Blog Layout

Istilah Penting dalam Google Ads

Frontier Digital • September 22, 2022

Jika Anda berencana mengalokasikan budget untuk menjangkau lebih banyak audiens dan menjaring mereka untuk menjadi pelanggan, Anda bisa coba beriklan dengan Google Ads. Promosi melalui iklan sendiri adalah salah satu strategi yang memang sudah umum diaplikasikan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Sumber: Freepik

Google Ads merupakan platform periklanan online yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini muncul pada Oktober tahun 2000 sebagai Google Adwords, tetapi setelah beberapa kali rebranding pada tahun 2018, namanya berubah menjadi Google Ads. Tertarik mempelajari Google Ads lebih lanjut agar bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis? Mari simak penjelasannya berikut ini.


Kenapa Pilih Google Ads?

Di era yang serba digital, Anda bisa menghasilkan lebih banyak klik dan kemungkinan pelanggan baru melalui iklan berbayar. Inilah mengapa Google Ads menjadi semakin populer di kalangan bisnis di semua industri. Google sendiri merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Setidaknya ada 4,3 miliar pengguna di seluruh dunia. Sebagai mesin pencari teratas, tidak mengherankan jika akhirnya banyak marketer ingin mempromosikan bisnis mereka dengan bantuan Google Ads.


Iklan berbayar juga memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens lebih banyak, lebih cepat, dan lebih efisien. Artinya, Anda tidak perlu menunggu orang menemukan Anda secara organik. Menurut laporan HubSpot, 63% orang telah mengklik iklan Google. Mengingat salah satu tujuan utama iklan adalah membuat audiens mengklik ke situs web, ini menunjukkan bahwa orang-orang memang merespons atau berinteraksi dengan jenis iklan ini.


Baca juga: Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis


Istilah Penting dalam Google Ads

Agar semakin mengenal platform beriklan ini, berikut telah kami rangkum beberapa istilah penting Google Ads. Istilah umum ini akan membantu Anda menyiapkan, mengelola, dan mengoptimalkan Google Ads Anda.


1. AdRrank

AdRank menunjukkan peringkat Ad yang Anda buat. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi kemungkinan pengguna akan mengklik iklan Anda. Posisi AdRank sendiri ditentukan sesuai dengan jumlah maksimum Bid (tawaran) kita dikali dengan Quality Score.


2. Bid

Bid adalah biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan setiap kali ada pengguna yang mengklik iklannya. Semakin tinggi tawaran Anda,maka semakin baik pula penempatan iklannya. Ada tiga pilihan konversi bid yang ditawarkan google: CPC, CPM, dan CPE.


  • CPC (cost per click) adalah jumlah yang harus dibayar setiap kali ada yang mengklik iklan Anda
  • CPM (cost per mille) adalah jumlah yang Anda bayar per seribu tayangan iklan
  • CPE (cost per engagement) adalah jumlah yang Anda bayarkan saat seseorang melakukan aksi tertentu yang telah ditetapkan terhadap iklan


3. Campaign Type

Sebelum memulai kampanye berbayar di Google Ads, Anda akan memilih salah satu dari tiga jenis kampanye: penelusuran (teks), display (gambar), atau video.


4. CTR (Click Through Rate)

CTR adalah jumlah klik yang Anda dapatkan pada iklan dengan jumlah berapa kali orang melihat iklan tersebut. Nilai CTR kerap dijadikan parameter untuk menunjukkan kualitas atau keberhasilan sebuah iklan.


5. CVR (Conversion Rate)

CVR adalah rasio konversi dari total kunjungan ke halaman arahan (landing page) Anda. Sederhananya, CVR yang tinggi menunjukkan bahwa landing page Anda menyajikan pengalaman pengguna yang sesuai atau bisa juga dinilai sebagai iklan yang efektif menjangkau peminatnya.


6. Display Network

Iklan Google dapat ditampilkan di halaman hasil pencarian atau halaman web dalam Jaringan Display Google (GDN. GDN adalah jaringan situs web yang telah terdaftar untuk menampilkan iklan-iklan Google Ads — iklan ini dapat berupa iklan berbasis teks atau gambar dan ditampilkan bersama konten yang relevan dengan kata kunci target Anda.


7. Extension

Ekstensi Iklan memungkinkan Anda melengkapi iklan dengan informasi tambahan tanpa biaya tambahan. Ekstensi ini tersedia dalam lima kategori: Sitelink, Call, Location, Offer dan App.


8. Keyword

Ketika pengguna mengetik kueri ke kolom pencarian Google, Google akan menampilkan hasil paling relevan sesuai tujuan pengguna. Keyword merupakan kata atau frasa yang akan memicu kemunculan iklan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memilih kata kunci yang tepat untuk memaksimalkan iklan Anda.


Baca juga: 5 Langkah Strategis Melakukan Keyword Research


9. PPC (pay per click)

PPC adalah jenis iklan di mana pengiklan membayar per klik pada iklan. PPC tidak khusus untuk Google Ads, tetapi ini adalah jenis kampanye berbayar yang paling umum. Sangat penting untuk memahami PPC sebelum meluncurkan kampanye Google Ads pertama Anda.


10. Quality Score

Quality Score adalah ukuran dari kualitas iklan kamu terhadap Click Through Rate (CTR), relevansi kata kunci, kualitas landing page, dan histori performa sebelumnya di SERP. QS adalah faktor penentu dalam AdRank Anda.


Tipe Campaign di Google Ads

Anda bisa menggunakan satu dari sekian tipe Campaign Ad. Di antaranya adalah Search, Display, Video, App, dan Shopping Ad Campaign.


Search Ad Campaign

Iklan Search (penelusuran) adalah iklan teks yang ditampilkan di antara hasil penelusuran di halaman hasil Google.

Display Ad Campaign

Google memiliki jaringan situs web di berbagai industri dan dengan berbagai audiens yang memilih untuk menampilkan Google Ads dan dikenal sebagai Google Display Network.

Video Ad Campaign

Iklan video ditampilkan sebelum atau sesudah (dan terkadang di tengah) video YouTube. Iklan video berdurasi antara enam dan 15 detik dan muncul di YouTube.

App Ad Campaign

Penelusuran Google, YouTube, Google Play, Jaringan Display Google, dan lainnya. Anda dapat menjalankan iklan yang mendorong audiens untuk menginstal aplikasi Anda atau, jika mereka sudah menggunakannya, untuk melakukan aksi tertentu dalam aplikasi Anda.

Shopping Ad Campaign

Iklan ini ditampilkan di SERP dan menyertakan informasi produk mendetail seperti harga dan citra produk. Anda dapat menjalankan kampanye iklan melalui Google Merchant Center.

Kesimpulan

Promosi melalui iklan berbayar adalah strategi umum yang digunakan oleh pemilik bisnis untuk menjangkau lebih banyak audiens dan calon pelanggan. Beriklan melalui Google Ads adalah alternatif yang bisa Anda pertimbangkan mengingat Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: