Blog Layout

Lima Tips Digital Marketing Untuk Perusahaan Asuransi

Frontier Digital • December 8, 2020
Di era industri 4.0, hampir semua bidang terdorong untuk melakukan digitalisasi pada bisnis mereka dan digital marketing pun seakan menjadi sebuah keharusan, termasuk pada industri asuransi.

Antara sosial media, sumber berita online, dan email, ada peluang besar bagi perusahaan asuransi untuk dapat terhubung dengan klien bisnis secara online.

Mungkin beberapa perusahaan asuransi sudah mengaplikasikan strategi digital marketing di area-area tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan adapula perusahaan asuransi yang belum mengadopsi digital marketing.

Untuk itu, jika Anda berpikir untuk terjun atau mencoba memperbaiki strategi, lima tips Digital Marketing ini dapat Anda pertimbangkan untuk dilaksanakan :

Tips # 1: Bersosialisasi
Sosial media tidak hanya menjadi sumber utama berita dan informasi, tetapi juga merupakan cara yang murah dan mudah untuk berinteraksi dengan klien saat ini dan masa depan.
Komunitas digital ini menawarkan peluang yang tidak terbatas untuk membagikan konten yang dibuat, dari postingan blog, video hingga foto dan survei.
Platform sosial apa yang tepat untuk perusahaan asuransi Anda? Mari kita lihat lebih dekat beberapa opsi paling populer.

Facebook: Facebook tetap menjadi platform yang menggiurkan bagi banyak pemasar sosial media. Alasannya? Menurut Pusat Penelitian Pew, kira-kira tiga perempat pengguna Facebook mengunjungi dan menggunakan Facebook setiap harinya. Lalu, yang menjadikan Facebook alat pemasaran yang ampuh adalah demografinya yang luas, mulai dari remaja hingga manula.


Selain itu, statistik terbaru menunjukkan bahwa pengguna Facebook menghabiskan rata-rata 40 menit di situs setiap hari. Lebih banyak waktu terlibat berarti lebih banyak kesempatan untuk terhubung dengan audiens Anda.

LinkedIn: Baik untuk membangun jaringan dengan kolega atau mencari peluang, para profesional bisnis bisa mendapatkannya di platform LinkedIn.

Saat seseorang mengunjungi situs tersebut, penggunanya sudah memiliki pola pikir yang berfokus pada bisnis, yang berarti konten Anda kemungkinan besar akan relate dengan orang yang mengunjungi halaman Anda.


Linkedin merupakan platform sosial media bagi lebih dari 200 juta profesional. Platform ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan cara:

  • Memperluas awareness akan Brand Anda.
  • Mendapatkan Leads.
  • Mengubah Leads menjadi Customer itu.


Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa traffic dari LinkedIn menghasilkan tingkat konversi di angka 2,74 persen, hampir tiga kali lebih tinggi dari Twitter dan Facebook.

Twitter: Pada Q1 2019, platform ini memiliki lebih dari 330 juta pengguna aktif/bulan, menurut Statista & Market US. Dengan jumlah tweet yang dikirimkan sebanyak 500 juta tweet setiap hari.


Baik Anda pengguna lama Twitter atau baru saja memulai, berikut adalah tiga hal yang harus dilakukan untuk pemasaran di platform ini:

1. Jadilah yang memulai percakapan. Setelah membaca tweet dari rekan-rekan industri Anda, mulailah memposting tweet Anda sendiri. Anda dapat membagikan berita mengenai asuransi dan bahkan mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda. Yang perlu diingat adalah, saat menanggapi tweet, buatlah pesan yang efisien dengan jumlah karakter maksimum adalah 280.


2. Familiar dengan “language. Untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, pastikan untuk membiasakan diri Anda dengan simbol dan bahasa sehari-hari:

  • @Username: Simbol “@” menunjukkan nama pengguna Twitter. Menyertakan "@" dalam tweet akan mengarahkan tweet Anda ke pengguna tertentu.
  • Timeline (Home): Halaman beranda Anda adalah tempat semua tweet dari pengguna yang Anda ikuti akan muncul.
  • # (Hashtag): Menggunakan "#" dan kata kunci adalah cara untuk mengkategorikan atau mencari tweet tentang topik tertentu.
  • Retweet (RT): Tweet yang di-posting ulang atau dibagikan oleh seseorang.
  • Followers: Orang-orang yang mengikuti akun Anda. Ketika seseorang mengikuti Anda, tweet Anda akan muncul di home/timeline mereka.
  • Mention: Tweet yang berisi nama Twitter pengguna lain menggunakan simbol "@".


3. Jadilah followers. Anda perlu memahami apa yang dilakukan oleh kompetitor ataupun kolega Anda. Karenanya, Anda dapat mencari para market leader di industri asuransi, kolega, organisasi, dan klien yang aktif di Twitter dan follow mereka (gunakan akun pribadi Anda, bukan akun perusahaan). Pantau timeline sehingga Anda dapat membaca tweet orang lain. Ini cara yang bagus untuk mendapatkan ide topik untuk tweet Anda sendiri.


Tips # 2: Lakukan Strategi Inbound

Mulai dari SEO, sosial media dan content marketing, Inbound Marketing memungkinkan Anda untuk Attract, Engage, dan Delight  klien potensial dan klien saat ini. 


Apa itu Inbound Marketing? Inbound Marketing secara singkat adalah tentang memanfaatkan banyak cara untuk terhubung dan kemudian membangun hubungan jangka panjang dengan klien Anda.


Lebih lanjut tentang Inbound Marketing, Anda dapat mempelajarinya di Artikel: 4 Tahap Dasar Inbound Marketing


Berikut adalah contoh sederhana kampanye dengan menggunakan Inbound Marketing yang dapat diaplikasikan ke perusahaan asuransi:

  • Menawarkan webinar gratis untuk client dan potential customer
    Tentukan topik webinar yang menarik, lalu post di berbagai channel yang perusahaan Anda miliki dan Anda yakini dapat dengan mudah ditemukan/dicek audiens, misalnya sosial media, email, pendekatan personal dari agent dan lainnya.

    Gunakan webinar ini untuk mengumpulkan data dari peserta yang mendaftar. Mereka telah menunjukkan ketertarikannya terhadap topik yang Anda angkat. Lalu, berikan edukasi yang cukup dan informasikan client dan potential customer Anda tentang masalah yang ada dan bagaimana produk asuransi Anda dapat menjadi solusinya.

    Selesai dari acara webinar, data peserta dapat menjadi tambahan leads yang bisa segera difollow up oleh para agent.


Tips # 3: E-mail Marketing

Berkomunikasi secara intens dengan klien Anda sangat penting untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dengan masing-masing klien.

 

Bahkan dengan evolusi Digital Marketing, salah satu alat paling efektif adalah E-mail Marketing. Untuk memaksimalkan strategi Email Marketing Anda, pastikan anda melakukan hal berikut:

  • Jaga konten agar tetap relevan. Klien yang ada saat ini dan di masa depan harus melihat Anda sebagai sebuah resource karena Anda tahu lebih banyak tentang asuransi daripada mereka. Anda harus memanfaatkan dan memberikan pengetahuan ini di email Anda, untuk memposisikan diri sebagai sumber informasi yang terpercaya. Jika memungkinkan, jaga agar konten yang Anda bagikan relevan dengan kebutuhan setiap klien dan industrinya.

  • Personalisasikan setiap komunikasi. Menyesuaikan email Anda dengan setiap klien akan meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan tanggapan. Misalnya, menyebutkan nama mereka di dalam email dan berikan penawaran yang relevan sehingga pesan dari Anda lebih terasa personal dan dekat dengan mereka.

    Jika Anda memerlukan lebih banyak informasi tentang personalisasi email, silakan kunjungi 
    Artikel Cara Mudah Tingkatkan Personalisasi Email Marketing

  • Bersikaplah proaktif dan menarik. Mengetahui dan memberikan solusi adalah dua cara terbaik untuk melibatkan klien Anda dalam email. Pantau platform LinkedIn dan Facebook secara teratur untuk mempelajari lebih lanjut tentang klien Anda yang bertujuan untuk tetap mengetahui apa yang terjadi di industri mereka.


Tips # 4: Jadilah visual storyteller

Banyak marketer setuju bahwa konten video adalah salah satu format yang efektif untuk mendapatkan engagement di social media. Saat menggunakan video di dalam strategi Digital Marketing Anda, pastikan isinya singkat, mudah dicerna dan diproduksi dengan baik. Selain itu, sertakan ajakan (Call to Act) yang jelas di akhir setiap postingan video.

 

Sebagai perusahaan asuransi, Anda memiliki peluang besar untuk mempengaruhi keputusan pembelian, membangun brand, dan memposisikan diri Anda sebagai thought leader melalui video.

 

Konten video yang dapat Anda sajikan bisa berupa testimoni klien, menjawab pertanyaan yang sering diajukan, hingga memperkenalkan produk baru atau memposting highlight dari webinar yang telah dijalankan.

 

Berikut adalah tiga langkah yang harus dipertimbangkan untuk membuat video yang efektif dan menarik untuk perusahaan asuransi Anda:

  • Script dan Storyboard: Usahakan buat pesan yang jelas dan ringkas. Setelah Anda menulis naskah (script), rencanakan visualnya di dalam storyboard. Tunjukkan foto, video dan teks yang ingin Anda tampilkan dalam video. Persiapan adalah kunci untuk memastikan pesan yang ingin Anda sampaikan dapat berjalan dengan efisien.

  • Optimasi YouTube: Karena YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua, Anda harus bisa bersaing untuk mendapatkan views. Cara terbaik untuk bersaing adalah memiliki konten yang bagus dan dioptimalkan. Untuk mengoptimalkan web, pastikan untuk memasukkan kata kunci yang relevan, deskripsi yang jelas, dan judul yang sesuai.

  • Promosikan di sosial media: Untuk memaksimalkan jangkauan dari video, Anda juga harus membagikannya di beberapa platform sosial media. Namun, setiap platform mempunyai audiens atau penonton yang berbeda. Untuk Instagram, Facebook, dan Twitter, pastikan durasi video tidak lebih dari 30-45 detik. Kemudian, buat tautan ke versi yang lebih panjang untuk dilihat di YouTube atau situs web Anda.

Tips # 5: Maksimalkan kinerja Anda.

Jika ada bisa memanfaatkan Media digital dengan benar, dapat membuka pintu ke berbagai peluang bisnis baru. Tips berikut akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari upaya Digital Marketing Anda:

  • Lakukan investasi. Investasikan waktu dan upaya untuk mengembangkan “Online Presence” Anda di setiap platform yang Anda gunakan. Posting harian dengan konten yang baru akan membuat klien saat ini dan calon klien melihat kehadiran Anda, engage dengan konten Anda dan kembali lagi di hari berikutnya.


  • Lanjutkan apa yang berhasil. Jika postingan yang anda buat (blog, webinar, atau video) mendapatkan respons yang positif dari audiens, Anda harus terus membagikan hal yang sama, tentunya sambil terus memperbaiki kualitasnya. Anda juga harus memantau metrics dari setiap postingan seperti; Comments, likes, shares, dan Clicks untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa yang berkaitan dengan target audiens Anda.


  • Giring Audience dengan Lead Generation. Pastikan untuk menyertakan ajakan (call to act) dalam e-blast, blog, video, dan webinar Anda. Tambahkan link ke website perusahaan Anda dan landing page terkait produk untuk membantu mendekatkan prospek ke pembelian.

    Tips lead generation:
    Anda juga bisa memberikan “reward” atau hadiah kepada pengunjung website Anda dalam bentuk konten yang dapat diunduh ketika mereka memberikan info terkait kontak mereka. Anda juga bisa mengundang pengunjung website untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda dan menawarkan produk atau service Anda dengan menyertakan Form Digital yang dapat mereka isi dan dikirimkan ke email Anda.


  • Teruslah bereksperimen. Media digital terus berkembang. Terus uji, kumpulkan data, dan cari cara untuk meningkatkan keterlibatan Anda dengan audiens secara online.


Kesimpulan

Digital Marketing dapat membantu perusahaan asuransi mengembangkan bisnisnya dengan berbagai cara. Melalui artikel ini, kami membahas lima tips Digital Marketing yang dapat diharapkan dapat digunakan agen untuk terhubung dengan prospek dan membina mereka melalui saluran penjualan.


Jika Anda tertarik dengan strategi Digital Marketing dan memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara menjalankannya silakan hubungi Frontier Digital. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: