Referral marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui rujukan. Selain menguntungkan, teknik ini juga dapat memberikan dampak yang positif bagi pelanggan. Ingin tahu lebih banyak mengenai referral marketing, yuk, simak penjelasannya berikut ini!
Referral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran dengan mengajak pelanggan Anda untuk merekomendasikan produk ke calon konsumen yang lain. Dengan kata lain, teknik pemasaran ini menggunakan rekomendasi dari pihak terdekat atau dari mulut ke mulut untuk dapat menarik pelanggan.
Referral marketing terbukti cukup efektif dalam menarik pelanggan karena banyak konsumen lebih percaya rekomendasi dari orang terdekat dibandingkan orang lain dan akhirnya ikut membeli produk tersebut.
Untuk dapat menggunakan teknik referral marketing ini, Anda tentu perlu meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. Sehingga, konsumen merasa puas dengan produk Anda dan kemudian merekomendasikan produk Anda kepada calon pelanggan yang lain.
Banyak perusahaan yang menggunakan teknik referral marketing ini secara manual
melalui email dan tools pemasaran lainnya. Akan tetapi, banyak juga perusahaan yang memberikan reward atau insentif kepada konsumen yang berhasil mempromosikan produk kepada calon pelanggan lainnya.
Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan teknik referral marketing dalam bisnis Anda di antaranya:
Anda dapat menerapkan referral marketing dalam bentuk giveaway. Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi konsumen Anda untuk mempromosikan produk Anda kepada calon konsumen yang lain demi mendapatkan hadiah giveaway.
Contohnya, Anda bisa memotivasi konsumen dengan memberikan produk gratis pada setiap partisipan yang bergabung dengan cara mempromosikan barang di dalam feed Instagram mereka. Melalui strategi tersebut, brand Anda akan dapat dengan mudah dikenal konsumen tanpa perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.
Strategi referral selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melalui email. Anda hanya tinggal melakukan sebuah blast email marketing kepada calon konsumen (leads) yang Anda miliki. Melalui teknik ini, Anda bisa mendapatkan jumlah leads yang banyak serta memanfaatkan leads tersebut untuk kegiatan pemasaran lainnya.
Baca juga: 7 Cara Membuat Email Marketing Yang Persuasif
Gamify referral merupakan suatu cara menerapkan referral marketing dengan mengemasnya ke dalam bentuk game atau permainan. Jadi, Anda mengajak konsumen untuk mempromosikan produk melalui game. Setiap kali konsumen Anda berhasil menyelesaikan level, mereka akan diberi reward.
Teknik ini menggunakan tantangan, skor, poin, lencana, aturan, dan peringkat untuk mendorong pelanggan dalam memberikan umpan balik yang positif untuk bisnis Anda.
Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa menerapkan strategi donation referral dalam bisnis Anda. Donation referral merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menekankan sisi pendekatan sosial untuk kepentingan kegiatan donasi.
Teknik ini akan mendorong sisi kemanusiaan konsumen untuk membeli produk Anda sambil ikut berdonasi. Selain itu, teknik ini juga dapat meningkatkan kredibilitas brand serta meningkatkan sisi kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Misalnya, dengan mengajak konsumen untuk menukarkan bungkus produk kemasan Anda menjadi uang yang akan didonasikan kepada yang lebih membutuhkan.
Seperti halnya strategi marketing lain, menerapkan referral marketing untuk bisnis pun tidak bisa sembarangan. Simak beberapa tips untuk menerapkan referral marketing berikut ini!
Seperti pengertiannya, referral marketing merupakan strategi marketing yang mengandalkan pelanggan untuk mengajak pelanggan baru menggunakan layanan bisnis Anda. Karena itulah referral marketing berpusat pada kekuatan pelanggan.
Untuk menghargai pelanggan yang telah merekomendasikan layanan bisnis Anda kepada pelanggan yang lain, Anda bisa mulai menerapkan pemberian insentif. Insentif yang Anda berikan tidak melulu harus berupa uang. Anda bisa memberikan potongan harga spesial, kode promo spesial, atau layanan spesial lain untuk pelanggan yang menerapkan referral marketing untuk bisnis Anda.
Tips selanjutnya untuk menerapkan referral marketing Anda adalah dengan membuat pengalaman produk yang dapat dibagikan. Anda bisa membuat pengalaman membuka produk yang menyenangkan untuk pelanggan Anda.
Pengalaman produk tersebut bisa Anda buat di packaging atau isi produk yang menarik sehingga pelanggan Anda akan tertarik untuk membagikannya ke media sosial. Langkah tersebut bisa membantu mendapatkan referral marketing secara cuma-cuma.
Program referral yang Anda buat tidak akan langsung mendatangkan keuntungan jika Anda biarkan begitu saja. Anda perlu mempromosikan program referral bisnis Anda agar makin banyak pelanggan tahu mengenai program yang Anda buat.
Cara mempromosikan program referral Anda pun beragam, Anda bisa membuatnya di halaman website bisnis Anda,
sosial media bisnis Anda, atau memanfaatkan fitur ads Google untuk mempromosikan artikel atau konten mengenai program referral Anda.
Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan program referral Anda dengan berkolaborasi bersama influencer atau brand ambassador bisnis Anda sehingga akan lebih banyak target pasar yang tercapai dan tahu adanya program referral yang Anda buat.
Jika Anda ingin membuat program referral untuk bisnis Anda, pastikan untuk membuatnya secara sederhana. Program yangs sederhana akan lebih banyak menarik pelanggan untuk mengikutinya karena minimnya syarat yang harus mereka penuhi.
Baca juga:
6 Alternatif Social Media Platform Potensial
Jika Anda masih bingung untuk menerapkan referral marketing untuk bisnis Anda, simak beberapa contoh yang mungkin bisa menjadi inspirasi referral marketing Anda berikut ini:
Traveloka sebagai salah satu perusahaan traveling terbesar di Indonesia pernah membuat program referral bernama epic referral. Dalam program ini, mereka mengajak pelanggan untuk membagikan link referral untuk menikmati bonus yang mereka tawarkan.
Contoh lainnya adalah dari aplikasi investasi, yaitu Bibit. Bibit membuat program referral menggunakan kode referral yang bisa dibuat siapa saja. Dengan mengajak pengguna baru menggunakan program referral tersebut, pelanggan bisa mendapatkan saldo cashback sebesar Rp 25.000.
Contoh terakhir datang dari platform pembelajaran, Skill Academy, yang membuat program referral dengan konsep lomba, di mana akan ada top 5 pengguna dengan referral code paling banyak digunakan. Jika masuk 5 besar, para pengguna tersebut akan mendapatkan hadiah.
Demikianlah penjelasan tentang referral marketing, lengkap dengan tips dan contoh-contoh yang relevan. Dengan penggunaan yang tepat, referral marketing dapat menjadi sebuah tools yang ampuh untuk membantu strategi marketing Anda secara keseluruhan.
Ingin mendapatkan insight dan rekomendasi tentang strategi marketing? Jangan ragu untuk menghubungi Frontier Digital!
All Rights Reserved | Frontier Digital