Blog Layout

10 Strategi Marketing Low Budget Untuk Usaha Kecil

Frontier Digital • June 9, 2022

Usaha kecil sering kali bergantung pada budget marketing yang terbatas dan memerlukan strategi marketing yang low budget namun tetap efektif. Itu mengapa terkadang kegiatan promosi atau mengembangkan bisnis bisa jadi tantangan tersendiri. Untungnya, sekarang sudah ada internet yang makin murah dan mudah diakses. Internet memang medium yang bermanfaat untuk membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk untuk menemukan konsumen baru.


Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti setuju untuk terus memaksimalkan berbagai cara agar usaha berkembang bukan? Dalam artikel ini, kami telah merangkum berbagai strategi marketing
low budget untuk usaha kecil yang mudah diaplikasikan.

Sumber: Freepik

Strategi Marketing Low Budget


1. Buat Google My Business


Google memiliki banyak pengguna, bahkan termasuk menjadi situs yang paling sering dibuka. Itulah mengapa membuat atau melengkapi profil Google My Business adalah cara yang tepat untuk mempromosikan bisnis melalui Google Search dan Maps. Profil ini akan memudahkan audiens menemukan dan meyakinkan mereka tentang keberadaan bisnis Anda. Mencantumkan informasi yang lengkap akan membantu Anda meningkatkan performa local SEO Anda.


2. Merespon Online Review


Banyak konsumen mencari informasi online sebelum akhirnya membeli suatu produk. Review berisi pengalaman konsumen, sesuatu yang akan meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk dan layanan Anda. Di sinilah pentingnya memperhatikan review atau feedback dari customer Anda. Dengan menanggapi review online, Anda tidak hanya menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memberikan layanan yang baik, tetapi Anda bisa menginformasikan secara luas bagaimana bisnis Anda melayani konsumen.

 

3. Promosi di Media Sosial


Saat ini ada lebih dari tiga miliar pengguna aktif media sosial. Membangun komunitas online dan berinteraksi dengan orang-orang di dalamnya tentu akan sangat menguntungkan. Anda bisa meningkatkan awareness, membangun brand personality, sekaligus meningkatkan trust audiens terhadap brand. Strategi media sosial yang baik juga akan membantu Anda menemukan calon konsumen yang tepat dan menghasilkan penjualan.


Beberapa hal yang bisa Anda lakukan:


  • Membuat survey sederhana untuk mendapatkan feedback dan berinteraksi dengan audiens.
  • Mempromosikan konten blog Anda dan mengarahkan mereka ke website.
  • Buat konten yang relevan, informatif, dan lebih mudah dicerna.


4. Membuat Blog


Bisnis bisa menggunakan blog untuk mendapatkan traffic ke website, termasuk untuk meningkatkan upaya SEO keseluruhan. Ini adalah cara yang sepenuhnya gratis untuk mempromosikan bisnis secara online, yakni melalui konten yang berharga untuk audiens. Agar maksimal, coba temukan konten yang cocok dan relevan dengan melakukan riset keyword yang mendalam. Tujuannya tentu agar audiens lebih mudah menemukan konten Anda. Cara lainnya bisa dengan memeriksa pencarian yang muncul di laporan Google Analytics Anda. Selain membuat konten baru yang berkualitas, Anda juga bisa melakukan recycle content dengan memanfaatkan materi yang sudah ada.


5.Optimasi SEO


Anda bisa memanfaatkan tool gratis seperti Semrush untuk menganalisis performa SEO, mengetahui apa yang sebaiknya diperbaiki sehingga membantu meningkatkan ranking di halaman hasil pencarian. Melalui tool yang sama, Anda juga bisa melakukan riset kompetitor dan menemukan taktik yang tepat untuk memenangkan persaingan. SEO yang maksimal akan meningkatkan visibilitas online, menambah traffic organik, dan bahkan menghasilkan konversi.


Dengan tool seperti Semrush, Anda cukup memasukkan URL untuk mendapatkan analisis SEO:

Sumber: Neilpatel, Semrush

6. Local SEO


Bagian terbaik tentang algoritma Google adalah ia dirancang untuk menyajikan konten yang paling akurat, berkualitas tinggi, dan relevan untuk setiap kueri penelusuran tertentu. Ini adalah kesempatan di mana Anda bisa menyamakan kedudukan dan kecil untuk bersaing dengan pesaing besar. Mengembangkan SEO lokal tentu membutuhkan waktu, namun tentu akan berdampak baik dalam jangka panjang.


Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan SEO lokal:


  • Tambahkan kata kunci berbasis lokasi ke judul, heading, dan konten isi halaman situs web utama Anda.
  • Pastikan informasi bisnis lengkap dan konsisten di seluruh platform.
  • Publikasikan halaman atau postingan blog yang relevan dengan brand.


Baca juga:
10 Tips Estimasi Local SEO Untuk Bisnis


7. Memaksimalkan Email Marketing


Email adalah salah satu medium bisnis yang layak dipertimbangkan. Melalui email, Anda bisa membuat konten yang lebih personal sehingga bisa menyasar target dengan tepat. Anda juga bisa mendapatkan data untuk mengoptimalkan bisnis dengan mengumpulkan feedback dan survey pelanggan melalui email.


Pastikan Anda melakukan ini:


  • Buat copy yang kreatif ke dalam subjek email.
  • Pastikan setiap email memiliki penawaran yang mendorong pembaca untuk mengambil langkah selanjutnya.
  • Rutin melakukan A/B testing untuk melihat penawaran apa yang sesuai dengan target audiens.
  • Pastikan ada opsi berlangganan email di situs Anda.


Baca juga:
7 Tips Membuat Email Marketing Yang Persuasif


8. Bergabung di Forum Online


Facebook group mungkin masih sering disepelekan. Padahal, medium tersebut bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness sampai menemukan konsumen baru. Bayangkan jika Anda bergabung dengan suatu grup dengan jumlah anggota 1K-10K atau bahkan lebih, sebuah kesempatan untuk mempromosikan bisnis. Triknya, Anda harus lebih fokus membagikan konten yang berkualitas dan bermanfaat agar tidak dikategorikan sebagai spamming.


Selain Facebook ada beberapa forum online lain yang bisa Anda manfaat juga. Berpartisipasi dan berinteraksi di lingkungan komunitas yang besar akan membantu bisnis lebih dikenal, membantu Anda membangun reputasi sehingga dipercaya audiens.


9. Membuat Program Afiliasi


Affiliate marketing mengacu pada penggunaan afiliasi untuk membantu proses menawarkan produk ke target market. Program ini tidak memerlukan modal yang besar atau bahkan nol. Cara ini juga terbukti membantu mendapatkan ROI yang tinggi. Salah satu alasan utama untuk ini adalah karena target audiens Anda memilih percaya dan yakin dengan produk yang dipromosikan oleh afiliasi.


10. Aktif Live Videos



Salah satu faktor terpenting dalam akuisisi pelanggan adalah trust. Live videos adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara real time, membantu brand membangun trust. Membuat video langsung membutuhkan sedikit biaya dan brand lebih mungkin menjangkau banyak audiens dalam waktu singkat. Audiens tersebut adalah pelanggan potensial yang bisa membantu meningkatkan pendapatan Anda.


Nah, itulah berbagai strategi marketing low budget yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Fokus pada praktik yang strategis dan mudah dilakukan. Usaha kecil dapat memanfaatkan banyak tool gratis untuk berkolaborasi dan bersaing.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: