Blog Layout

Jangkau Audiens Global dengan SEO Internasional

Frontier Digital • January 19, 2022

Apakah Anda berencana melakukan ekspansi bisnis di banyak negara? Jika iya, ini saatnya mempertimbangkan optimasi situs web dengan international SEO. Strategi ini akan membantu Anda menjangkau audiens skala global dan meningkatkan pertumbuhan bisnis. Seperti yang kita tahu, SEO akan memudahkan situs web untuk mendapatkan traffic lebih banyak melalui peringkat organik di mesin pencari. Meski prinsip dasarnya sama, menerapkan international SEO nyatanya membutuhkan rencana dan implementasi teknis yang lebih kompleks.

Sumber: Freepik

Apa itu SEO internasional?


Dikutip dari Moz, SEO internasional adalah proses mengoptimalkan situs web sehingga mesin pencari dapat dengan mudah mengidentifikasi negara mana yang ingin Anda targetkan dan bahasa apa yang Anda gunakan untuk bisnis. Strategi ini memungkinkan Anda menjangkau berbagai kelompok audiens internasional, memahami daya saing global, serta merencanakan strategi digital yang terintegrasi sehingga bisnis terus berkembang pesat.


Penerapannya bisa dilakukan melalui penargetan geografis, “
content-language” meta tag, hreflang tag, URL, serta lainnya agar konten bisa optimal dan mudah ditemukan oleh audiens dari seluruh dunia. Singkatnya, mesin pencari seperti Google “digiring” untuk mencocokkan hasil pencarian dengan bahasa dan lokasi audiens.


Tujuan SEO Internasional

Dengan SEO internasional, Anda akan meningkatkan visibilitas produk atau layanan di pasar global. Hal ini memungkinkan bisnis memperoleh dan membangun basis audiens baru yang bisa diarahkan menjadi leads atau bahkan konversi. Perusahaan biasanya punya target spesifik ketika memutuskan untuk membuat situs yang “go internasional”. Di antaranya adalah:


Language targeting

Menetapkan bahasa sebagai target, yakni ketika perusahaan menawarkan produk atau layanan di negara berbeda namun memiliki bahasa yang sama. Anda akan menentukan bahasa apa yang digunakan dalam situs internasional tersebut menggunakan language tag.


Country targeting

Selain bahasa, alternatif yang kedua adalah berdasarkan negara. Perusahaan menawarkan produk atau layanan dengan target negara yang spesifik.


Hybrid

Ini adalah opsi yang lebih kompleks dan disebut tujuan hybrid, yakni menyasar negara dan bahasa sekaligus. Ketika Anda menargetkan suatu negara, Anda mungkin langsung berpikir tentang menggunakan bahasa resmi mereka. Padahal ada banyak populasi di negara tersebut. Misalnya, sebagai perusahaan asal Indonesia, Anda menargetkan populasi yang berbicara bahasa Indonesia di Amerika Serikat.


Menerapkan SEO Internasional


Optimasi ini memang tidak bisa langsung kelihatan hasilnya. Seperti berbagai strategi marketing lain, Anda perlu melakukan uji coba dan evaluasi untuk menemukan taktik yang tepat bagi bisnis. Namun, tentu penting untuk mengetahui terlebih dahulu elemen apa saja yang harus diperhatikan dalam menerapkan international SEO agar penyusunan rencana lebih mudah dan hasilnya efektif. Berikut adalah hal-hal yang bersifat fundamental untuk keberhasilan international SEO.


Baca juga:  10 Tips Optimasi Local SEO Untuk Bisnis


Riset positioning


Sebelum memulai, Anda tentu harus melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk melakukan identifikasi terhadap poin-poin penting seperti mengetahui bagaimana posisi website Anda di negara yang menjadi target, tren organik internasional seperti apa yang mendatangkan traffic, termasuk keyword apa yang menunjang visibilitas bisnis di pencarian organik internasional.


Riset keyword yang mendalam akan membantu Anda mendapatkan data-data berikut:


  • Keyword relevan yang digunakan di negara yang menjadi target
  • Volume pencarian organik untuk keyword per negara
  • Tingkat persaingan keyword
  • Peringkat website saat ini untuk keyword tersebut di pasar target


Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melakukan analisis pada situs web yang sudah ada. Lakukan juga riset perbandingan keyword di pencarian organik menggunakan mesin pencari yang dominan di negara tujuan. Dengan begitu, Anda bisa mengamati siapa yang berperingkat terbaik di SERP di sektor bisnis tersebut. Perhatikan dan analisis bagaimana mereka memaksimalkan keyword.


Pilih domain yang tepat


Dari aspek teknis, Anda perlu melakukan modifikasi domain website. Tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari menunjukkan konten bisnis Anda kepada audiens yang tepat sesuai dengan asal negara atau bahasa. Menurut Hubspot, ada tiga jenis optimasi domain yang bisa diterapkan agar strategi international SEO maksimal.


a. Membuat sub-direktori setelah gTLD

Ini adalah domain utama dari website Anda. Untuk menjangkau audiens yang lebih luas berdasarkan negara atau bahasa, Anda bisa menambahkan folder subdirektori. Dari situ, mesin pencari akan mengarahkan audiens ke sub-direktori tersebut daripada ke halaman utama.


Contoh URL website yang ditambahkan sub-direktori:

domain.com/uk

domain.com/id


b. Menambahkan subdomain sebelum gTLD

Pilihan lainnya adalah dengan menambahkan subdomain sebelum gTLD. Subdomain biasanya cukup mudah diterapkan, tetapi juga bisa lebih mahal untuk diterapkan jika dibandingkan dengan struktur folder.


Contoh URL untuk masing-masing target negara atau bahasa menjadi seperti berikut.

uk.domain.com

id.glints.com


c. Menggunakan country code top level domain (ccTLD)

Pilihan ini bisa menjadi yang paling kompleks dan mahal untuk diterapkan, karena fokus dan membawa identitas untuk setiap negara yang dituju. Country code top level domain diterapkan dengan mengganti “.com” agar sesuai dengan negara yang dituju. Contohnya adalah:

domain.uk

domain.id


Gunakan atribut hreflang


Atribut hreflang menunjukkan bahasa apa yang Anda gunakan, serta wilayah geografis konten Anda. Cara ini juga akan membantu Anda terhindar dari masalah duplikat konten pada berbagai versi bahasa di situs web Anda.


Unggah konten yang berkualitas


Untuk memastikan bahwa Anda bisa menghasilkan traffic, konten yang berkualitas tentu penting. Ini tidak sebatas menerjemahkan konten yang sudah ada. Konten yang Anda unggah harus tetap relevan untuk audiens lokal, membuat mereka tertarik untuk mencari tahu lebih jauh, hingga akhirnya mau melakukan konversi.


Gunakan langkah lebih lanjut selain menerjemahkan konten, yakni memberikan konteks dan persepsi lokal pada isi konten. Sampaikan pesan seperti bagaimana target Anda berkomunikasi. Agar maksimal, Anda bisa menggunakan jasa penerjemah dan proofreading profesional lokal untuk memastikan bahwa konten Anda mudah dipahami.


Link-building


Jika memahami cara kerja SEO, Anda pasti tahu bahwa inbound-link dari situs web eksternal adalah salah satu faktor penting untuk menaikkan ranking. Hal ini juga berlaku saat mengoptimalkan situs web internasional. Kali ini, yang penting diperhatikan adalah lokasi dan bahasa dari sumber link. Harapannya, tentu bisa berasal dari situs lain dari negara yang sama atau dalam bahasa yang sama.


Nah, apakah Anda sudah siap menerapkan strategi ini?
International SEO adalah strategi yang bisa digunakan untuk menjangkau audiens global. Buat dan maksimalkan konten dalam berbagai bahasa yang diperlukan, jangan lupa menyelipkan konteks lokal sesuai wilayah market yang dituju. Lakukan optimasi teknis serta dapatkan dukungan dari social media marketing dan berbagai kampanye iklan untuk menunjang online presence bisnis.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: