Sebagai salah satu media sosial populer yang kini digunakan banyak orang, tidak banyak yang tahu bahwa bisnis atau brand dapat melakukan optimasi SEO di Instagram.
Instagram memiliki setidaknya satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dikutip dari Oberlo, 80% akun di Instagram mengikuti (follow) akun bisnis. Dengan demikian, semakin besar kesempatan untuk meningkatkan visibilitas online dan mengembangkan bisnis melalui platform ini. Inilah mengapa penting untuk melakukan optimasi dan menyempurnakan performa Instagram brand.
Sumber: Freepik
Memiliki jumlah pengguna aktif yang melimpah, Instagram adalah media sosial yang mudah diakses dan digunakan. Berikut beberapa data statistik lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:
Selain itu, dua per tiga kunjungan profil (profile visit) ke akun bisnis berasal dari mereka yang tidak mengikuti bisnis tersebut. Optimasi yang tepat tentu akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan meningkatkan brand awareness. Konten bisnis Anda di Instagram dapat secara efektif membantu Anda menarik calon pelanggan.
Baca juga:
7 Langkah Mudah Membuat Social Media Strategy
Data statistik di atas menunjukkan betapa pentingnya untuk bisa ditemukan di Instagram. Lebih banyak eksposur yang bisnis Anda dapatkan, maka semakin baik. Namun, tentu cara kerja optimasi SEO Instagram berbeda dengan optimasi mesin pencari. Kali ini kami telah merangkum berbagai upaya praktis yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan Instagram.
1. Pastikan sudah profil bisnis
Agar lebih mudah dikenal publik luas, Anda perlu mengatur dan memastikan bahwa akun Instagram brand Anda sudah beralih ke business account. Optimalkan setiap elemen agar tampilan makin profesional layaknya bisnis yang dapat dipercaya. Dengan akun bisnis, Anda bisa menikmati berbagai fitur ekstra seperti wawasan tentang audiens (demografi, follower growth, dll). Anda juga bisa mengaplikasikan pendukung bisnis seperti Instagram Ads, Instagram shipping, dll.
2. Gunakan nama yang mudah ditemukan
Di tengah jumlah pengguna Instagram yang banyak, tentu Anda harus memiliki strategi agar mudah ditemukan. Salah satu yang paling dasar adalah pemilihan username dan display name. Nama haruslah selaras dengan brand, tapi tetap sederhana serta mudah dikenali dan diingat. Gunakan username dan display name yang menggambarkan bisnis atau mengandung keyword yang berkaitan dengan produk dan layanan. Dengan demikian, akun Anda bisa muncul di bagian atas pencarian ketika seseorang mengetikkan keyword tersebut.
3. Memaksimalkan bio
Tidak hanya pada username dan display name, bio adalah tempat yang juga sangat cocok untuk menanamkan keyword agar akun Anda muncul dalam hasil pencarian teratas yang relevan. Anda bisa memasukkan kata kunci sekunder untuk menjelaskan bisnis secara lebih detail. Tips agar bio maksimal:
4. Tambahkan alt. text
Instagram memiliki fitur yang membantu Anda mendeskripsikan gambar dengan lebih detail. Menambahkan bagian ini pada konten akan membantu algoritma memahami gambar atau foto apa yang yang Anda sajikan dengan lebih mudah sehingga mendukung SEO Instagram. Fitur alt. text ini awalnya ditujukan untuk membantu pengguna tunanetra untuk memahami konten visual Instagram.
Meskipun Instagram secara otomatis menghasilkan teks alternatif untuk gambar Anda, pastikan Anda mengedit bagian ini untuk membuatnya lebih deskriptif karena daftar yang dibuat secara otomatis mungkin tidak cukup detail. Cara mengaturnya adalah dengan mengklik "Advanced Setting" sebelum berbagi foto, lalu temukan kolom "Tulis alt. text Anda" dan cobalah mengeditnya.
5. Tulis caption deskriptif
Caption adalah cara lain bagi pengguna untuk menemukan konten Anda. Oleh karena itu, gunakan caption yang tidak hanya menarik dan relevan, namun juga benar-benar bisa menggambarkan isi konten. Gunakan yang deskriptif. Di dalamnya, Anda bisa memasukkan kata kunci turunan yang disiapkan untuk optimasi SEO Instagram sehingga peluang konten tersebut ditemukan dan menduduki peringkat atas dalam hasil pencarian menjadi lebih tinggi.
Baca juga:
7 Tren Social Media Marketing Untuk Panduan Bisnis
6. Masukkan hashtag dan location
Saat menulis caption, jangan pernah lupa untuk menambahkan hashtag. Konten Anda bisa muncul di hasil pencarian melalui hashtag yang relevan tersebut. Inimemungkinkan pengguna dengan minat yang sama untuk menemukan posting Anda dengan lebih mudah. Saat menambahkan hashtag, penting untuk memperhatikan hashtag umum yang ramai digunakan dan hashtag khusus atau lebih spesifik menggambarkan konten Anda. Campurkan keduanya, gunakan di bawah 30 hashtag. Di dalam postingan, Anda juga bisa menambahkan tag location untuk tujuan yang sama.
7. Hindari black hat SEO
Mendapatkan hasil yang Anda inginkan tentu butuh waktu, apalagi jika melalui cara organik. Cara cepat yang curang bukanlah solusi, justru akan menjadi boomerang dan menurunkan performa optimasi SEO Instagram. Mungkin memang tampak hasilnya di awal, namun hasil tersebut tidak akan bisa bertahan lama apalagi berkembang. Instagram sendiri sudah secara tegas memperingati pengguna terkait hal ini. Pembelian follower, spamming, penggunaan bot untuk likes, dan sebagainya berpotensi membuat akun Instagram milikmu di-banned.
8. Perhatikan Analitik dan Evaluasi
Dalam setiap upaya optimasi, perlu adanya evaluasi untuk mengukur hasil dan melihat apa lagi yang bisa dikembangkan. Begitu pula ketika memaksimalkan Instagram. Anda bisa melakukan pengecekan berkala dengan data-data yang bisa diperoleh gratis di bagian Insight. Ragam data tersebut menunjukkan kualitas konten dan performa Instagram Anda secara garis besar, seperti jangkauan, interaksi, dan kunjungan profil. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pengembangan bisnis.
Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi SEO Instagram. Sebagai platform sosial, Instagram adalah jalur yang mudah untuk mendukung keseluruhan
online presence
bisnis. Intinya, maksimalkan berbagai cara, hindari hal-hal yang termasuk melanggar aturan komunitas Instagram.
All Rights Reserved | Frontier Digital