Blog Layout

A/B Testing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Frontier Digital • September 14, 2022

Ketika berbicara mengenai strategi bisnis, data adalah bagian penting untuk menentukan perencanaan dan berbagai keputusan penting. Penggunaan intuisi atau "feeling" sebaiknya dihindari dan mulailah fokus untuk melihat dari sudut pandang pelanggan. Di sinilah peran A/B testing.


Menerapkan A/B testing akan membantu bisnis menemukan strategi promosi dan pemasaran online terbaik. Ketika pengujian dilakukan, Anda bisa menemukan bagian mana yang harus dieliminasi dan bagian mana yang dioptimalkan. Oleh karena itu, metode ini sangat berguna untuk meningkatkan conversion rate, sebuah metrik krusial untuk menilai pertumbuhan bisnis. Artikel ini akan membahas apa itu A/B testing, manfaatnya, serta cara melakukannya. Mari simak!

A/B Testing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Sumber: Freepik

Mengenal A/B Testing 

A/B testing merupakan suatu metode untuk menguji dan membandingkan dua versi dari suatu hal untuk mengetahui mana yang lebih baik. Saat bereksperimen dengan aset, yang dilakukan secara bersamaan, Anda jadi bisa menentukan aset mana yang memiliki conversion rate paling tinggi atau yang memiliki performa paling efektif.


Conversion rate merupakan persentase pengunjung website serta tindakan apa saja yang mereka lakukan selama mengunjungi situs, dan apakah tindakan mereka menghasilkan transaksi penjualan atau tidak.


Agar lebih mudah memahami A/B testing, berikut adalah contoh implementasi yang dilakukan oleh Hubspot. Di sini Hubspot menguji elemen Search Bar dari sisi visual dan fungsionalitas untuk mengoptimalkan website mereka.


Untuk varian A, Hubspot meningkatkan keunggulan visual dan mengubah teks placeholder menjadi "telusuri berdasarkan topik".

A/B Testing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Sedangkan untuk varian B, Hubspot meningkatkan keunggulan visual dan mengubah teks placeholder menjadi "search the blog".

A/B Testing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Setelah melakukan pengujian, hasilnya adalah semua variasi meningkatkan conversion rate. Namun, varian B menunjukkan peningkatan 3,4% dalam rasio konversi dan peningkatan 6,46% pada pengguna yang terlibat di Search Bar.


Manfaat A/B Testing

A/B testing memungkinkan bisnis untuk lebih cermat dalam meningkatkan user experience. Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari apa saja dan bagaimana elemen tertentu dapat mempengaruhi perilaku pengguna berdasarkan data. Berikut beberapa manfaat lain yang akan diperoleh bisnis.


Memudahkan pengunjung

Setiap pengunjung yang tertarik dengan bisnis Anda bisa memiliki tujuan yang berbeda-beda. Itulah mengapa penting untuk mengoptimalkan setiap elemen, termasuk yang tampak "sepele", untuk makin mendorong visitor melakukan konversi. Melalui A/B testing, Anda bisa mencari tahu bagian-bagian apa saja yang perlu dihilangkan atau yang harus dioptimalkan agar pelanggan makin puas.


Meningkatkan traffic website

Pengunjung yang memperoleh kesan bagus saat berkunjung bisa terus tertarik menelusuri website. Dengan demikian, traffic bisa terus bertambah.


Menurunkan bounce rate

Pengujian dilakukan untuk mengetahui apa  yang paling disukai pelanggan. Dengan demikian, Anda bisa memuaskan mereka. Misalnya, melalui tampilan media dan CTA yang tepat. Ketika hal tersebut diaplikasikan dengan baik, Anda bisa menahan pengunjung lebih lama di website.


Meningkatkan conversion rate

Traffic yang tinggi itu tidak cukup. Untuk terus meningkatkan bisnis, anda juga perlu memperhatikan berapa banyak dari mereka yang melakukan konversi. Conversion rate di sini tidak sebatas pada penjualan, melainkan juga termasuk berlangganan newsletter, share media sosial, dan lainnya.


Membuat keputusan berbasis data

Ketika Anda melakukan pengujian lalu memperoleh hasilnya, Anda jadi lebih tahu langkah atau strategi apa yang harus dilakukan kedepannya. Data yang Anda kumpulkan adalah bukti kuat yang bisa dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. Dengan demikian, eksekusinya nanti bisa menjadi lebih efektif berbasis data, bukan opini subjektif.


Cara Melakukan A/B Testing

Setelah mengetahui apa itu A/B testing hingga manfaatnya, Anda mungkin tertarik dengan bagaimana cara melakukannya. Pengujian ini memiliki tiga tahapan, mulai dari pre, during, hingga post.


Berikut adalah langkah-langkahnya.


1. Pilih halaman prioritas

Tahap yang paling awal adalah menentukan halaman mana yang ingin diprioritaskan, mengingat sebuah website bisa memiliki beberapa halaman sekaligus. Misalnya, landing page produk atau halaman promosi.


Hal-hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih halaman prioritas adalah potensi revenue dan traffic. Manakah yang paling bisa menyumbang pendapatan lebih tinggi serta halaman apa yang kira-kira mendatangkan banyak traffic untuk menjaring leads. Anda bisa menggunakan tool seperti Google Analytics untuk mengetahui performa setiap halaman website Anda.


2. Tetapkan tujuan

Tujuan yang jelas akan membantu Anda melakukan eksekusi dengan maksimal nantinya. Dalam A/B testing sendiri ada banyak metrik yang bisa digunakan untuk mengukur keberhasilan uji coba seperti jumlah leads hingga conversion rate. Tipsnya adalah Anda sebaiknya memilih satu tujuan utama sehingga nantinya lebih mudah untuk dianalisis dan dinilai efektivitasnya.


3. Buat hipotesis

Setelah Anda menemukan tujuan, Anda dapat mulai membuat ide dan hipotesis pengujian. Hipotesis ini adalah dugaan yang nantinya akan dibuktikan melalui proses uji coba. Setelah Anda memiliki daftar ide, prioritaskan mereka dalam hal dampak yang diharapkan dan kesulitan implementasi.


4. Pilih variabel uji coba

Dalam proses optimasi, ada banyak variabel yang bisa dipilih untuk diuji. Pilih mana yang berpengaruh besar terhadap performa website. Anda bisa memilih lebih dari satu variabel, tetapi sebaiknya setiap variabel diuji di waktu yang berbeda.


5. Ciptakan variasi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, A/B testing artinya melakukan pengujian terhadap dua variabel untuk mengetahui mana yang lebih baik. Dengan demikian, setelah membuat hipotesis awal, Anda juga perlu membuat versi tandingan atau variasi lain untuk dibandingkan.


6. Jalankan pengujian

Mulailah eksperimen Anda dan tunggu hasilnya. Interaksi pengunjung nantinya dikumpulkan untuk nantinya dianalisis lebih lanjut. A/B testing sebaiknya dicoba satu per satu. Selain itu, lama waktu pengujian ini bisa dilakukan secukupnya berdasarkan kebutuhan. Salah satu faktor penting untuk menentukan durasi A/B testing adalah jumlah kunjungan website. Semakin kecil jumlah pengguna, maka bisa semakin lama waktu yang dibutuhkan.


7. Lakukan analisis hasil

Setelah eksperimen selesai, Anda bisa lanjut menganalisis hasilnya. Data tersebut nantinya bisa dijadikan acuan terkait perubahan apa saja yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan website. Dalam tahapan ini, Anda juga bisa memanfaatkan data feedback dari pengguna. Misalnya, melalui proses survei.


Kesimpulan

A/B testing adalah metode esensial untuk membantu meningkatkan conversion rate dan performa bisnis secara keseluruhan. Melalui A/B testing, Anda bisa memecahkan masalah pengguna hingga membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: