Blog Layout

Tiga Tips Mengintegrasikan SEO Dalam Inbound Marketing

Frontier Digital • October 8, 2020
SEO atau Search Engine Optimization adalah istilah yang sering digunakan oleh banyak orang di bidang marketing. Ini adalah proses untuk mendapatkan traffic secara gratis atau juga disebut sebagai pencarian “organic” karena perusahaan atau brand tidak perlu membayar untuk tampil dalam hasil pencarian di search engine.
SEO merupakan bagian penting dalam Inbound Marketing karena dapat membantu calon pelanggan untuk menemukan content yang sesuai/relevan dengan minat mereka untuk kemudian dapat dibagikan.
Berikut beberapa taktik untuk mengintegrasikan SEO ke dalam Strategi Inbound Marketing anda:

1. Mulai Menulis Article (Blogging)
Salah satu bagian yang harus dimiliki dan aktif oleh perusahaan adalah Blog di website. Selain memberikan wawasan dan menjaga customer serta leads tertarik, Blog juga mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk SEO.

Berikut adalah 5 langkah praktis untuk memastikan Blog yang Anda buat bisa berperan maksimal untuk SEO:
  • Think before writing.
    Jangan menulis hanya berdasarkan pada keywords dan berimbas pada penggunaan keyword yang berlebihan dan tidak enak dibaca.

  • Prioritaskan Headings.
    Selain sangat penting untuk membantu memberi petunjuk kepada pembaca tentang apa yang akan dibahas selanjutnya, tetapi juga membantu "search engines" yang memprioritaskan kata dan phrase. Coba gunakan kata kunci di dalam headings jika memungkinkan.

  • Menjawab pertanyaan.
    Kira-kira, pertanyaan apa yang dimiliki oleh customer/calon customers kita? Jawaban atas pertanyaan itu akan sering kali relate dengan kata kunci atau phrase yang akan mereka cari
  • Selalu buat artikel baru. Ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk terus memberikan konten dalam bentuk blog kepada audiens pada waktu yang sama setiap hari atau minggu-nya. Seberapa sering memposting pastinya bergantung pada sumber daya internal atau orang yang mengerjakan. Tapi, dengan memposting secara konsisten, Anda juga terus memberikan Google konten-konten baru yang bisa dioptimalkan.

  • Lebih panjang,lebih baik. Tahukah Anda bahwa blog dengan jumlah kata diatas 1.500, bekerja jauh lebih baik dibandingkan blog yang lebih pendek. Grafik dari serpIQ menegaskan kembali gagasan ini.

2. SEO Battleground: Intent vs. Keyword Optimization

Apa itu Intent? Search Intent adalah alasan mengapa orang melakukan pencarian tertentu. Sebelum membangun sebuah strategi konten, Anda harus memperhitungkan persona dan intent dari calon pelanggan. 


Kenapa? karena apa yang akan muncul pada SERP (Search Engine Result Page) calon pelanggan nantinya bukan hanya mengenai seberapa padat Keywords yang Anda tentukan, melainkan history atau behaviour dari si calon pelanggan juga menjadi faktor yang menentukan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mengajukan pertanyaan berikut kepada audiens:


  • Produk atau layanan apa yang saat ini mereka gunakan atau pernah mereka gunakan?
  • Topik apa yang ingin mereka ketahui?
  • Pertanyaan apa yang mereka tanyakan?


Anda juga bisa menggunakan Google Trends atau Google Analytics untuk mengetahui search trends, queries dan flow dari users. Dibawah ini merupakan grafik dari Neil Patel mengenai contoh apa yang users akan lakukan setelah mereka “bertanya” sesuatu ke Google.

Ketika users mengajukan pertanyaan mereka menggunakan Google atau mesin pencari lainnya, perusahaan harus berada di sana untuk menjawab pertanyaan tersebut, apakah itu dalam konten di beranda, halaman produk, atau blog mereka. Ini semua tentang memberikan nilai maksimal kepada audiens.


SEO semantik atau hasil pencarian yang berdasarkan relevansi, adalah cara yang terus dilakukan Google. Sebelum menulis suatu konten untuk website, Anda bisa membuat spreadsheet sederhana yang menguraikan topik, konsep, dan kata kunci. Berikut contoh dari Search Engine Journal:

Seperti yang Anda lihat, topik adalah kategori luas yang akan dicakup oleh bisnis; konsep didasarkan pada poin keluhan pelanggan dan kata kunci adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan. Tools gratis seperti LSI Graph dapat membantu Anda meneliti keywords dan phrase, sementara tools seperti SEMRush membantu memverifikasi jumlah traffic dan menyarankan opsi terkait. Setelah kata kunci ini dibuat, semua aturan "lama" berlaku. Kata kunci/frase harus dimasukkan dalam judul, isi content, meta description, URL dan alt tags.


3. Sosial Media: Harta Karun Tersembunyi untuk SEO 

Sepertinya yang sudah kita bahas sebelumnya mengenai peran Sosial Media pada strategi Inbound Marketing, persamaan SEO dan Sosial Media bukan hanya keduanya merupakan bagian dari fase Attract saja, tetapi keduanya juga sangat bergantung pada konten yang baik untuk menaikan popularitas.


Meskipun banyak yang mengakui kalau sosial media mempunyai dampak pada SEO, masih banyak juga yang mengabaikannya. Berikut 2 cara untuk memaksimalkan sosial media Anda untuk SEO:

  • Perbanyak External Links: Ketika Brand Anda memposting konten yang menarik, pastinya audiens akan membagikannya ke “circle” mereka. Hashtags dan Tagging konten dari Influencer adalah 2 cara yang bisa dibilang efektif untuk mendapatkan awareness lebih banyak
  • Tingkatkan Jumlah Followers: Ketika ada user mencari suatu topik tertentu, dan info yang dicari tersedia di dua account dengan masing-masing followers 100 dan 10.000, maka account dengan followers terbanyak akan selalu menjadi ranking yang paling tinggi dalam SERP (Search Engine Result Pages). Inilah alasan kenapa Anda harus memberikan konten yang bermanfaat dan rajin berinteraksi dengan Audiens pada platform social media Anda.


Dan meskipun sosial media saja tidak akan membantu Anda untuk menjadi peringkat tertinggi pada SERP, membagikan konten yang bermanfaat di sosial media tentu bukan suatu hal yang harus dihindari.



Demikianlah beberapa insight dari kami dalam hal penggunaan SEO di strategi Inbound Marketing. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang Inbound Marketing ataupun elemen-elemen di dalamnya (SEO, Social Media, Ads, dsb), silakan hubungi Frontier Digital. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.



3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: