Blog Layout

7 Faktor Terpenting yang Mempengaruhi Google Ranking

Frontier Digital • Jun 07, 2022

Optimasi SEO berarti proses menyesuaikan situs web Anda dengan Google ranking factor agar mendapatkan peringkat. Cara kerja Google memang tidak bisa sepenuhnya kita pahami, tapi kita bisa belajar dari hal-hal yang telah dibagikan Google dan berbagai uji coba independen. Kali ini tentu tidak akan memuat semua faktornya, mari fokus pada faktor terpenting Google ranking dan cara memaksimalkannya.

Sumber: Freepik

Apa Itu Ranking Factors?


Survei menunjukkan bahwa SEO bisa menghasilkan 1000+ traffic ketimbang media sosial. Hal tersebut sangat mungkin dengan melakukan optimasi situs web sehingga mendapatkan ranking teratas di pencarian organik. "Organik" di sini mengacu padai hasil yang didapatkan tanpa bantuan iklan atau pay-per-click ads (PPC).

Sumber: https://www.wordstream.com/

Peringkat organik di Google ditentukan oleh algoritma yang memperhitungkan berbagai karakteristik dan metrik SEO, dan itulah yang disebut ranking factors. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak faktor yang digunakan Google untuk melakukan penilaian. Namun, tetap dapat disimpulkan bahwa Google fokus pada kualitas, trustworthiness, dan performa situs.

Tipe Google Ranking Factors


Jika Anda familiar dengan SEO, pasti sudah tidak asing dengan istilah optimasi yang umumnya terbagi menjadi dua, yakni on page dan off page. Namun, ada satu tipe lain yang jarang disebut, yakni technical. Berikut gambaran tentang perbedaan ketiganya:


  • On page factors: Berkaitan dengan kualitas halaman, seperti keyword dan tingkatan informasi di dalamnya.
  • Off page factors: Google mengukur dari tempat lain atau di luar situs Anda, utamanya melibatkan backlinks.
  • Technical factors: Dilakukan di dalam situs, tapi lebih fokus pada performa keseluruhan situs web. 


Penting dicatat bahwa untuk mendapatkan situs yang
seo-friendly dan memperoleh ranking teratas berarti perlu mengombinasikan ketiganya.

7 Faktor Google Ranking Terpenting


Setelah mengetahui hal-hal fundamental di atas, saatnya membahas faktor terpenting yang jangan sampai terlewat agar situs web berhasil mendapatkan ranking di halaman hasil pencarian. Berikut di antaranya:


Backlink


Backlink adalah tautan dari situs lain menuju situs Anda, faktor yang sangat penting untuk mendapatkan ranking. Dalam penelitian yang dilakukan Ahrefs, perusahaan software SEO, menunjukkan adanya hubungan antara backlink dan traffic organik. Meski demikian, tetap ingat bahwa kontribusi setiap backlink bisa berbeda.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink:


  • Menghasilkan konten berkualitas tinggi sehingga dengan sendirinya akan menghasilkan backlink.
  • Bangun backlink dengan guest post. Temukan peluang untuk publikasi eksternal, memperkenalkan brand Anda, lalu mengarahkan audiens menuju situs Anda.


Authority


Backlink yang berasal dari situs yang kredibel akan lebih memberikan hasil. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu meningkatkan authority situs Anda. Itulah mengapa sebaiknya fokus membangun backlink yang benar-benar berkualitas ketimbang kuantitasnya untuk mendapatkan ranking tinggi.


Baca juga:
6 Tips Meningkatkan Domain Authority


Topical Authority


Situs dengan konten yang spesifik lebih mungkin mendapatkan perhatian Google. Reputasi dengan keahlian membahas topik tertentu pernah dibahas dalam Google's search quality rater guidelines. E-A-T adalah istilah untuk expertise, authoritativeness, dan trustworthiness. Dengan fokus pada topik atau bidang tertentu, sebuah situs bisanya akan memuat lebih banyak internal link berkualitas. 


Internal link sendiri sangat berguna untuk meningkatkan otoritas dan membantu Google memahami sebuah halaman. Salah satu cara yang umum digunakan untuk membangun internal link yang teratur adalah dengan membuat kluster topik, yakni membuat sub konten dari pillar content utama sehingga tetap saling terkait. Semakin terorganisir, maka semakin mudah bagi mesin pencari dan pengguna untuk menemukan situs Anda. 


Relevance



Jika Anda tertarik melakukan rebranding, tentu Anda akan lebih percaya saran dari konsultan branding ketimbang orang bisa bukan? Hal yang sama juga berlaku dengan sebuah halaman atau website. Relevansi adalah faktor ranking yang tidak kalah penting agar mudah ditemukan audiens. Fokuslah pada konten yang berkualitas, mudah dibaca, memiliki value, dan memuat keyword yang sesuai.


Anda bisa lebih serius melakukan riset keyword untuk menemukan apa yang biasa dicari oleh target audiens Anda. Dengan begitu Anda bisa membuat konten yang relevan, yang cocok seperti yang Audiens Anda cari.
78% marketer setuju bahwa mengidentifikasi keyword berdampak tinggi terhadap traffic.

Sumber: Directive

Page Speed



Pengguna lebih tertarik dengan halaman atau situs yang mampu memberikan pengalaman yang baik, begitu pula dengan Google. Jika loading situs Anda terlalu lama, bounce rate akan meningkat dan tentu bisa menurunkan peringkat di hasil pencarian. Meningkatkan speed adalah poin penting yang membuat audiens memilih Anda ketimbang kompetitor. Menurut Google, lebih dari setengah pengguna internet meninggalkan website jika waktu loading-nya lebih dari 3 detik.


Anda bisa mengecek
loading speed melalui Google Search Console. Ketahui apakah Anda perlu melakukan perbaikan, baik untuk versi desktop maupun mobile. Pastikan bahwa kecepatan halaman atau situs Anda tidak menurunkan pengalaman pengguna.

Sumber: Ahrefs

Baca juga: Tanda Bisnis Anda Memerlukan Website Baru


Search Intent



Google tidak memberi peringkat pada jenis konten yang sama, ini akan bergantung pada search intent. Misalnya, jika seseorang mengetik "beli sepatu" maka yang muncul teratas adalah halaman ecommerce. Jika mengetik "cara membuat croffle" berarti bisa muncul video atau blog post. Memperhatikan search intent adalah salah satu strategi esensial sebelum membuat konten dan agar mendapatkan ranking. Agar maksimal, Anda bisa menggunakan acuan dasar "four C's of search intent".


  • Content style: gaya konten yang dominan dalam hasil pencarian.
  • Content type: Jenis konten, umumnya terbagi ke dalam blog post, product, category, dan landing pages. 
  • Content format: Biasanya berlaku untuk konten informasi seperti how-to, opini, berita, listicle, dll.
  • Content angle: Sudut konten yang juga bisa menjadi nilai jual konten seperti "panduan untuk pemula”.


Temukan clue lainnya dengan melihat bagian "People also ask" atau "Related searches" di bagian bawah halaman pencarian.

Mobile Friendly

 

Pencarian via mobile semakin tinggi, maka tidak heran jika Google memasukkan faktor ini untuk mendukung pengalaman pengguna. Tidak cukup dengan mengoptimasi versi desktop, Anda juga perlu memastikan bahwa halaman atau situs Anda mudah diakses dan bisa disesuaikan di berbagai perangkat mobile. 


Anda bisa mengecek mobile-usability report di Google Search Console untuk memastikan apakah situs Anda sudah mobile-friendly.

Sumber: Ahrefs

Kesimpulan


Faktor ranking adalah acuan yang bisa Anda gunakan, terdiri dari berbagai elemen yang akan memudahkan Google melakukan crawling atau indexing sehingga menyajikan hasil pencarian terbaik sesuai query, serta memberikan user's experience positif melalui konten atau halaman yang memiliki value.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: