Blog Layout

Pentingnya Sisi ATTRACT Dalam Inbound Marketing

Frontier Digital • August 24, 2020

Behind every purchase is a story. Apa saja yang bisa mendorong seorang pelanggan untuk membeli suatu produk? Apakah Iklan yang efektif? Artikel yang menarik? Atau mungkin produk tersebut berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat secara kebetulan?



Jika dilihat dari seluruh paragraf di atas, semuanya mengarah pada upaya mencari sebuah kesadaran pelanggan akan sebuah produk/layanan/bisnis.


Inbound Marketing

Seperti yang kita bahas sebelumnya mengenai Inbound Marketing dan prosesnya, Inbound Marketing merupakan sebuah metodologi dalam pemasaran digital yang bertujuan untuk menggiring audience/calon pelanggan kepada produk.


Dan dari tahapan
Inbound Marketing tersebut, ATTRACT merupakan langkah awal yang disiapkan marketer dalam menyusun sebuah Buyer’s Journey. Tujuan dari ATTRACT tentunya mendapatkan awareness dari calon pelanggan baik dari cold market ataupun warm market.



Awareness Stage dalam ATTRACT


Awareness Stage adalah tahap dimana calon pembeli atau prospect biasanya baru akan mengetahui produk yang dipasarkan. Istilahnya, stage ini adalah bentuk perkenalan sebuah produk terhadap masyarakat luas sebelum digunakan.


Dalam tahapan ATTRACT sendiri, kita berbicara tentang penggunaan channel promosi mainstream yang mudah diakses calon pelanggan.


Misalnya, bisa jadi sebuah produk dikenal karena ia ditulis di suatu platform blog, dibicarakan dalam Podcast, diiklankan di Sosial Media, ditemukan di Google Search Page, atau videonya beredar di YouTube.



Memahami Kompleksitas dari Awareness


Untuk membangun fondasi yang tepat, Anda perlu mengetahui tingkat
Awareness dari Prospects dan menemukan cara yang tepat untuk menghubungkannya dengan produk Anda.

 

Berikut adalah tahapan Awareness paling umum yang dialami calon pembeli:

 

  • Unaware: Pada tahap ini, prospects tidak mengenal brand atau produk Anda dan bahkan tidak sadar akan masalah atau keinginan mereka sendiri akan produk tersebut.
  • Slightly Aware: Pada tahap ini, prospects menyadari bahwa mereka memiliki masalah atau keinginan tertentu terhadap produk tersebut, tetapi mereka tidak menyadari bahwa ada solusi dan tidak mengenal produk atau Brand Anda.
  • Mostly Aware: Pada tahap ini, prospects menyadari masalah atau keinginan tertentu dan menyadari ada solusi tetapi mereka tidak terbiasa dengan produk atau Brand Anda.
  • Very Aware: Pada tahap ini, prospects menyadari masalah atau keinginan tertentu, mereka mengetahui produk Anda, memahami solusi yang ditawarkan. Tapi, mereka belum membeli dengan alasan tertentu.


Memahami dimana posisi
target market ini sangat penting, karena hal ini sangat bisa dijadikan acuan ketika Anda membuat Campaign dan Ads yang bisa direspons oleh mereka.

 

Apa Yang Terjadi Saat Tahap ATTRACT Tidak Efektif?


Ketika tahap
ATTRACT pada Inbound Marketing tidak dijalankan dengan efektif, Anda pada dasarnya akan kehilangan kekuatan magnet yang dapat menarik perhatian calon pelanggan. Bagaimana mengetahui jika proses ATTRACT tidak efektif? Misalnya, sosial media yang tidak dikelola dengan baik, tidak konsisten dalam membagikan informasi dan penawaran. Atau, website bisnis dengan loading speed lama dan menyebabkan calon visitor tidak jadi berhubungan dengan Anda.


Di sisi lain, ketika Anda mengelola aset digital Anda dengan baik, sosial media yang tertata, website yang selalu diupdate dan SEO yang baik,
Awareness tentu akan hadir. Anda juga bisa diartikan sedang melakukan warming up dan memelihara leads yang potensial. Lalu, Anda juga kemudian dapat menentukan tahapan Awareness dari prospects dan menjalankan Campaign yang sesuai akan memastikan action dari mereka menuju ke penjualan.


Kesimpulan


Awareness merupakan bagian penting dari tahap Attract di Inbound Marketing. Tahap ini adalah bagian yang sangat priceless dari sebuah Buyer's Journey. Semakin banyak perusahaan atau Brand yang memahami, dan melakukan proses ini, semakin besar kemungkinan campaign yang dijalankan akan achieved dengan KPI yang ditentukan.





3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: