Blog Layout

Branded Content: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Frontier Digital • June 20, 2022

Branded content adalah alternatif cara untuk memenangkan hati audiens. Strategi ini layak dicoba karena akan membantu brand untuk menjadi “beda" dari para kompetitor, sekaligus untuk menarik engagement yang tinggi. Di tengah pasar yang kompetitif dan noisy, penting bagi brand menggunakan strategi yang lebih kreatif dari iklan konvensional agar target audiens tertarik.


Istilah branded content mungkin terdengar baru sehingga masih belum jelas definisi, manfaat, dan contoh implementasinya bagi sebagian orang. Terutama jika disandingkan dengan istilah yang lebih populer seperti content marketing. Oleh karena itu, mari simak lebih lanjut untuk memahami branded content secara menyeluruh.

Sumber: Freepik

Apa Itu Branded Content?


Branded content adalah konten yang dibuat fokus untuk menonjolkan value brand secara keseluruhan. Ini adalah bagian dari teknik marketing yang mengarah langsung ke brand. Berbeda dengan iklan biasa yang menyorot produk, branded content menampilkan lebih dari itu. Meski di dalamnya juga akan memunculkan produk, strategi ini tetap akan dominan pada unsur yang tidak tidak terlihat dari sebuah brand (intangible).


Cara ini juga mengedepankan brand experience. Itulah mengapa metode storytelling sangat berperan penting. Konten harus memuat cerita yang menarik dan relevan untuk audiens, bahkan harus bisa memainkan emosi mereka. Tujuan yang hendak dicapai di sini bukanlah serta-merta penjualan atau traffic seperti tipe konten lain, tapi soal bagaimana konten bisa berdampak dan berkesan di mata audiens dalam jangka panjang. Ini termasuk bagaimana brand disebut dan dibicarakan, hingga jalinan interaksi yang terbentuk.


Intinya, branded content akan membantu menambah nilai pemahaman audiens tentang produk, layanan, dan brand secara keseluruhan.


Branded Content vs. Content Marketing

Secara sederhana, branded content fokus menonjolkan value dari sebuah brand. Sedangkan content marketing dibuat lebih untuk audiens. Berikut beberapa perbedaan lain dari keduanya supaya Anda makin paham:

Branded Content Content Marketing
Bagian dari teknik atau strategi marketing Payung besar dari berbagai teknik atau strategi marketing
Tidak fokus ke produk atau service Fokus pada produk atau service
Tidak dalam jumlah banyak karena dibuat original dan unik Bisa dalam jumlah banyak dan beragam
Sangat bergantung pada storytelling dan menyasar emosi audiens Bisa eksplisit, pasif, dan tidak selalu storytelling
Lebih cepat menaikkan interaksi dan pengikut yang loyal yang signifikan Membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan interaksi dan pengikut loyal yang signifikan

Keunggulan branded content terletak pada cerita yang bisa langsung menarik perhatian audiens, menggugah emosi mereka sehingga merasa memiliki keterikatan dengan brand. Hal tersebut yang membuat mereka "jatuh cinta" sehingga bisa berpotensi menjadi pengikut yang setia. Tidak hanya itu, karena kemasannya dibuat share-able, tipe konten ini juga berpeluang viral. Brand berkesempatan dalam menciptakan snowball effect yang akan meningkatkan brand awareness secara instan. Reaksi yang positif tersebut tentu akan membantu brand mendapatkan posisi yang unggul atau bahkan top of mind dibandingkan dengan para kompetitor.


Baca juga:
Content Marketing, Definisi, Manfaat & Cara Melakukannya


Karakteristik Branded Content

Setelah mengetahui definisi, tujuan, dan perbedaannya dengan content marketing, Anda mungkin mulai mempertimbangkan cara ini untuk mengembangkan bisnis. Ini saatnya Anda mengenali apa saja karakteristik atau ciri-ciri dari branded content.


Menjual ide atau nilai

Berbeda dengan iklan konvensional atau tipe content marketing lain, sorotan utama dalam teknik ini adalah ide atau nilai yang berharga dari sebuah brand untuk target audiens. Jadi, lebih dari sekadar fitur dan manfaat sebuah produk atau layanan.


Melibatkan emosi

Bukan tindakan yang didorong oleh CTA seperti tipe konten lainnya, teknik ini mengharapkan reaksi emosional dari target audiens. Hal tersebut bisa diwujudkan melalui storytelling yang unik dan menarik, yang dilengkapi dengan kata-kata menyentuh dan persuasif.


Disajikan dalam berbagai format dan channel

Branded content biasanya disajikan dalam format yang fleksibel. Konten jadi lebih mudah diadaptasi untuk berbagai kebutuhan brand, sekaligus memudahkan target audiens untuk melakukan sharing.

Sumber: https://vamp-brands.com/

Berbagai brand besar sudah mulai mengimplementasikan cara ini dan berhasil. Misalnya, Dove. Dove adalah perusahaan yang menjual produk kecantikan. Dove membuat banyak video branded content untuk memberdayakan kecantikan wanita. Contoh yang bagus adalah 'Real Beauty Sketches' yang menjual konsep kecantikan sejati untuk semua wanita, memberdayakan semua wanita untuk merasa cantik dengan segala kelebihan dan ketidaksempurnaan mereka.


Selain itu, ada juga Coca Cola dengan nama-nama di kemasannya. Itu adalah ide sederhana yang membuat orang mencoba menemukan nama tertentu dan kemudian membagikannya di media sosial. Jika tidak dapat menemukan nama Anda, tersedia layanan untuk mencetak dan menempelkan hampir semua nama yang Anda inginkan.


Baca juga:
7 Tren Social Media Marketing Untuk Bisnis


Manfaat Branded Content

Branded content disebut akan semakin populer, mengingat audiens yang juga semakin pintar dalam memilih dan berinteraksi di internet. Saat ini, pengguna sudah malas dengan iklan yang muncul di mana-mana dan tergolong mengganggu. Bahkan, tidak sedikit pula yang akhirnya aktif menggunakan pemblokir iklan.


Untuk mengatasi hal ini, brand perlu mencari cara baru untuk melakukan promosi dan menarik perhatian target audiens. Branded content adalah solusi kreatif untuk masalah tersebut. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan brand jika mengimplementasikan cara ini?


  • Berdampak positif untuk jangka panjang
  • Meningkatkan awareness dan engagement secara instan
  • Memperkuat posisi brand di market
  • Menghadirkan koneksi emosi sehingga audiens lebih setia
  • Menambah traffic dan leads berkualitas


Kesimpulan 

Branded content adalah cara yang ampuh untuk terhubung dengan audiens dan berbagi tentang value bran. Jika Anda memiliki cerita original yang unik, menarik, dan sesuai dengan value brand, maka jangan ragu dan mulailah berbagi cerita dengan target audiens Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: