Blog Layout

Panduan Memahami Apa Itu Growth Hacking

Frontier Digital • December 3, 2021

AirBnB adalah salah satu startup dengan perkembangan yang cukup pesat sejak awal kemunculannya. Strategi growth hacking yang mereka gunakan dinilai berhasil, yakni melakukan afiliasi dengan Craigslist, sebuah situs iklan baris terbesar saat itu. Sebenarnya, apa yang dimaksud Growth Hacking?


Dalam dunia startup, growth hacking adalah istilah yang populer. Bisnis yang baru merintis perlu perkembangan signifikan, namun biasanya memiliki sumber daya yang terbatas. Strategi inilah yang dinilai cukup ideal untuk menjawab kebutuhan tersebut. Jadi, apa itu growth hacking dan bagaimana cara kerjanya? Mari langsung simak rangkuman penjelasannya berikut ini.


Apa itu growth hacking?

Growth hacking adalah strategi yang mengkombinasikan elemen marketing, data, dan teknologi. Dalam implementasinya, growth hacking  fokus mengembangkan bisnis yang berbasis pada berbagai eksperimen, termasuk melakukan analisis terkait manakah metode yang paling berhasil untuk menarik pelanggan. Mulai dari memaksimalkan awareness stage untuk publikasi brand hingga melakukan optimasi produk. Mereka yang melakukan tugas ini disebut growth hacker.

Growth hacker adalah posisi penting di dalam bisnis yang baru merintis seperti startup. Pasalnya, mereka akan bertanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan signifikan untuk keberlangsungan bisnis. Itulah mengapa sebaiknya growth hacker harus memiliki skillset yang mumpuni seperti pengetahuan soal data untuk menemukan titik masalah, kreativitas untuk mencari solusi menyelesaikan masalah tersebut, hingga kemampuan teknis seperti programming untuk memaksimalkan pekerjaan mereka.


Sebagai strategi yang juga mengandalkan taktik marketing, growth hacking nyatanya tidaklah benar-benar sama dengan strategi marketing biasa. Lalu, apa saja perbedaannya?

Growth Hacking Marketing
Fokus pada kesempatan untuk berkembang secara cepat melalui peningkatan user Kebanyakan marketer fokus pada target branding dan penjualan jangka panjang
Bisa terlibat langsung dalam pengembangan produk Tidak terlibat langsung dalam pengembangan produk
Menganalisis berbagai data untuk pertumbuhan signifikan Lebih banyak menggunakan data yang berkaitan dengan peningkatan penjualan

Framework AAARRR

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa menerapkan growth hacking harus memaksimalkan teknologi yang dipadukan dengan kreativitas dan pemikiran analitis. Tujuannya tentu untuk mendapatkan awareness serta menjual produk sehingga bisnis dapat tumbuh secara cepat. Strategi ini memiliki tiga kriteria, yakni Creative Marketing, Experiments & Data, Automation & Engineering. Agar lebih mudah dipahami, ketiganya bisa diaplikasikan ke dalam funnel atau sering disebut framework AAARRR.

Awareness

Stage pertama adalah awareness. Berapa banyak orang yang bisnis Anda bisa jangkau itu sangat penting. Hubungan antara bisnis dan pelanggan akan terbentuk jika ada proses berkenalan terlebih dahulu bukan? Jadi, cobalah buat orang tertarik untuk mengenal siapa dan apa produk Anda. Tingkatkan brand awareness dengan content marketing dan search engine optimization (SEO) untuk memaksimalkan proses ini. Melalui awareness,  Anda bisa melacak impresi brand atau produk hingga berapa banyak yang mengunjungi website untuk nantinya dianalisis lebih lanjut.


Acquisition

Tahap ini adalah momen dimana Anda mulai mengumpulkan data terkait pelanggan potensial (customer personas). Caranya bisa dengan mengajak mereka berlangganan newsletter. Informasi penting ini akan berguna untuk proses pemetaan customer dan sebagai basis untuk mengoptimalkan strategi interaksi di masa mendatang. Data ini meliputi nama, email, lokasi, dan lainnya. Anda juga bisa mengumpulkan data kebiasaan atau pola pengunjung saat mengunjungi website sehingga bisa memperbaiki fasilitas yang ada untuk mengoptimalkankan proses akuisisi.


Activation

Tahap selanjutnya adalah activation dimana bisnis memberikan tawaran yang lebih spesifik. Di tahap ini, target audiens sudah mengenal dan melakukan interaksi dengan bisnis Anda. Sebagai kelanjutan dari acquisition, activation adalah proses dimana Anda mulai mengubah followers atau subscribers menjadi pelanggan. Caranya bisa dengan email penawaran dan mengingatkan mereka tentang produk yang Anda miliki. Berikan alasan seperti menunjukkan keunggulan produk dari milik kompetitor agar mereka makin tertarik untuk melakukan pembelian. Jangan lupa kumpulkan data tentang bagaimana target audiens merespons penawaran Anda.


Retention

Setelah berhasil mendorong pembelian, saatnya Anda mengubah pelanggan biasa menjadi pelanggan tetap (regular customer). Pastikan bisnis Anda memiliki daya tawar yang bagus sehingga customer mau melakukan pembelian berulang. Mempertahankan pelanggan adalah bagian penting dan mengeluarkan biaya yang lebih murah ketimbang mencari pelanggan baru. Maksimalkan content marketing dan pengembangan produk agar bisnis Anda menjadi top of mind di benak customer. Tingkatkan pula fitur layangan yang mempermudah customer untuk berinteraksi dengan bisnis Anda.


Referral

Customer yang puas akan dengan sukarela memberikan review positif dan merekomendasikan bisnis Anda. Hal ini sangatlah menguntungkan, kita tahu bagaimana cara kerja word of mouth yang memang sangat efektif untuk pertumbuhan organik bisnis. Referral adalah tahap dimana Anda mampu melibatkan customer untuk mempromosikan produk Anda. Lakukan campaign atau berikan penawaran melalui email seperti kode diskon jika mengajak teman untuk melakukan subscription atau mencoba produk.


Revenue

Revenue adalah pendapatan yang dihasilkan oleh bisnis Anda. Jika tiap tahap sebelumnya dalam funnel ini berjalan maksimal, maka pendapatan bisa konsisten meningkat dan dapat membantu bisnis berkembang. Ketika melakukan analisis, gunakan metrik yang relevan untuk mengukur apakah strategi Anda berhasil. Misalnya, menghitung customer acquisition cost (CAC) dan business's lifetime value (LTV) untuk menilai perubahan apa yang perlu dilakukan agar bisnis makin berkembang.


Terasa familiar?
Baca juga: Mengenal Strategi Inbound Marketing

Tips Growth Hacking

Berikut ini adalah beberapa tips yang dinilai efektif untuk mengembangkan bisnis secara signifikan.


Membuat list email

Momen launching produk berpotensi bisa menggaet pelanggan baru. Namun, sebelum launching, jangan lupa membuat daftar email target yang disasar. Maksimalkan email marketing untuk menunjukkan produk Anda. Dalam prosesnya, Anda juga bisa mengirimkan konten teaser yang membuat audiens penasaran sehingga makin tertarik untuk mengikuti perkembangan acara peluncuran produk.


Memperluas
networking

Networking sangat penting dalam membangun bisnis. Anda jadi bisa memperkenalkan brand dan produk Anda kepada lebih banyak orang. Jika dilakukan dengan persuasif, Anda juga bisa menemukan partner kolaborasi yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Coba hadiri acara komunitas startup atau event lainnya yang membantu proses networking.


Bangun komunitas media sosial

Target audiens haruslah dipermudah untuk melakukan kontak dengan bisnis Anda. Social media lah platform yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Bangunlah komunitas Anda di media sosial dengan menyajikan valuable content dan layanan interaktif. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi bisnis melakukan promosi hingga mendapatkan feedback dari pelanggan.


Baca juga:
Seberapa Besar Peran Social Media Influencer Untuk Mendorong Bisnis?


Rutin A/B testing

Melakukan A/B testing itu penting untuk memperoleh data yang tepat agar pertumbuhan signifikan. Anda jadi tahu apa yang tidak berhasil. Nah, untuk tahu alasannya, Anda perlu melakukan uji coba yang variatif dan melakukan analisis. Di website, Anda bisa mulai dengan mengecek conversion-area seperti landing page, contact page, sales pages, dan lainnya.


Kesimpulan

Growth hacking adalah strategi yang mencakup banyak elemen untuk pertumbuhan bisnis di tengah sumber daya yang terbatas. Ini merupakan metode ideal untuk bisnis yang baru merintis seperti startup. Saat ini, banyak bisnis mulai mendirikan divisi growth hacking sendiri karena perannya terbilang esensial. Dalam praktiknya, pasti dibutuhkan growth mindset, uji coba, analisis, dan tentu evaluasi. Dengan cara inilah bisnis bisa terus berkembang, relevan dengan zaman dan kebutuhan market.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: