Blog Layout

HARPELNAS: Pelanggan Di Era Digital

Frontier Digital • September 4, 2020

Harpelnas atau Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicetuskan oleh Handi Irawan D., seorang pengusaha, founder Top Brand Award, pencetus Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC), Customer Satisfaction Award (ICSA) dan sekaligus CEO Frontier Group.


Sejarah Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional atau Harpelnas disahkan oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003 dan diperingati setiap tahunnya. Hingga saat ini, Harpelnas terus dirayakan sebagai ajang kegiatan bagi perusahaan yang ada di Indonesia untuk mencapai konsep kepuasan para pelanggan setianya seperti yang tertuang di dalam logo Harpelnas.

logo Hari Pelanggan Nasional
Logo dari Harpelnas ini sendiri mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Sementara itu, pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

Kepuasaan Pelanggan di Era Industri 5.0
Industri 5.0 yang merupakan era dimana perkembangan digital semakin lebih canggih ini sebenarnya diprediksikan akan datang dalam 5 tahun kedepan. Namun, era ini justru terealisasi lebih cepat dalam 6 bulan ini seiring dengan situasi Covid-19 yang melanda seluruh negara. Hal ini jelas membuat semua unit usaha terdampak. Lalu, bagaimana dengan konsep kepuasaan pelanggan? Apakah hal ini masih dipegang oleh para pelaku usaha, terutama di indonesia dengan situasi yang seperti sekarang? 

Ternyata perusahaan startup yang dulunya dianggap sebagai pesaing terberat karena lebih dahulu menggunakan konsep yang serba digital/internet dan memberikan promo lebih banyak dari pesaingnya kini justru dianggap sebagai agen perubahan yang lebih mampu mematangkan konsep kepuasaan pelanggan melalui pelayanan yang serba digital. Dimana hal ini jelas sangat dibutuhkan di situasi Covid-19, yang mana ruang dan gerak telah menjadi terbatas. Secara perlahan, hadirnya startup semakin memacu setiap usaha yang telah ada sebelumnya untuk ikut berkembang sesuai dengan perubahan zaman dan kebiasaan pelanggan sehingga konsep kepuasan para pelanggan masih mampu diwujudnyatakan meskipun era Industri 5.0 datang lebih awal.

Kepuasaan Pelanggan Merupakan Tolak Ukur
Pelanggan merupakan kata kunci dalam sebuah usaha, tak ada pelanggan maka tak mungkin suatu usaha dapat bertumbuh dan berkembang. Untuk itu para pelaku usaha harus mampu terus beradaptasi dan berinovasi sehingga pelanggan selalu merasa terpuaskan. Hal Ini juga yang menjadi esensi terciptanya Harpelnas. Semenjak disahkannya Harpelnas, terlihat banyak sekali revolusi yang terjadi pada berbagai unit usaha mulai dari promo/diskon, event, parade, gift, dan challenge yang saat ini menjadi tren hingga pelayanan menjadi semakin ramah.

Tak hanya sampai pada tahap itu, teknologi pun kini sangat berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan. Contoh, dulu pembelian produk dan info promo hanya bisa diketahui jika kita berkunjung ke store (offline), kini hal tersebut bisa dengan gampang dilakukan hanya dengan mengakses online store melalui smartphone. Tidak hanya itu saja, aplikasi yang ada sekarang pun dilengkapi dengan fitur yang semakin membuat para pelanggan nyaman, mulai dari pembayaran yang mudah, ketersediaan ruang untuk memberikan kritik dan respon hingga fitur chat bot yang mampu menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan secara cepat. 

Kemudahan seperti ini tentunya akan membuat para pelanggan merasa dimanjakan sehingga konsep kepuasan pelanggan tentu akan tercapai. Mengapa demikian? Karena di era Industri 5.0 saat ini, para pelanggan mempunyai habit untuk selalu ingin didengar dan diberikan pelayanan yang maksimal. Tentu dengan kebiasaan dan ketersediaan aplikasi dengan kelengkapan fitur yang serba mudah tidak hanya akan menjawab konsep kepuasaan namun juga mampu meningkatkan jumlah pelanggan lebih banyak lagi dan lebih luas lagi.

Dengan lebih awalnya kehadiran era Industri 5.0 ini, artinya setiap usaha baik swasta maupun BUMN harus mampu terus berkembang dan mengikuti perubahan yang terjadi, sehingga pelanggan akan tetap dan terus merasakan kepuasaan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: