Blog Layout

Fungsi, dan Cara Memasang Meta Tag

Frontier Digital • Jun 02, 2022

Optimasi SEO bisa dilakukan menggunakan dua teknik umum, yakni on page dan off page. Jika off page SEO fokus pada bagaimana membangun kredibilitas website dan hubungannya dengan situs lain melalui backlink berkualitas, maka on page SEO adalah praktik yang mengoptimalkan konten halaman situs web. Salah satunya dengan memasang meta tag.


Secara sederhana, meta tag akan memberitahu mesin pencari seperti Google dan pengguna tentang sebuah halaman situs web. Elemen ini akan membantu meningkatkan ranking di hasil pencarian, menambah laju traffic, sampai memaksimalkan pengalaman pengunjung. Apa itu meta tag, fungsi, serta bagaimana cara memasangnya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Sumber: Freepik

Apa Itu Meta Tag?


Istilah "meta" adalah singkatan dari "metadata", yang berarti data tentang data. Meta tag umum dikenal sebagai bagian dari upaya optimasi on page atau on site SEO. Bentuknya berupa potongan kode HTML yang terletak di bagian 'head' dalam halaman source code. Jadi, pembaca tidak akan menemukan elemen ini di dalam konten. Melalui meta tag, mesin pencari dan pengguna akan mendapatkan gambaran mengenai isi konten atau halaman sebuah situs web.


Meta tag ditambahkan ke kode HTML untuk memberitahu informasi penting ke mesin pencari tentang halaman web Anda dan bagaimana halaman web tersebut harus ditampilkan. Memaksimalkan meta tag dapat membantu menaikkan peringkat konten atau halaman sebuah situs, jumlah klik, serta pengalaman pembaca. Jika Anda tidak familiar dengan HTML, Anda juga bisa melakukan optimasi meta tag menggunakan plugin SEO pada WordPress.


Berikut beberapa jenis meta tag:


  • Title tags
  • Meta descriptions
  • Meta keyword
  • Robot meta tags
  • Viewport meta tags


Title Tags

Title tag adalah judul halaman web yang dapat diklik saat muncul di mesin pencari. Title tag akan memberi informasi kepada mesin pencari dan pengguna mengenai topik utama sebuah halaman serta gambaran isinya. Itulah mengapa elemen ini sebaiknya ditulis dengan tepat, unik, dan menarik. Ini adalah tampilannya:

Title tag merupakan faktor penting yang akan membantu mesin pencari memahami halaman Anda. Selain itu, bagian ini adalah kesan pertama yang ditangkap pembaca saat melakukan pencarian organik. Ini bisa jadi salah satu pendorong mereka untuk melakukan klik menuju halaman Anda. Selain melalui HTML, Anda bisa langsung menuliskan judul pada kolom meta title di WordPress.


Baca juga: Jangkau Audiens Global Dengan SEO Internasional


<title>Judul halaman.</title>


Berikut tips dalam memasang title tag:


  • Tambahkan judul untuk setiap halaman web
  • Hindari judul yang panjang, sebaiknya di bawah 60 karakter 
  • Hindari judul yang umum dan tidak jelas
  • Gunakan title case atau sentence case
  • Cocokkan dengan search intent
  • Hindari judul clickbait
  • Sertakan keyword jika sesuai
  • Buat title tag khusus untuk setiap halaman di situs Anda


Meta Descriptions 

Meta description adalah penjelasan atau deskripsi singkat sebuah halaman yang bisa dilihat di bawah title tag pada hasil pencarian. Meski tidak termasuk dalam faktor ranking Google, deskripsi singkat ini tergolong esensial karena bisa meningkatkan click-through rate (CTR) melalui informasi rangkuman konten yang tertera untuk pembaca. Jadi, selain memang harus ringkas dan jelas, meta description juga harus kreatif supaya memancing pembaca.


<meta name="description" content="Meta description.">


Ini adalah tampilannya:

Berikut tips membuat meta description:


  • Sebaiknya dibuat tidak lebih dari 160 karakter
  • Buat ringkasan yang berbeda untuk setiap halaman
  • Hindari duplikat meta description di situs web Anda
  • Gunakan sentence case
  • Pastikan akurat, deskriptif, dan ringkas
  • Cocokkan dengan search intent
  • Tambahkan keyword jika memang sesuai 


Meta Keywords

Meta keyword adalah bagian meta tag lainnya yang berguna untuk memberi lebih banyak informasi kepada mesin pencari tentang sebuah halaman situs web. Meta keyword ini berisi informasi kata kunci yang relevan dengan konten. Cara menambahkannya juga cukup mudah. Jika tidak bisa menggunakan plugin SEO, Anda bisa menuliskan kata kunci pada kolom meta keyword. Meta keyword harus sama dengan tag yang Anda gunakan dalam konten. Untuk memisahkan kata kunci, Anda bisa menggunakan koma.


Baca juga: 10 Kesalahan SEO Yang Harus Segera Diperbaiki


Robot Meta Tags

Robot meta tag adalah parameter tambahan yang dimasukkan ke dalam tag HTML. Tujuannya adalah untuk memberikan instruksi kepada mesin pencari terkait bagaimana Anda ingin mereka meng-crawl suatu halaman, serta apakah harus diindeks atau atau tidak.


<meta name=”robots” content="index, follow">


Parameternya antara lain:

  • Index: memberitahu untuk mengindeks halaman. Jika suatu halaman diindeks, itu artinya dapat dilihat oleh orang-orang yang menggunakan mesin pencari.
  • Noindex: memberitahu untuk tidak mengindeks halaman, yang berarti halaman tersebut tidak akan ditampilkan di halaman hasil pencarian.
  • Follow: Ini memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link yang Anda tempatkan di dalam halaman web Anda dan mengarahkan pembaca ke halaman lain.
  • Nofollow: Ini menginstruksikan bot mesin pencari untuk tidak meng-crawl atau mengikuti link yang tidak Anda dukung.
  • Noarchive: Ini menginformasikan mesin pencari untuk tidak menyimpan atau menampilkan halaman.


Viewport Meta Tags


<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">


Viewport adalah bagian dari halaman situs web yang terlihat oleh pengguna. Tampilannya bisa berubah tergantung pada di medium apa seseorang melihat konten Anda, apakah di laptop/tablet/seluler. Secara sederhana, fungsi meta viewport adalah menetapkan area mana saja yang terlihat di situs web sekaligus menentukan skala kontennya. Bagian ini akan menginstruksikan browser cara merender halaman pada ukuran layar  berbeda.

Sumber: Ahrefs

Agar pengunjung betah atau tidak langsung meninggalkan halaman situs Anda, meningkatkan pengalaman mereka tentu menjadi penting. Inilah mengapa tidak cukup jika hanya memiliki tampilan versi desktop, Anda juga harus mengembangkan situs yang mobile-friendly.


Baca juga:
7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website


Nah, itulah berbagai informasi seputar meta tag yang bisa Anda gunakan untuk membantu memaksimalkan strategi digital marketing. Perannya esensial untuk menaikkan ranking di hasil pencarian sampai meningkatkan pengalaman pengguna. Anda jadi bisa berkomunikasi lebih baik dengan target audiens sehingga pada akhirnya turut menambah traffic yang berkualitas.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: