima saat membeli produk Anda.


  • Pesan dan identitas brand yang konsisten

Jika brand positioning anda jelas, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa elemen dan pesan brand yang tepat. Konsistensi akan membuat perusahaan Anda lebih mudah menguasai pasaran.


  • Arah untuk strategi pemasaran

Manfaat terakhir yang diperoleh jika menerapkan brand positioning yang tepat adalah dapat menjadi rujukan kembali bagi perusahaan saat membuat strategi pemasaran lain.


Baca juga: Mengenal Strategi Inbound Marketing


Strategi membentuk brand positioning bagi pelaku bisnis

Anda sudah memahami manfaat dan keuntungan yang akan didapat jika menerapkan strategi marketing brand positioning. Lantas bagaimana strategi dalam membentuk brand positioning yang baik?

 

  • Menguraikan segmen pasar dan kebutuhan khalayak

Untuk menerapkan brand positioning, Anda perlu memahami siapa yang menjadi khalayak terutama target audiens produk. Setelah menemukannya, Anda perlu mendefinisikan nilai-nilai apa saja yang dipedulikan oleh mereka. Dengan membentuk keyakinan beserta nilai-nilai inti dari target pasar Anda, diharapkan produk perusahaan dapat tumbuh dekat dengan mereka.


  • Tetapkan esensi brand

Faktor penting pada strategi ini adalah bagaimana Anda ingin khalayak memandang produk dari perusahaan, yang berbeda dengan para kompetitor. Sejatinya, esensi brand berkaitan dengan pikiran, perasaan, persepsi, dan emosi umum yang didapat ketika khalayak melihat, mengingat, dan memikirkan produk Anda.


  • Soroti manfaat fungsional dan emosional dari brand

Anda perlu memastikan telah memahami manfaat fungsional dan emosional dari brand yang ingin dikembangkan perusahaan. Khususnya, bagaimana manfaat fungsional dan emosional yang akan didapat oleh target audiens kedepannya. Semakin Anda memikirkan hal tersebut, maka brand positioning akan bekerja secara efektif. Kuncinya adalah selalu fokus pada khalayak terutama target audiens.


  • Identifikasi ‘alasan untuk percaya’

Langkah selanjutnya adalah menentukan mengapa khalayak butuh mempercayai brand atau produk Anda. Pada dasarnya, ada tiga cara utama untuk memicu segmen target audiens agar mempercayai pesan yang ingin disampaikan melalui produk Anda. Pertama adalah pilih poin diferensiasi utama baik fungsional maupun emosional yang membuat produk Anda menonjol. Selanjutnya, pikirkan tentang mengapa target audiens harus percaya pada produk Anda. Dan terakhir, tentukan taktik utama untuk mengkomunikasikan brand Anda agar lebih baik lagi.


Nah, itulah salah satu strategi marketing yang dapat diterapkan untuk memperluas bisnis Anda yaitu melalui brand positioning. Kenali dengan baik produk dan target audiens Anda dengan menerapkan brand positioning agar bisa bersaing secara kompetitif di pasaran.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: