Blog Layout

Lima Langkah Memaksimalkan Social Media Dalam Inbound Marketing

Redaksi • Sep 15, 2020
Dalam metodologi Inbound Marketing, sosial media merupakan bagian dari tahap Attract untuk menarik audiens ke landing page yang Anda inginkan. Selain SEO dan blog, Sosial Media adalah platform yang bertujuan untuk menarik pengunjung baru dan mengubahnya menjadi Leads.
Inbound Marketing Framework

Namun, manfaat dari sosial media ini  tidak hanya terbatas pada tahap pertama. Anda juga bisa menggunakan sosial media di setiap fase Buyer's Journey. Berikut ini cara memaksimalkan sosial media untuk meningkatkan ROI dari Inbound Strategy Anda:


1. Menarik Visitor bahkan Leads Baru

Lead Generation

Data dari eMarketer (Agustus 2019) menunjukkan, sosial media memiliki persentase lead generation yang tertinggi dari berbagai strategi lain. Karenanya, ketika ingin menjangkau audiens baru melalui sosial media, Anda harus membuat content yang relevan untuk audiens yang dituju. Buat content yang menarik dan bisa membuat audiens mendapatkan value baru. Selain itu, cara komunikasi atau bahasa yang digunakan dalam content juga harus sesuai dengan audiens (ingat, Anda bersaing dengan perusahaan lain di sosial media). 


Untuk meningkatkan performa dari social media Anda, pelajari analytics dari content yang sudah diposting setiap bulannya dan catat mana yang menerima respon paling baik. Hal ini bisa dijadikan acuan untuk content yang akan diposting di bulan berikutnya.


2. Membangun Brand 

Sosial media adalah cara yang sangat baik untuk menjadikan Brand Anda Top of Mind dan juga berinteraksi dengan calon pelanggan secara online. Ini adalah alat komunikasi yang cepat dan mudah dan orang-orang yang melihat profil sosial media Anda dapat mengetahui tentang bisnis Anda hanya dengan melihat content yang Anda buat.

social media for brand research

Menurut data dari Hootsuite & we are social pada Juli 2020, para pengguna internet di seluruh dunia menggunakan social media untuk mencari tahu tentang sebuah brand.


Sebagai bagian dari strategi Inbound Marketing, Anda tentu ingin menunjukkan kepada pembaca dan pelanggan bahwa Anda adalah perusahaan dan juga brand yang dapat diandalkan dengan informasi yang kredibel dan dapat dipercaya.


Sebelum Anda mulai di sosial media, tentukan
Tone content apa yang ingin Anda  gunakan untuk dan Format content seperti apa yang akan Anda bagikan. Anda perlu membagikan konten yang relevan dan memastikan topik dan content mingguan Anda konsisten untuk membuat audiens Anda tetap tertarik.


3.Menunjukkan Seberapa Besar Kepedulian Perusahaan 

Saat ini, kebanyakan orang pasti akan memeriksa sosial media dari Brand yang terkait sebelum memutuskan untuk membeli produk atau layanan mereka. Profil sosial media yang aktif dan relevan dapat meyakinkan audiens untuk terhindar dari scam atau penipuan.


Cara Anda berinteraksi dan menanggapi pertanyaan di sosial media juga merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan. Menanggapi secara cepat dan positif menunjukkan kalau Anda adalah bisnis atau brand yang peduli terhadap pelanggan, hal ini terlihat bagus di mata calon pelanggan yang membaca respon yang Anda berikan.

social media behaviors

Data dari Sprout Social juga menunjukan, interaksi dengan pelanggan menjadi yang tertinggi dengan 55%, diikuti oleh faktor lainnya dalam membantu Brand Anda engage dengan pelanggan atau leads.


4. Ads Menjangkau Lebih Banyak Pembaca

Menjalankan Ads/Iklan dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai alat untuk menarik pengunjung baru. Sebagian besar orang lebih suka menggunakan sosial media untuk memposting dan berbagi karena gratis, tetapi membuat iklan sosial berbayar dapat menampilkan iklan Anda kepada orang yang tepat dengan lebih cepat.


Namun, menjalankan Ads tidak bisa sembarangan agar budget yang dialokasikan tidak terbuang sia-sia.


Most companies wasted 20-50% of their social media spend or spending highly inefficiently – between 12-80% of their budgets

Adparlor 2020


Beberapa hal yang dapat Anda mulai lakukan dalam menjalankan ads adalah:

  • Memprediksi imbal balik

Hentikan penggunaan budget untuk hasil yang Anda tidak ketahui. Anda perlu menentukan ROAS (Return On Ad Spend) agar dapat mengukur performa kampanye Anda. Dengan menerapkan disiplin dalam penggunaan budget dan benchmarking ROAS di seluruh kampanye, Anda akan dapat melakukan pengukuran imbal balik yang lebih canggih.


  • Segmentasi

Tentukan lebih dari 20 segmen dan trigger dari customer journey. Pastikan masing-masing memiliki 'kampanye mini' atau 'sub-campaign' yang disesuaikan dengan minat mereka, tentunya dengan tetap memperhatikan performa & testing dari masing-masing kampanye. Terus tingkatkan segmentasi ini sampai Anda dapat menayangkan ads yang berbeda untuk setiap pelanggan dan calon pelanggan.


  • Buat lebih banyak iklan

Pastikan Anda dapat membuat banyak ads yang disesuaikan dengan minat masing-masing segmen, minimal 3-5 ads per segmen. Anda perlu memvariasikan berbagai jenis ad format dan konten.


  • Tes, optimasi & otomasi

Anda dan tim Anda perlu secara terus-menerus melakukan tes terhadap berbagai audiens, jenis ads, landing page dan lainnya, bahkan mulai menggunakan otomasi/machine learning.


  • Aplikasikan di luar social media

Gunakan pemahaman Anda tentang ads di social media untuk mendapatkan insight dari pelanggan dan memperbaiki strategi Anda, lalu aplikasikan juga di media lain untuk meningkatkan ROAS yang Anda tetapkan.


Selama Anda memahami penggunaannya dengan tepat, Ads yang Anda jalankan bisa sangat bermanfaat untuk strategi Inbound Marketing. Namun, jika Anda memerlukan rekan dalam mengoptimalkan penggunaan Ads, adapun
service dari Frontier Digital untuk membantu Anda menjalankan strategi Ads yang tepat dan terintegrasi dengan Facebook, Instagram, TikTok bahkan GDN & Youtube.



5. Ubah Visitor menjadi Customer

Karena sosial media selalu dikaitkan dengan fase Attract dalam strategi Inbound Marketing, beberapa orang lupa bahwa Anda juga dapat menggunakan sosial media untuk mengubah visitor menjadi kontak, dan bahkan customer.


Saat Anda membangun Brand Anda di sosial media melalui content yang konsisten dan Ads yang tepat, Anda dapat meningkatkan jumlah pembaca dan mendapatkan lebih banyak
followers. Dengan semakin banyaknya followers dan engagement yang Anda miliki, dapat mendorong lebih banyak orang ke landing page dan meningkatkan kemungkinan konversi.


3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: