Blog Layout

Optimasi SEO Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Frontier Digital • July 1, 2022

Sebagai salah satu media sosial populer yang kini digunakan banyak orang, tidak banyak yang tahu bahwa bisnis atau brand dapat melakukan optimasi SEO di Instagram.


Instagram memiliki setidaknya satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dikutip dari Oberlo, 80% akun di Instagram mengikuti (follow) akun bisnis. Dengan demikian, semakin besar kesempatan untuk meningkatkan visibilitas online dan mengembangkan bisnis melalui platform ini. Inilah mengapa penting untuk melakukan optimasi dan menyempurnakan performa Instagram brand.

Sumber: Freepik

Kenapa Optimasi Instagram?


Memiliki jumlah pengguna aktif yang melimpah, Instagram adalah media sosial yang mudah diakses dan digunakan. Berikut beberapa data statistik lainnya yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda:


  • Dua pertiga dari total basis pengguna Instagram berusia 34 tahun atau lebih muda. Hal ini penting dengan meningkatnya daya beli kelompok usia ini.
  • Orang menghabiskan sekitar 53 menit per hari di Instagram. Sebuah peluang bagi Anda untuk menarik prospek di platform.
  • 83% orang menggunakan Instagram untuk menemukan produk atau layanan baru.
  • Menurut Facebook IQ, setelah melihat produk atau layanan di Instagram, 79% orang mencari informasi lebih lanjut sementara 65% mengunjungi situs web atau aplikasi merek tersebut. 46% bahkan melakukan pembelian (baik online atau offline) dan 31% mengikuti akun brand
  • 90% orang di Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis
  • 50% orang lebih tertarik pada suatu brand ketika mereka melihat iklannya di Instagram
  • 67% pengguna yang disurvei melakukan 'swipe up' ke link Stories milik brand
  • 130 juta akun Instagram mengeklik pos belanja untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk setiap bulannya. (Source


Selain itu, dua per tiga kunjungan profil (
profile visit) ke akun bisnis berasal dari mereka yang tidak mengikuti bisnis tersebut. Optimasi yang tepat tentu akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan meningkatkan brand awareness. Konten bisnis Anda di Instagram dapat secara efektif membantu Anda menarik calon pelanggan.


Baca juga:
7 Langkah Mudah Membuat Social Media Strategy


Optimasi SEO di Instagram


Data statistik di atas menunjukkan betapa pentingnya untuk bisa ditemukan di Instagram. Lebih banyak eksposur yang bisnis Anda dapatkan, maka semakin baik. Namun, tentu cara kerja optimasi SEO Instagram berbeda dengan optimasi mesin pencari. Kali ini kami telah merangkum berbagai upaya praktis yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan Instagram.


1. Pastikan sudah profil bisnis

Agar lebih mudah dikenal publik luas, Anda perlu mengatur dan memastikan bahwa akun Instagram brand Anda sudah beralih ke business account. Optimalkan setiap elemen agar tampilan makin profesional layaknya bisnis yang dapat dipercaya. Dengan akun bisnis, Anda bisa menikmati berbagai fitur ekstra seperti wawasan tentang audiens (demografi, follower growth, dll). Anda juga bisa mengaplikasikan pendukung bisnis seperti Instagram Ads, Instagram shipping, dll.


2. Gunakan nama yang mudah ditemukan

Di tengah jumlah pengguna Instagram yang banyak, tentu Anda harus memiliki strategi agar mudah ditemukan. Salah satu yang paling dasar adalah pemilihan username dan display name. Nama haruslah selaras dengan brand, tapi tetap sederhana serta mudah dikenali dan diingat. Gunakan username dan display name yang menggambarkan bisnis atau mengandung keyword yang berkaitan dengan produk dan layanan. Dengan demikian, akun Anda bisa muncul di bagian atas pencarian ketika seseorang mengetikkan keyword tersebut.


3. Memaksimalkan bio

Tidak hanya pada username dan display name, bio adalah tempat yang juga sangat cocok untuk menanamkan keyword agar akun Anda muncul dalam hasil pencarian teratas yang relevan. Anda bisa memasukkan kata kunci sekunder untuk menjelaskan bisnis secara lebih detail. Tips agar bio maksimal:

  • Kalimat singkat dan padat yang menjelaskan brand serta key benefit.
  • Tambahkan call to action sebagai penutup untuk mengajak orang mengetahui lebih lanjut


4. Tambahkan alt. text 

Instagram memiliki fitur yang membantu Anda mendeskripsikan gambar dengan lebih detail. Menambahkan bagian ini pada konten akan membantu algoritma memahami gambar atau foto apa yang yang Anda sajikan dengan lebih mudah sehingga mendukung SEO Instagram. Fitur alt. text ini awalnya ditujukan untuk membantu pengguna tunanetra untuk memahami konten visual Instagram.


Meskipun Instagram secara otomatis menghasilkan teks alternatif untuk gambar Anda, pastikan Anda mengedit bagian ini untuk membuatnya lebih deskriptif karena daftar yang dibuat secara otomatis mungkin tidak cukup detail. Cara mengaturnya adalah dengan mengklik "Advanced Setting" sebelum berbagi foto, lalu temukan kolom "Tulis alt. text Anda" dan cobalah mengeditnya.


5. Tulis caption deskriptif

Caption adalah cara lain bagi pengguna untuk menemukan konten Anda. Oleh karena itu, gunakan caption yang tidak hanya menarik dan relevan, namun juga benar-benar bisa menggambarkan isi konten. Gunakan yang deskriptif. Di dalamnya, Anda bisa memasukkan kata kunci turunan yang disiapkan untuk optimasi SEO Instagram sehingga peluang konten tersebut ditemukan dan menduduki peringkat atas dalam hasil pencarian menjadi lebih tinggi.


Baca juga:
7 Tren Social Media Marketing Untuk Panduan Bisnis


6. Masukkan hashtag dan location

Saat menulis caption, jangan pernah lupa untuk menambahkan hashtag. Konten Anda bisa muncul di hasil pencarian melalui hashtag yang relevan tersebut. Inimemungkinkan pengguna dengan minat yang sama untuk menemukan posting Anda dengan lebih mudah. Saat menambahkan hashtag, penting untuk memperhatikan hashtag umum yang ramai digunakan dan hashtag khusus atau lebih spesifik menggambarkan konten Anda. Campurkan keduanya, gunakan di bawah 30 hashtag. Di dalam postingan, Anda juga bisa menambahkan tag location untuk tujuan yang sama.


7. Hindari black hat SEO

Mendapatkan hasil yang Anda inginkan tentu butuh waktu, apalagi jika melalui cara organik. Cara cepat yang curang bukanlah solusi, justru akan menjadi boomerang dan menurunkan performa optimasi SEO Instagram. Mungkin memang tampak hasilnya di awal, namun hasil tersebut tidak akan bisa bertahan lama apalagi berkembang. Instagram sendiri sudah secara tegas memperingati pengguna terkait hal ini. Pembelian follower, spamming, penggunaan bot untuk likes, dan sebagainya berpotensi membuat akun Instagram milikmu di-banned.


8. Perhatikan Analitik dan Evaluasi

Dalam setiap upaya optimasi, perlu adanya evaluasi untuk mengukur hasil dan melihat apa lagi yang bisa dikembangkan. Begitu pula ketika memaksimalkan Instagram. Anda bisa melakukan pengecekan berkala dengan data-data yang bisa diperoleh gratis di bagian Insight. Ragam data tersebut menunjukkan kualitas konten dan performa Instagram Anda secara garis besar, seperti jangkauan, interaksi, dan kunjungan profil. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan pengembangan bisnis.


Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi SEO Instagram. Sebagai platform sosial, Instagram adalah jalur yang mudah untuk mendukung keseluruhan
online presence bisnis. Intinya, maksimalkan berbagai cara, hindari hal-hal yang termasuk melanggar aturan komunitas Instagram.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: