Jika kita berbicara mengenai Millenials, Kids Jaman Now, Gen Z atau sejenisnya, pasti ada satu hal yang yang tidak bisa dihilangkan, yaitu “ketergantungan dengan internet” yang mempengaruhi munculnya strategi-strategi pemasaran dengan metodologi menggunakan Inbound Marketing.
Brand Loyalty ini tidak tercipta dengan sendiri, namun dibutuhkan upaya dan langkah konkrit dari sebuah bisnis agar brand engagement dan awareness benar-benar terwujud.
Secara umum, Inbound Marketing merupakan sebuah metodologi dalam pemasaran digital yang bertujuan untuk menggiring audience/calon pelanggan kepada produk Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari pelanggan, tapi justru calon pelanggan yang secara perlahan dan sukarela akan mendekati produk Anda hingga akhirnya menjadi pelanggan yang setia.
Bagaimana caranya? Mari kita lihat Inbound Marketing Framework dengan 4 tahap dapat diimplementasikan.
1. ATTRACT
Tahap pertama untuk menarik perhatian audience/calon pelanggan adalah dengan membuat sesuatu yang menarik. Pada tahap attract (Brand Awareness) ini dibutuhkan beberapa hal agar audience mudah menemukan bisnis/produk Anda secara Digital.
2. ENGAGE - CONVERT
Salah satu kunci keberhasilan Inbound Marketing adalah terciptanya Brand Engagement yang baik antara brand dengan calon pelanggan potensial untuk meningkatkan konversi. Langkah apa yang harus dilakukan untuk Brand dapat implementasi demi meningkatkan Engagement / hubungan yang baik sehingga mereka dapat Convert dari Visitors menjadi Leads?
Perlu diketahui, bahwa dalam stage ini mereka masih berada di tahap learning dan masih belum mengerucutkan opsi mereka. Maka dari itu buat kanal pendukung agar mereka bisa dihubungi lebih lanjut.
3. ENGAGE - CLOSE
Tahap selanjutnya adalah Brand Engagement dengan fase untuk Close Leads menjadi Customer/konsumen.
Ingat, jangan berhenti disini! Lakukan pendekatan secara terus-menerus dan bertahap sampai audience benar-benar melakukan pembelian.
4. DELIGHT
Tahap Delight ini merupakan tahap yang sangat penting. Pada tahap ini, Perusahaan harus benar-benar memastikan konsumennya mendapat kepuasan atas produk yang perusahaan berikan agar mendapatkan pelanggan yang setia atau yang dapat kita nama kan dengan fase Brand Loyalty.
Pada beberapa perusahaan besar seperti perusahaan telekomunikasi dan perbankan sudah mulai menerapkan hal ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat poling penilaian, survei kepuasan pelanggan dan menggunakan email marketing.
Jadi, bagaimana dengan perusahaan/bisnis Anda? Apakah sudah menerapkan Inbound Marketing dengan tepat dari stage Brand Awareness - Engagement sampai dengan loyalty? Jika belum, maka inilah saat yang tepat untuk mulai menjalankannya sebelum pelanggan Anda beralih ke competitor yang lain.
Ingin dapat Free-Audit dan Konsultasi dari tim Frontier Digital perihal Digital Assets anda? Langsung click
AUDIT SEKARANG.
All Rights Reserved | Frontier Digital