Blog Layout

Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis

Frontier Digital • June 16, 2022

Search engine marketing atau SEM adalah istilah yang biasanya dikaitkan dengan paid search atau pay-per-click (PPC) seperti Google Ads. SEM adalah metode praktis yang akan membantu bisnis berkembang di tengah makin kompetitifnya persaingan. Bukan hanya harus mulai beralih online, bisnis tentu juga harus pintar mengeksekusi promosi online yang efektif. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian dan peran penting SEM untuk bisnis. Mari simak!

Sumber: https://www.dreamstime.com/

Apa Itu SEM?


SEM (search engine marketing) adalah alternatif lain untuk mengoptimalkan website sehingga situs tampil di pencarian teratas SERPs (search engine result pages). Cara ini juga disebut PPC (pay-per-click) dan tidak seperti SEO yang organik, metode ini tentu berbayar. Campaign yang dilakukan biasanya memerlukan keyword yang komprehensif sehingga penting untuk memiliki pemahaman dan strategi ekstra dalam menerapkan cara ini. Jenis campaign bisa berupa search ads, shopping ads, display ads, dll.


Kenapa SEM Penting?

Mayoritas konsumen biasanya melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Dalam prosesnya, para pengguna akan menuliskan query sesuai kebutuhan di kolom search mesin pencari sebelum akhirnya dapat menemukan dan berkunjung ke situs Anda. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa ketika mengetikkan query, para pengguna sudah memiliki motivasi yang kuat atau sedang berada dalam posisi mencari tahu lebih lanjut, bahkan siap melakukan pembelian.


Di situlah keunggulan menjanjikan dari implementasi SEM. Metode ini menawarkan peluang kepada marketer atau pemilik bisnis untuk menghadirkan iklan mereka langsung di depan para pengguna yang memang memiliki ketertarikan sebelumnya, bahkan yang memang sudah siap melakukan pembelian.


Selain itu, dalam penerapan SEM, pengiklan hanya membayar impressions yang menghasilkan pengunjung. Sistem yang akan membantu bisnis mengelola budget dengan lebih efisien. Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung yang terus datang secara bertahap ke website pun akan membantu meningkatkan ranking situs web di hasil pencarian organik nantinya.


Keunggulan SEM

Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu lebih panjang untuk menunjukkan hasil, SEM bisa membantu marketer untuk menyasar target yang spesifik dan bisa disesuaikan dalam waktu yang relatif singkat. Meski demikian, tetap perlu diingat bahwa keberhasilan SEO ataupun SEM dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut telah kami rangkum beberapa keunggulan SEM sebagai bahan pertimbangan Anda:


Dapat diukur

SEM memungkinkan Anda melakukan pengukuran terhadap keberhasilan eksekusi. Anda bisa melakukan analisis campaign mendalam sehingga bisa mengoptimalkan keyword, konten, dan biaya yang dikeluarkan. Google Ads memberi Anda akses ke data mendalam tentang performa iklan seperti impressions, clicks, Click-Through-Rate (CTR), kata kunci terbaik, dll. Anda dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu Anda optimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

 

Mudah dikelola

SEM dapat dibuat dan dikelola dengan mudah. Anda juga bisa melakukan pelacakan secara real-time. Google Ads memungkinkan Anda menyiapkan jadwal untuk setiap kampanye seperti menjalankan dan menghentikan iklan kapan saja Anda mau. Juga mudah untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja kampanye Anda. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak traffic dalam waktu singkat.


Pay-per-click

Anda hanya akan membayar jika mendapatkan hasil atau ketika pengguna melakukan tindakan seperti mengklik iklan. Sistem ini tentu menguntungkan karena selain bisa mendapatkan eksposur gratis (jika memang tidak diklik), Anda jadi lebih mudah mengontrol budget serta menetapkan biaya per klik maksimumnya.


Segmentasi sesuai

Layaknya layanan iklan, SEM membantu Anda untuk menyasar audiens yang lebih spesifik. Dengan berfokus pada kata kunci, Anda akan menjangkau publik yang secara aktif tertarik pada Anda. Anda juga dapat memfilternya berdasarkan faktor lain seperti lokasi, bahasa, atau perilaku. SEM adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan tertentu berdasarkan niat pencarian mereka.


Baca juga: Panduan Memahami Apa Itu Growth Hacking


Peran SEM Bagi Perkembangan Bisnis

Setelah mengetahui apa itu SEM dan apa saja keunggulannya sebagai strategi digital marketing, sekarang Anda pasti lebih mudah mendapatkan gambaran terkait bagaimana perannya untuk perkembangan bisnis.


Meningkatkan brand awareness

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SEM akan membantu konten Anda berada langsung di bagian atas di halaman hasil pencarian. Dengan begitu, tentu brand awareness akan meningkat karena para pengguna bisa langsung menemukan bisnis atau situs web Anda saat melakukan pencarian.

Mendatangkan traffic berkualitas 

Karena biasanya orang sudah memiliki motivasi atau tujuan saat melakukan pencarian internet dan ketika melakukan kunjungan website, maka SEM dapat membantu bisnis mendatangkan traffic berkualitas dalam waktu yang relatif cepat. Berkualitas di sini berarti adalah mereka yang berpotensi tinggi untuk menjadi lead dan bahkan pelanggan. 


Menghasilkan konversi 

Melalui traffic yang berkualitas tadi, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa menghasilkan konversi. Selain itu, Google Ads  sendiri juga menawarkan banyak cara untuk mengukur konversi dan dengan demikian memastikan bahwa iklan Anda benar-benar efektif. 


Baca juga: Benarkah Conversion Ads Lebih Efektif Daripada Awareness Ads?


Mendapatkan data konsumen

Peran penting lain dari SEM adalah cara ini akan membantu Anda mendapatkan data demografi konsumen secara gratis. Data tersebut dapat sangat bermanfaat sebagai acuan dalam melakukan analisis dan optimasi iklan di masa mendatang.


Kesimpulan

Search engine marketing (SEM) adalah bagian dari strategi digital marketing yang layak untuk Anda pertimbangkan agar bisnis berkembang dan bersaing. Meski metode ini membutuhkan biaya, Anda tetap bisa menyesuaikan biaya pengeluaran dengan budget yang ada.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: