Search engine marketing atau SEM adalah istilah yang biasanya dikaitkan dengan
paid search
atau
pay-per-click (PPC) seperti Google Ads. SEM adalah metode praktis yang akan membantu bisnis berkembang di tengah makin kompetitifnya persaingan. Bukan hanya harus mulai beralih online, bisnis tentu juga harus pintar mengeksekusi promosi online yang efektif. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian dan peran penting SEM untuk bisnis. Mari simak!
Sumber: https://www.dreamstime.com/
SEM (search engine marketing) adalah alternatif lain untuk mengoptimalkan website sehingga situs tampil di pencarian teratas SERPs (search engine result pages). Cara ini juga disebut PPC (pay-per-click) dan tidak seperti SEO yang organik, metode ini tentu berbayar. Campaign yang dilakukan biasanya memerlukan keyword yang komprehensif sehingga penting untuk memiliki pemahaman dan strategi ekstra dalam menerapkan cara ini. Jenis campaign bisa berupa search ads, shopping ads, display ads, dll.
Mayoritas konsumen biasanya melakukan riset online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Dalam prosesnya, para pengguna akan menuliskan query sesuai kebutuhan di kolom search mesin pencari sebelum akhirnya dapat menemukan dan berkunjung ke situs Anda. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa ketika mengetikkan query, para pengguna sudah memiliki motivasi yang kuat atau sedang berada dalam posisi mencari tahu lebih lanjut, bahkan siap melakukan pembelian.
Di situlah keunggulan menjanjikan dari implementasi SEM. Metode ini menawarkan peluang kepada marketer atau pemilik bisnis untuk menghadirkan iklan mereka langsung di depan para pengguna yang memang memiliki ketertarikan sebelumnya, bahkan yang memang sudah siap melakukan pembelian.
Selain itu, dalam penerapan SEM, pengiklan hanya membayar
impressions yang menghasilkan pengunjung. Sistem yang akan membantu bisnis mengelola budget dengan lebih efisien. Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung yang terus datang secara bertahap ke website pun akan membantu meningkatkan ranking situs web di hasil pencarian organik nantinya.
Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu lebih panjang untuk menunjukkan hasil, SEM bisa membantu marketer untuk menyasar target yang spesifik dan bisa disesuaikan dalam waktu yang relatif singkat. Meski demikian, tetap perlu diingat bahwa keberhasilan SEO ataupun SEM dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut telah kami rangkum beberapa keunggulan SEM sebagai bahan pertimbangan Anda:
Dapat diukur
SEM memungkinkan Anda melakukan pengukuran terhadap keberhasilan eksekusi. Anda bisa melakukan analisis campaign mendalam sehingga bisa mengoptimalkan keyword, konten, dan biaya yang dikeluarkan. Google Ads memberi Anda akses ke data mendalam tentang performa iklan seperti impressions, clicks, Click-Through-Rate (CTR), kata kunci terbaik, dll. Anda dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu Anda optimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.
Mudah dikelola
SEM dapat dibuat dan dikelola dengan mudah. Anda juga bisa melakukan pelacakan secara real-time. Google Ads memungkinkan Anda menyiapkan jadwal untuk setiap kampanye seperti menjalankan dan menghentikan iklan kapan saja Anda mau. Juga mudah untuk menyiapkan anggaran dan menentukan kecepatan kinerja kampanye Anda. Ini dapat membantu Anda mengoptimalkan iklan dan mendatangkan lebih banyak traffic dalam waktu singkat.
Pay-per-click
Anda hanya akan membayar jika mendapatkan hasil atau ketika pengguna melakukan tindakan seperti mengklik iklan. Sistem ini tentu menguntungkan karena selain bisa mendapatkan eksposur gratis (jika memang tidak diklik), Anda jadi lebih mudah mengontrol budget serta menetapkan biaya per klik maksimumnya.
Segmentasi sesuai
Layaknya layanan iklan, SEM membantu Anda untuk menyasar audiens yang lebih spesifik. Dengan berfokus pada kata kunci, Anda akan menjangkau publik yang secara aktif tertarik pada Anda. Anda juga dapat memfilternya berdasarkan faktor lain seperti lokasi, bahasa, atau perilaku. SEM adalah cara yang efektif bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan tertentu berdasarkan niat pencarian mereka.
Baca juga:
Panduan Memahami Apa Itu Growth Hacking
Setelah mengetahui apa itu SEM dan apa saja keunggulannya sebagai strategi digital marketing, sekarang Anda pasti lebih mudah mendapatkan gambaran terkait bagaimana perannya untuk perkembangan bisnis.
Meningkatkan brand awareness
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, SEM akan membantu konten Anda berada langsung di bagian atas di halaman hasil pencarian. Dengan begitu, tentu brand awareness akan meningkat karena para pengguna bisa langsung menemukan bisnis atau situs web Anda saat melakukan pencarian.
Mendatangkan traffic berkualitas
Karena biasanya orang sudah memiliki motivasi atau tujuan saat melakukan pencarian internet dan ketika melakukan kunjungan website, maka SEM dapat membantu bisnis mendatangkan traffic berkualitas dalam waktu yang relatif cepat. Berkualitas di sini berarti adalah mereka yang berpotensi tinggi untuk menjadi lead dan bahkan pelanggan.
Menghasilkan konversi
Melalui traffic yang berkualitas tadi, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa menghasilkan konversi. Selain itu, Google Ads sendiri juga menawarkan banyak cara untuk mengukur konversi dan dengan demikian memastikan bahwa iklan Anda benar-benar efektif.
Baca juga:
Benarkah Conversion Ads Lebih Efektif Daripada Awareness Ads?
Mendapatkan data konsumen
Peran penting lain dari SEM adalah cara ini akan membantu Anda mendapatkan data demografi konsumen secara gratis. Data tersebut dapat sangat bermanfaat sebagai acuan dalam melakukan analisis dan optimasi iklan di masa mendatang.
Search engine marketing (SEM) adalah bagian dari strategi digital marketing yang layak untuk Anda pertimbangkan agar bisnis berkembang dan bersaing. Meski metode ini membutuhkan biaya, Anda tetap bisa menyesuaikan biaya pengeluaran dengan budget yang ada.
All Rights Reserved | Frontier Digital