Beragam cara perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi bisnis, salah satunya adalah memastikan bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Selain penggunaan SEO untuk cakupan yang lebih luas, Anda juga bisa memanfaatkan
local
SEO yang menjangkau target lokal atau mereka yang berada di sekitar area bisnis Anda. Apa itu
local
SEO dan bagaimana mengoptimalkannya? Langsung simak penjelasan berikut ini.
Mengenal local SEO
Apakah Anda pernah mencari sesuatu di mesin pencari Google dengan tambahan lokasi di belakangnya seperti "Cafe Surabaya"? Pengguna biasanya akan memakai keyword spesifik untuk menemukan bisnis lokal di sekitar mereka. Dengan begitu, algoritma Google akan memberikan hasil pencarian berdasarkan area.
Local
SEO adalah metode optimasi SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal. Cara ini akan membantu bisnis masuk di halaman pertama mesin pencari sehingga pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah berdasarkan lokasi atau area terdekat. Dengan penerapan yang tepat, Anda akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website maupun peningkatan pembelian.
Sebuah riset menyebutkan bahwa
46%
pencarian Google adalah pencarian informasi lokal. Informasi dengan tipe "near me" atau "close by" juga makin meningkat selama dua tahun terakhir, yakni mencapai
900%. Ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan local SEO sebagai strategi bisnis, terutama jika tujuan Anda adalah menguasai area lokal.
Tips menerapkan local SEO Mayoritas orang akan melakukan pencarian informasi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Di sinilah peran local
SEO, yakni akan membantu calon pembeli terdekat untuk menemukan bisnis Anda. Tidak sedikit yang akhirnya mengunjungi lokasi bisnis hingga bahkan melakukan pembelian. Jadi, bagaimana caranya agar strategi ini berjalan maksimal?
1. Gunakan Google My Business
Apakah Anda sudah menggunakan Google My Business? Jika belum, segera buat akun dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun, coba cek kembali kelengkapan profil Anda. Pastikan hal-hal berikut telah dilakukan sehingga bisnis lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal:
- Mengisi nama, lokasi, nomor telepon aktif, kategori bisnis, jam operasional, foto, dan atribut atau deskripsi bisnis. Lakukan update
jika memang ada perubahan informasi.
- Mengajak pelanggan untuk memberikan review
agar bisnis Anda semakin kredibel, serta jangan lupa untuk merespons mereka.
Dengan data Google My Business yang lengkap, bisnis Anda akan lebih mudah dideteksi atau diindeks oleh Google sehingga muncul di Google Search dan Google Maps. Tampilannya seperti ini:
2. Riset keyword
Penggunaan keyword
yang tepat akan menaikkan peringkat bisnis dalam mesin pencari. Itulah mengapa penting untuk melakukan riset. Saat riset keyword, perhatikan volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, Search Engine Result Page
(SERP), dan search intent. Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner dengan target local keywords
yang lebih spesifik sehingga menyasar mereka yang lebih mungkin melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Google Trends untuk memastikan keyword
yang Anda pilih masih banyak dicari.
3. Ciptakan konten lokal
Konten lokal berkaitan erat dengan lokasi bisnis Anda. Misalnya, jika Anda sedang menjalankan bisnis hotel di Bali, Anda bisa mengeksplor konten lokal seputar Bali seperti berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, makanan khas Bali yang wajib dicoba, event yang akan atau sedang berlangsung, dan sebagainya. Cari tahu apa yang tengah menjadi tren di komunitas lokal. Kuncinya, konten yang semakin relevan akan memudahkan pengguna menemukan bisnis Anda.
4. Optimasi on-page
SEO
Tujuan optimasi on-page
SEO adalah untuk memudahkan mesin pencari melakukan proses identifikasi, serta penilaian konteks konten dan relevansi website dengan keyword. Selain judul yang menarik, maksimalkan penggunaan heading
dan subheading
pada konten. Tambahkan juga meta tags
yang meliputi title tag
dan meta description. Gunakan Google Webmaster Tools untuk melakukan analisa dan memastikan bahwa website Anda telah diindeks dengan benar oleh Google.
5. Analisa kompetitor
Menganalisa kompetitor akan membantu Anda untuk menyusun perencanaan atau strategi yang tepat sehingga bisa mengungguli mereka. Ketahui siapa saja kompetitor Anda dalam local keyword
dan citation
apa saja yang mereka gunakan, cek backlink
kompetitor dengan memasukkan URL mereka ke website analisa link, lihat berapa banyak review
yang Anda perlukan untuk memperoleh peringkat atas di mesin pencari.
6. Tingkatkan performa link
Link eksternal (backlink) yang mengarah ke website Anda itu penting. Semakin banyak jumlah link dari website lain ke website Anda, maka semakin banyak pula skor domain authority
yang Anda kumpulkan. Hal ini menunjukkan relevansi konten yang baik untuk pengguna sehingga berpotensi masuk dalam hasil pencarian teratas. Selain backlink, Anda juga harus memperhatikan link internal. Link internal ini akan membantu meningkatkan page authority, yakni ketika pengguna menghabiskan waktu lebih lama di website Anda karena mereka bisa dengan mudah pindah dari satu halaman ke halaman lain.
7. NAP yang konsisten
NAP terdiri dari nama, alamat, dan nomor telepon. Langkah sederhana untuk menampilkan profil bisnis Anda ini adalah kunci untuk pencarian lokal yang relevan. Hal ini penting dalam memenangkan algoritma Google. Jadi, terapkan NAP dengan konsisten di berbagai platform
seperti Google My Business, website, bahkan media sosial.
8. Perhatikan ulasan konsumen
Ulasan sangat berhubungan dengan
local
SEO.
87%
orang membaca
online review
saat melakukan pencarian lokal.
9 dari 10 orang
membaca ulasan
online
sebelum melakukan pembelian, dan salah satu bagian yang sering dilihat adalah
star rating. Maka dari itu, lakukan interaksi dengan mengajak pelanggan memberi ulasan serta merespons ulasan mereka. Jumlah dan keberagaman ulasan adalah dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas bisnis.
9. Pastikan website mobile-friendly
Kebanyakan pengguna internet telah menggunakan perangkat mobile. Mobile-friendly
berarti website telah dioptimasi agar adaptif untuk berbagai macam ukuran layar atau menyesuaikan perangkat mobile. Google juga lebih menyukai website tipe ini. Dengan begitu, kemungkinan website Anda diakses dan bisnis dihubungi pun menjadi lebih tinggi.
10. Melakukan audit performa
SEO adalah strategi yang berkelanjutan sehingga perlu pengecekan berkala untuk mengetahui apakah optimasi telah berjalan sesuai harapan. Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda melakukan audit performa secara komprehensif untuk benar-benar mencapai tujuan. Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda melakukan evaluasi:
- Bagaimana Google My Business Anda, apakah informasinya akurat?
- Apakah ada elemen yang kurang sehingga menghambat pengindeksan?
- Bagaimana peringkat website, apakah on-page
SEO sudah maksimal?
- Bagaimana dengan performa link Anda?
- Bagaimana posisi hasil pencarian website Anda dibandingkan kompetitor?
Kesimpulan
Local
SEO adalah metode yang tepat untuk menarik calon pelanggan lokal dengan meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Anda perlu melakukan optimasi dengan mempertimbangkan berbagai trik SEO agar bisnis Anda masuk di halaman pertama atau bahkan peringkat teratas. Terapkan 10 tips di atas untuk meningkatkan performa online
bisnis Anda.