Blog Layout

Seberapa Besar Peran Social Media Influencer Untuk Mendorong Bisnis?

Frontier Digital • August 7, 2020

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan era digital di Indonesia semakin pesat. Sekarang adalah zaman di mana semua orang makin fasih menggunakan media digital. Sebenarnya, apa yang dimaksud era digital itu?

Era digital adalah saat di mana masyarakat Indonesia khususnya kaum muda hidup dan berkembang setiap harinya bersama dengan internet. Hal ini tentu mengubah mindset para pebisnis maupun marketer dalam melakukan promosi salah satunya dengan menggunakan strategi digital marketing.

Perubahan media sosial seiring dengan perkembangan bagaimana cara orang mengakses internet; penggunaan gadget atau smartphone yang sangat mungkin untuk diakses kapan saja dan di mana saja, memiliki arti bahwa setiap harinya orang-orang beriringan dengan promosi di media sosial yang dilakukan oleh marketer. Potensi yang muncul akan jauh lebih besar saat menargetkan dan menjangkau kaum muda melalui saluran online atau melalui internet.

Sebenarnya para pebisnis maupun marketer sudah menggunakan strategi digital marketing untuk aktivitas promosi mereka sejak lama. Pernah dengar kata Selebgram atau YouTuber? Mereka adalah dua contoh dari media yang digunakan marketer untuk melakukan aktivitas promosi berbasis digital atau yang biasa kita sebut Social Media Influencer.

Social Media Influencer dianggap sebagai orang yang mengekspresikan pendapat dan pengalaman mereka baik dalam jangkauan yang luas maupun terfokus. Potensi pertumbuhan dari influencer dinilai bisa menjadi penentu selera atau trendsetter yang terpercaya di satu atau beberapa golongan tertentu.

Apakah Influencer selalu identik dengan jumlah pengikut yang banyak? Jawabannya adalah tidak juga! Pada dasarnya social media influencer adalah orang-orang yang memiliki pengaruh terhadap audiens atau media target online tertentu yang dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mensponsori produk mereka dengan konten atau interaksi mereka dengan audiens mereka untuk meningkatkan jangkauan, penjualan, dan keterlibatan melalui interaksi yang positif.

Marketer dari suatu perusahaan menggunakan social media influencer dengan upaya untuk meningkatkan minat konsumen serta penjualan. Menggunakan social media influencer untuk melakukan pemasaran juga bisa berkontribusi untuk meningkatkan brand-awareness. Bahkan jika melihat fakta yang ada di lapangan, social media influencer yang memiliki jumlah pengikut lebih sedikit dianggap lebih efektif dalam melakukan hubungan dengan pengikutnya.

Social media influencer dengan jumlah pengikut yang lebih sedikit bisa disebut sebagai ­micro-influencer. Micro-influencer dipercaya bahwa memengaruhi lebih banyak kepercayaan dan minat beli konsumen terhadap suatu brand dibandingkan dengan social media influencer dengan pengikut yang banyak. Dan menariknya lagi, micro-influencer cenderung lebih dapat dipercaya karena keterlibatan dengan pengikutnya yang lebih intens dan interaktif.

Penelitian mengatakan meskipun memiliki lebih sedikit pengikut, micro-influencer lebih menguntungkan bagi brand. Sebenarnya, apa alasannya? Aktivitas promosi micro-influencer berbeda dengan yang dilakukan oleh artis atau selebriti yang memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Micro-influencer di sini sebagai orang biasa yang berbagi kehidupan sehari-hari mereka di media sosial, aktivitas ini tentu lebih dapat diterima serta tampaknya lebih terlihat natural dan alami daripada aktivitas yang dilakukan oleh selebriti. Aktivitas promosi micro-influencer hampir sama dengan rekomendasi yang datang dari teman dalam keseharian dan dapat memengaruhi secara signifikan bagi para pendengarnya. Sangat menarik, bukan begitu?

Sebenarnya apa yang dilihat dari konsumen tentang social media micro-influencer sehingga mereka lebih percaya dibandingkan dengan selebriti atau artis? Yaitu relatable atau dianggap lebih satu frekuensi. Konsumen merasa lebih cocok karena micro-influencer lebih domestik dan berhubungan erat dengan konsumen dibandingkan dengan selebriti atau ­macro-influencer.

Konsumen juga mengatakan bahwa micro-influencer lebih mudah dijangkau dan terasa seperti teman dengan gaya hidup normalnya dan mereka bisa melakukan interaksi secara online dengan micro-influencer.

Platform Spradz!

Membahas mengenai influencer, kini telah hadir sebuah wadah atau platform bagi influencer untuk membantu brand berkembang. Spradz! adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang programatic Ad Platform dengan ribuan Buzzer dan influencer yang telah tervalidasi. Spradz! berbasis social media marketing yang membantu campaign suatu brand lebih tertarget, diperluas, dan berpotensi viral.

Keunggulan yang dimiliki Spradz! yaitu, Spradz! didukung oleh jaringan buzzer dan influencer yang tervalidasi dengan baik. Buzzer menyebarkan campaign suatu brand melalui link yang akan mereka bagikan kepada jaringan sosial media mereka secara massif. Sedangkan influencer atau content creator akan membagikan campaign suatu brand melalui post sosial media mereka dengan mendapatkan jangkauan yang sesuai dengan target suatu brand.

Spradz! memiliki dua kategori Influencer yaitu Spradz! Basic dan Spradz! Premium dengan jumlah mencapai 4000 influencer dan buzzer, Spradz! membantu brand untuk memasarkan produk atau bisnis kalian dengan cara penyebaran marketing campaign agar berhasil, membantu brand untuk mendapatkan target yang tepat dengan performa yang baik dan penyebaran yang termonitor.

Spradz! basic terdiri dari lima ukuran dimulai dari size S dengan minimal followers 500 sampai size XXL dengan maksimal followers 400 ribu. Sedangkan Spradz! Premium berisi dengan selebriti atau artis yang memiliki jumlah pengikut lebih dari 400 ribu. Spradz! Premium memiliki audience-nya sendiri dan tingkat engagement yang lebih tinggi, karena dikenal khalayak ramai dengan daya tariknya.

Dengan pembagian influencer berdasarkan jumlah pengikut, hal ini dapat sangat membantu perusahaan atau brand untuk melakukan kegiatan promosi sesuai dengan budget budget yang mereka miliki!

Adapun beberapa keuntungan yang bisa didapatkan berupa:



  • Campaign tepat target dan mudah dimonitor
  • Didukung oleh jaringan buzzer dan influencer yang tervalidasi dengan baik
  • Biaya yang efektif, lebih efisien
  • Akses eksklusif ke laporan dan statistik yang langsung tersaji



Sekarang, perusahaan atau brand tidak perlu lagi menyebarkan campaign sendiri karena Spradz! yang akan mengerjakan untuk Anda. Spradz! Reach more, convert more.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: