Blog Layout

Mengenal Strategi Inbound Marketing | Frontier Digital

Frontier Digital • September 22, 2021
Bisnis harus terus berkembang mengikuti zaman. Di era digital yang serba online, penting untuk terus eksplor dan menemukan metode baru yang lebih efektif dalam memasarkan produk. Jika sebelumnya kegiatan pemasaran dilakukan secara tradisional melalui media konvensional seperti iklan TV, billboard, atau penyebaran brosur, kini marketer bisa mulai menggunakan strategi inbound marketing dengan pendekatan yang lebih fleksibel serta memaksimalkan internet yang memiliki jangkauan lebih luas. 

APA ITU INBOUND MARKETING?  
what is inbound marketing

Inbound marketing adalah sebuah strategi (Framework) bisnis yang menarik pelanggan dengan menciptakan sebuah journey dengan konten dan pengalaman berharga sesuai target audiens. Tujuan utamanya adalah membangun brand awareness, mengembangkan interaksi, sampai akhirnya menghasilkan prospek dan konversi. Strategi ini memaksimalkan berbagai aset digital dan visibilitas sehingga menarik konsumen potensial datang kepada Anda.


Inbound marketing bisa dibilang lebih ramah dalam hal pendekatan karena menyasar minat serta mempertimbangkan aspek emosional target audiens secara organik. Pendekatannya lebih kekinian, mulai dari
content marketing, search engine optimization (SEO), media sosial, dan pengoptimalan situs di berbagai platform. Prinsip yang lebih fokus pada “value selling” ketimbang “product selling” ini akan membuat target audiens yang tertarik dengan produk akan mencari dan mempromosikan produk secara sukarela. Selain brand awareness yang tinggi, kelebihan inbound marketing lainnya adalah strategi ini dapat membentuk selera, mempengaruhi keputusan pembelian di masa mendatang, dan lebih hemat biaya.


TAHAPAN INBOUND MARKETING 


Inbound marketing akan membantu bisnis melalui 4 tahapan, yakni
attract, consideration, convert dan delight sehingga muncul ketertarikan, kepuasan, hingga loyalitas terhadap produk.

inbound marketing stages

Attract 

Pertama, Anda perlu menarik perhatian target audiens. Ini penting untuk membuat mereka sadar keberadaan brand/produk Anda. Lakukan riset untuk mengenal dan memahami target audiens terkait bagaimana mereka berperilaku serta berkomunikasi. Selanjutnya, Anda bisa mulai menciptakan konten kreatif yang relevan seperti konten media sosial atau video promosi. Sertakan penjelasan yang bisa membuat mereka ingin tahu lebih lanjut, misalnya, alasan yang menjelaskan mengapa produk / layanan Anda adalah solusi yang mereka cari. Anda juga bisa menambahkan informasi pendukung seperti testimonial agar lebih meyakinkan. Intinya, konten harus relevan di waktu yang tepat agar dapat menarik perhatian mereka. 


Tips: Buatlah konten untuk berbagai segmen audience jika memungkinkan. 


Attract Tools: Search Engine Optimization (SEO), Blog, Social Media, Media, Mobile Sites, Digital Ads 


BACA JUGA: Lima Langkah Memaksimalkan Social Media Dalam Inbound Marketing


Engage to Consider

Tahapan selanjutnya setelah mendapatkan perhatian target audiens adalah membangun interaksi yang positif dengan mereka. Lakukan pendekatan yang lebih halus atau tidak terlalu terang-terangan berjualan. Optimalkan brand engagement yang berkesan, ciptakan hubungan yang lebih personal dan menyentuh sisi emosional target audiens. Di tahap ini, coba ubah mereka menjadi Leads atau orang-orang yang berpotensi membeli produk. 


Audiens dalam satu hari dapat terekspos dengan puluhan ataupun ratusan penawaran, jadi pertanyaannya apa yang kita dapat lakukan untuk mereka dapat “Consider” to stay dan menukarkan informasi mereka. Jadi di stage ini yang Anda dapat lakukan adalah untuk menggunakan “Lead-Magnet” yang tepat.


Consideration Tools: Call-to-Action, Form, Digital Ads, Landing Page Optimization, Email Optimization


Engage to Convert

Setelah interaksi awal terjalin dengan baik, arahkan audiens untuk masuk ke tahap berikutnya, yakni fase untuk Close Leads atau mengubah calon konsumen menjadi konsumen. Manfaatkan data yang Anda miliki dari proses interaksi awal untuk kembali mengingatkan mereka mengenai produk Anda. Komunikasikan dengan tepat agar mereka akhirnya benar-benar membeli.


Saat mereka sudah memberikan informasi pribadi mereka untuk di Convert, mereka mungkin tidak langsung membeli. Ada fase dimana mereka akan menggali lebih dalam, jadi perlu untuk kita tetap engage mereka dengan mengetahui seberapa jauh mereka tertarik dengan Landing Page tersebut. Caranya bisa melalui mengirimkan mereka Email ataupun dengan Whatsapp offer. 


Conversion tools: CRM Synch, Lead Scoring, Sales Alerts, Personalized Email + Web + Social Media Nurturing 

delighting customer

Delight

Di tahap akhir ini adalah saatnya Anda benar-benar memastikan bahwa konsumen mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan begitu, hubungan yang terjalin bisa terus dibina agar berkelanjutan.


Jangan anggap remeh setiap feedback yang diberikan konsumen untuk produk atau keseluruhan pengalaman interaksi dengan brand Anda. Gunakan hal tersebut sebagai pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas. Ingat, konsumen tidak hanya membeli produk, mereka juga sangat potensial untuk menjadi promotor gratis yang akan membantu memasarkan produk Anda. 


Beberapa aktivitas delight yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan sebuah alur kerja , dimana Anda dapat mengirimkan reminder tertentu (berdasarkan tanggal). Misalnya, dengan data yang didapat dari proses conversion, Anda dapat mengirimkan hadiah atau kode promo spesial, atau ucapan di hari ulang tahun pelanggan.


Delight Tools: Feedback Forms, Email + Web + Social Media Engagement 

MENGAPLIKASIKAN INBOUND MARKETING 

Strategi yang tepat akan berujung pada hasil yang maksimal dan tentu lebih hemat biaya. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan jika Anda tertarik mengaplikasikan inbound marketing:


1. Lakukan riset mendalam

Mulai dengan memahami target audiens Anda, lakukan riset untuk memetakan mereka sesuai kebutuhan seperti dari segi usia, jenis kelamin, perilaku  membeli, dan sebagainya. Anda juga bisa membuat beberapa kelompok target audiens sekaligus sehingga memudahkan proses perencanaan konten nantinya. Misalnya, kelompok mereka yang belum pernah mendengar produk Anda, mereka yang baru menggunakan produk Anda, dan mereka yang sudah lama menggunakan produk Anda. 


Selama riset, jangan lupa untuk mengamati kompetitor juga. Kompetitor bisa berpengaruh terhadap produk yang Anda tawarkan. Mengenali langkah-langkah pemasaran mereka adalah salah satu data penting untuk membuat rencana yang lebih tepat dalam memasarkan produk Anda. 


Untuk mendapatkan hasil riset yang mendalam dan tajam, Anda dapat menggunakan layanan dari lembaga riset, seperti Frontier Research yang telah berpengalaman selama lebih dari 25 tahun.

content is the king

2. Buat rencana konten terarah 

Setelah mendapatkan data berdasarkan riset, Anda bisa lanjut membuat rencana konten yang terarah dan terukur. Pilih format konten yang telah disesuaikan dengan pengelompokan audiens, lalu jangan lupa tentukan saluran yang tepat untuk menampilkan konten tersebut. Ciptakan awareness melalui konten yang relevan. Isi konten bukan hanya soal fitur produk yang dijelaskan dengan gamblang, tapi coba pahami bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan target audiens Anda. Contohnya, dengan video dan story telling atau grafis simpel yang lebih mudah dimengerti. 


Optimalkan konten yang Anda buat dengan menerapkan prinsip SEO sehingga mudah ditemukan dalam mesin pencari. Sertakan
call-to-action agar target audiens tidak hanya berhenti di fase tertarik, namun juga bisa langsung berinteraksi dengan produk yang Anda tawarkan. 


3. Tingkatkan kualitas tim 

Inbound marketing adalah soal integrasi aset digital yang berarti turut melibatkan banyak pihak. Ini penting untuk jadi perhatian. Sumber masalah dari interaksi produk dan target audiens sering kali terletak pada tim saat melakukan pelayanan. Coba tingkatkan kualitas tim dan pelayanan yang berorientasi kepada pengalaman target audiens. Anda harus siap dan sigap menjadi solusi, serta mampu mengkomunikasikan value produk secara berulang agar terus menempel di benak mereka. Anda juga bisa menjalin komunikasi dua arah dengan mempersilahkan mereka memberi feedback berupa kritik maupun saran. 


Interaksi yang positif tidak hanya berpengaruh terhadap keputusan membeli saat ini. Mereka yang terkesan akan terlibat aktif menjalin hubungan jangka panjang dengan produk Anda, termasuk merekomendasikan produk Anda kepada pihak lain. 

4. Evaluasi berkala

Eksekusi dengan perencanaan yang tepat memang bagus. Namun, dalam prosesnya bisa saja ada faktor-faktor lain di luar pertimbangan Anda sebelumnya yang ternyata turut berpengaruh. Maka dari itu selalu lakukan evaluasi berkala untuk proses mengoptimalkan setiap tahapan dalam inbound marketing. Buat laporan periodik yang bisa dipahami dan dipelajari keseluruhan tim yang terlibat agar integrasi berjalan lancar. 


Dilihat dari berbagai sisi, inbound marketing adalah metode yang lebih efektif untuk menjangkau target audiens dan bagaimana membina hubungan jangka panjang dengan mereka sehingga bisnis bisa berkelanjutan.


Inbound marketing yang terintegrasi dengan baik tidak hanya menyasar bagian permukaan seperti aktivitas media sosial, strategi ini juga akan mengoptimalkan berbagai aset digital Anda untuk menghasilkan leads berkualitas sehingga berpeluang terjadinya konversi. 


Dalam prosesnya, Anda mungkin akan memerlukan dukungan dan partner untuk dapat menjalankan strategi ini. Frontier Digital menyediakan layanan Inbound Marketing untuk membantu Anda. MULAI KONSULTASI DENGAN FRONTIER DIGITAL.


Artikel oleh:
Frontier Digital, digital marketing agency berbasis di Jakarta dengan spesialisasi Inbound Marketing dan Marketing Automation.


3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: