Apakah Anda berencana melakukan ekspansi bisnis di banyak negara? Jika iya, ini saatnya mempertimbangkan optimasi situs web dengan international SEO. Strategi ini akan membantu Anda menjangkau audiens skala global dan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Seperti yang kita tahu, SEO akan memudahkan situs web untuk mendapatkan traffic lebih banyak melalui peringkat organik di mesin pencari. Meski prinsip dasarnya sama, menerapkan international SEO nyatanya membutuhkan rencana dan implementasi teknis yang lebih kompleks.
Sumber: Freepik
Apa itu SEO internasional?
Dikutip dari Moz, SEO internasional adalah proses mengoptimalkan situs web sehingga mesin pencari dapat dengan mudah mengidentifikasi negara mana yang ingin Anda targetkan dan bahasa apa yang Anda gunakan untuk bisnis. Strategi ini memungkinkan Anda menjangkau berbagai kelompok audiens internasional, memahami daya saing global, serta merencanakan strategi digital yang terintegrasi sehingga bisnis terus berkembang pesat.
Penerapannya bisa dilakukan melalui penargetan geografis, “content-language” meta tag, hreflang tag, URL, serta lainnya agar konten bisa optimal dan mudah ditemukan oleh audiens dari seluruh dunia. Singkatnya, mesin pencari seperti Google “digiring” untuk mencocokkan hasil pencarian dengan bahasa dan lokasi audiens.
Tujuan SEO Internasional
Sumber: neilpatel.com
Dengan SEO internasional, Anda akan meningkatkan visibilitas produk atau layanan di pasar global. Hal ini memungkinkan bisnis memperoleh dan membangun basis audiens baru yang bisa diarahkan menjadi leads atau bahkan konversi. Perusahaan biasanya punya target spesifik ketika memutuskan untuk membuat situs yang “go internasional”. Di antaranya adalah:
Language targeting
Menetapkan bahasa sebagai target, yakni ketika perusahaan menawarkan produk atau layanan di negara berbeda namun memiliki bahasa yang sama. Anda akan menentukan bahasa apa yang digunakan dalam situs internasional tersebut menggunakan language tag.
Country targeting
Selain bahasa, alternatif yang kedua adalah berdasarkan negara. Perusahaan menawarkan produk atau layanan dengan target negara yang spesifik.
Hybrid
Ini adalah opsi yang lebih kompleks dan disebut tujuan hybrid, yakni menyasar negara dan bahasa sekaligus. Ketika Anda menargetkan suatu negara, Anda mungkin langsung berpikir tentang menggunakan bahasa resmi mereka. Padahal ada banyak populasi di negara tersebut. Misalnya, sebagai perusahaan asal Indonesia, Anda menargetkan populasi yang berbicara bahasa Indonesia di Amerika Serikat.
Menerapkan SEO Internasional
Optimasi ini memang tidak bisa langsung kelihatan hasilnya. Seperti berbagai strategi marketing lain, Anda perlu melakukan uji coba dan evaluasi untuk menemukan taktik yang tepat bagi bisnis. Namun, tentu penting untuk mengetahui terlebih dahulu elemen apa saja yang harus diperhatikan dalam menerapkan international SEO agar penyusunan rencana lebih mudah dan hasilnya efektif. Berikut adalah hal-hal yang bersifat fundamental untuk keberhasilan international SEO.
Baca juga: 10 Tips Optimasi Local SEO Untuk Bisnis
Riset positioning
Sebelum memulai, Anda tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melakukan identifikasi terhadap poin-poin penting seperti mengetahui bagaimana posisi website Anda di negara yang menjadi target, tren organik internasional seperti apa yang mendatangkan traffic, termasuk keyword apa yang menunjang visibilitas bisnis di pencarian organik internasional.
Riset keyword yang mendalam akan membantu Anda mendapatkan data-data berikut:
Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melakukan analisis pada situs web yang sudah ada. Lakukan juga riset perbandingan keyword di pencarian organik menggunakan mesin pencari yang dominan di negara tujuan. Dengan begitu, Anda bisa mengamati siapa yang berperingkat terbaik di SERP di sektor bisnis tersebut. Perhatikan dan analisis bagaimana mereka memaksimalkan keyword.
Pilih domain yang tepat
Dari aspek teknis, Anda perlu melakukan modifikasi domain website. Tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari menunjukkan konten bisnis Anda kepada audiens yang tepat sesuai dengan asal negara atau bahasa. Menurut Hubspot, ada tiga jenis optimasi domain yang bisa diterapkan agar strategi international SEO maksimal.
a. Membuat sub-direktori setelah gTLD
Ini adalah domain utama dari website Anda. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas berdasarkan negara atau bahasa, Anda bisa menambahkan folder subdirektori. Dari situ, mesin pencari akan mengarahkan audiens ke sub-direktori tersebut daripada ke halaman utama.
Contoh URL website yang ditambahkan sub-direktori:
domain.com/uk
domain.com/id
b. Menambahkan subdomain sebelum gTLD
Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan subdomain sebelum gTLD. Subdomain biasanya cukup mudah diterapkan, tetapi juga bisa lebih mahal untuk diterapkan jika dibandingkan dengan struktur folder.
Contoh URL untuk masing-masing target negara atau bahasa menjadi seperti berikut.
uk.domain.com
id.glints.com
c. Menggunakan country code top level domain (ccTLD)
Pilihan ini bisa menjadi yang paling kompleks dan mahal untuk diterapkan, karena fokus dan membawa identitas untuk setiap negara yang dituju. Country code top level domain diterapkan dengan mengganti “.com” agar sesuai dengan negara yang dituju. Contohnya adalah:
domain.uk
domain.id
Gunakan atribut hreflang
Atribut hreflang menunjukkan bahasa apa yang Anda gunakan, serta wilayah geografis konten Anda. Cara ini juga akan membantu Anda terhindar dari masalah duplikat konten pada berbagai versi bahasa di situs web Anda.
Unggah konten yang berkualitas
Untuk memastikan bahwa Anda bisa menghasilkan traffic, konten yang berkualitas tentu penting. Ini tidak sebatas menerjemahkan konten yang sudah ada. Konten yang Anda unggah harus tetap relevan untuk audiens lokal, membuat mereka tertarik untuk mencari tahu lebih jauh, hingga akhirnya mau melakukan konversi.
Gunakan langkah lebih lanjut selain menerjemahkan konten, yakni memberikan konteks dan persepsi lokal pada isi konten. Sampaikan pesan seperti bagaimana target Anda berkomunikasi. Agar maksimal, Anda bisa menggunakan jasa penerjemah dan proofreading profesional lokal untuk memastikan bahwa konten Anda mudah dipahami.
Link-building
Jika memahami cara kerja SEO, Anda pasti tahu bahwa inbound-link dari situs web eksternal adalah salah satu faktor penting untuk menaikkan ranking. Hal ini juga berlaku saat mengoptimalkan situs web internasional. Kali ini, yang penting diperhatikan adalah lokasi dan bahasa dari sumber link. Harapannya, tentu bisa berasal dari situs lain dari negara yang sama atau dalam bahasa yang sama.
Nah, apakah Anda sudah siap menerapkan strategi ini?
International SEO adalah strategi yang bisa digunakan untuk menjangkau audiens global. Buat dan maksimalkan konten dalam berbagai bahasa yang diperlukan, jangan lupa menyelipkan konteks lokal sesuai wilayah market yang dituju. Lakukan optimasi teknis serta dapatkan dukungan dari social media marketing dan berbagai kampanye iklan untuk menunjang
online presence
bisnis.
All Rights Reserved | Frontier Digital