Blog Layout

Cari Tahu Soal Referral Marketing, Cara, Tips, dan Contohnya

Frontier Digital • Jun 24, 2022

Referral marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui rujukan. Selain menguntungkan, teknik ini juga dapat memberikan dampak yang positif bagi pelanggan. Ingin tahu lebih banyak mengenai referral marketing, yuk, simak penjelasannya berikut ini!


Pengertian Referral Marketing


Referral marketing merupakan sebuah strategi pemasaran dengan mengajak pelanggan Anda untuk merekomendasikan produk ke calon konsumen yang lain. Dengan kata lain, teknik pemasaran ini menggunakan rekomendasi dari pihak terdekat atau dari mulut ke mulut untuk dapat menarik pelanggan.


Referral marketing terbukti cukup efektif dalam menarik pelanggan karena banyak konsumen lebih percaya rekomendasi dari orang terdekat dibandingkan orang lain dan akhirnya ikut membeli produk tersebut.


Untuk dapat menggunakan teknik referral marketing ini, Anda tentu perlu meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. Sehingga, konsumen merasa puas dengan produk Anda dan kemudian merekomendasikan produk Anda kepada calon pelanggan yang lain.


Banyak perusahaan yang menggunakan teknik referral marketing ini secara manual
melalui email dan tools pemasaran lainnya. Akan tetapi, banyak juga perusahaan yang memberikan reward atau insentif kepada konsumen yang berhasil mempromosikan produk kepada calon pelanggan lainnya.

Cara Menerapkan Referral Marketing

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan teknik referral marketing dalam bisnis Anda di antaranya:


Menggelar Giveaway

Anda dapat menerapkan referral marketing dalam bentuk giveaway. Hal ini berguna untuk meningkatkan motivasi konsumen Anda untuk mempromosikan produk Anda kepada calon konsumen yang lain demi mendapatkan hadiah giveaway.


Contohnya, Anda bisa memotivasi konsumen dengan memberikan produk gratis pada setiap partisipan yang bergabung dengan cara mempromosikan barang di dalam feed Instagram mereka. Melalui strategi tersebut, brand Anda akan dapat dengan mudah dikenal konsumen tanpa perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.


Melalui Email

Strategi referral selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melalui email. Anda hanya tinggal melakukan sebuah blast email marketing kepada calon konsumen (leads) yang Anda miliki. Melalui teknik ini, Anda bisa mendapatkan jumlah leads yang banyak serta memanfaatkan leads tersebut untuk kegiatan pemasaran lainnya.


Baca juga: 7 Cara Membuat Email Marketing Yang Persuasif


Mengelar Gamify Referral

Gamify referral merupakan suatu cara menerapkan referral marketing dengan mengemasnya ke dalam bentuk game atau permainan. Jadi, Anda mengajak konsumen untuk mempromosikan produk melalui game. Setiap kali konsumen Anda berhasil menyelesaikan level, mereka akan diberi reward.


Teknik ini menggunakan tantangan, skor, poin, lencana, aturan, dan peringkat untuk mendorong pelanggan dalam memberikan umpan balik yang positif untuk bisnis Anda.


Menggelar Donation Referral

Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa menerapkan strategi donation referral dalam bisnis Anda. Donation referral merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menekankan sisi pendekatan sosial untuk kepentingan kegiatan donasi.


Teknik ini akan mendorong sisi kemanusiaan konsumen untuk membeli produk Anda sambil ikut berdonasi. Selain itu, teknik ini juga dapat meningkatkan kredibilitas brand serta meningkatkan sisi kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama. Misalnya, dengan mengajak konsumen untuk menukarkan bungkus produk kemasan Anda menjadi uang yang akan didonasikan kepada yang lebih membutuhkan.

Tips Menerapkan Referral Marketing

Seperti halnya strategi marketing lain, menerapkan referral marketing untuk bisnis pun tidak bisa sembarangan. Simak beberapa tips untuk menerapkan referral marketing berikut ini!


Terapkan Pemberian Insentif

Seperti pengertiannya, referral marketing merupakan strategi marketing yang mengandalkan pelanggan untuk mengajak pelanggan baru menggunakan layanan bisnis Anda. Karena itulah referral marketing berpusat pada kekuatan pelanggan.


Untuk menghargai pelanggan yang telah merekomendasikan layanan bisnis Anda kepada pelanggan yang lain, Anda bisa mulai menerapkan pemberian insentif. Insentif yang Anda berikan tidak melulu harus berupa uang. Anda bisa memberikan potongan harga spesial, kode promo spesial, atau layanan spesial lain untuk pelanggan yang menerapkan referral marketing untuk bisnis Anda.


Buat Pengalaman Produk yang Dapat Dibagikan

Tips selanjutnya untuk menerapkan referral marketing Anda adalah dengan membuat pengalaman produk yang dapat dibagikan. Anda bisa membuat pengalaman membuka produk yang menyenangkan untuk pelanggan Anda.


Pengalaman produk tersebut bisa Anda buat di packaging atau isi produk yang menarik sehingga pelanggan Anda akan tertarik untuk membagikannya ke media sosial. Langkah tersebut bisa membantu mendapatkan referral marketing secara cuma-cuma.


Promosikan Program Referral

Program referral yang Anda buat tidak akan langsung mendatangkan keuntungan jika Anda biarkan begitu saja. Anda perlu mempromosikan program referral bisnis Anda agar makin banyak pelanggan tahu mengenai program yang Anda buat.


Cara mempromosikan program referral Anda pun beragam, Anda bisa membuatnya di halaman website bisnis Anda,
sosial media bisnis Anda, atau memanfaatkan fitur ads Google untuk mempromosikan artikel atau konten mengenai program referral Anda.


Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan program referral Anda dengan berkolaborasi bersama influencer atau brand ambassador bisnis Anda sehingga akan lebih banyak target pasar yang tercapai dan tahu adanya program referral yang Anda buat.


Buat Program yang Sederhana

Jika Anda ingin membuat program referral untuk bisnis Anda, pastikan untuk membuatnya secara sederhana. Program yangs sederhana akan lebih banyak menarik pelanggan untuk mengikutinya karena minimnya syarat yang harus mereka penuhi.


Baca juga: 6 Alternatif Social Media Platform Potensial

Contoh Referral Marketing

Jika Anda masih bingung untuk menerapkan referral marketing untuk bisnis Anda, simak beberapa contoh yang mungkin bisa menjadi inspirasi referral marketing Anda berikut ini:


Traveloka Epic Referral

Traveloka sebagai salah satu perusahaan traveling terbesar di Indonesia pernah membuat program referral bernama epic referral. Dalam program ini, mereka mengajak pelanggan untuk membagikan link referral untuk menikmati bonus yang mereka tawarkan.


Program Referral Bibit

Contoh lainnya adalah dari aplikasi investasi, yaitu Bibit. Bibit membuat program referral menggunakan kode referral yang bisa dibuat siapa saja. Dengan mengajak pengguna baru menggunakan program referral tersebut, pelanggan bisa mendapatkan saldo cashback sebesar Rp 25.000.


Program Referral Skill Academy

Contoh terakhir datang dari platform pembelajaran, Skill Academy, yang membuat program referral dengan konsep lomba, di mana akan ada top 5 pengguna dengan referral code paling banyak digunakan. Jika masuk 5 besar, para pengguna tersebut akan mendapatkan hadiah.

Demikianlah penjelasan tentang referral marketing, lengkap dengan tips dan contoh-contoh yang relevan. Dengan penggunaan yang tepat, referral marketing dapat menjadi sebuah tools yang ampuh untuk membantu strategi marketing Anda secara keseluruhan.


Ingin mendapatkan insight dan rekomendasi tentang strategi marketing? Jangan ragu untuk menghubungi Frontier Digital!

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: