Blog Layout

10 Langkah Mudah Beriklan di Facebook Ads

Frontier Digital • October 7, 2022

Sumber: Pexels

Upaya promosi bisnis perlu diperluas dengan cara online, salah satunya melalui media sosial seperti Facebook. Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, media sosial satu ini penting agar bisnis dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Tidak heran jika pada akhirnya banyak pula pebisnis yang memilih untuk beriklan di Facebook Ads agar targetnya tercapai.


Facebook Ads adalah fitur iklan berbayar dari Facebook untuk mempromosikan konten, termasuk konten produk atau jasa dari sebuah bisnis. Penempatan iklan bisa di area beranda atau sidebar. Sudahkah Anda mencoba Facebook Ads untuk pertumbuhan bisnis? Jika belum, bagaimana cara melakukannya agar optimal? Baca sampai bawah untuk mengetahui panduan lengkap cara beriklan di Facebook Ads.


Jenis Iklan di Facebook Ads

Sebelum masuk ke cara membuat iklan, penting untuk mengetahui jenis iklan yan tersedia di Facebook Ads terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki tujuan beriklan yang jelas sehingga nantinya juga bisa memilih tipe iklan yang sesuai dengan kebutuhan.


Beberapa jenis iklan di FB Ads:

1. Page Likes

Iklan dibuat dengan menarget peningkatan jumlah likes pada Facebook Page akun bisnis Anda. Jumlah pengikut yang banyak tergolong penting karena dapat membuat konsumen atau calon konsumen lebih percaya terhadap bisnis.


2. Page Post Engagement

Iklan tipe ini juga bisa disebut boost post atau mempromosikan postingan dari sebuah akun lalu nantinya akan muncul di news feed dan lainnya. Engagement yang naik bisa menguntungkan karena akan meningkatkan awareness serta reputasi bisnis.


3. Website Ads

Jenis iklan satu ini tidak jauh berbeda dari page post engagement. Letak perbedaannya adalah tombol CTA yang berkaitan dengan website, mulai dari klik hingga checkout. Jika Anda ingin mempromosikan website, tipe iklan ini bisa jadi upaya yang efektif.


4. Event Responses

Sesuai namanya, iklan ini bertujuan untuk mempromosikan event. Jika bisnis berencana untuk menggaet target audiens yang tepat melalui event online atau offline, Anda bisa mencoba iklan event. Saat ini sudah banyak bisnis yang melakukan strategi community marketing untuk membangun relasi yang kuat dengan konsumen atau calon konsumen.


5. App Install Ads

Jika bisnis Anda memiliki aplikasi tertentu untuk dipromosikan, Anda bisa menggunakan opsi iklan satu ini. App install ads berguna untuk meningkatkan awareness hingga peningkatan jumlah pengguna. Target audiens  nantinya akan dibawa langsung ke halaman install atau download melalui link yang dicantumkan.


Baca juga: Benarkah Conversion Ads Lebih Efisien daripada Awareness Ads?


Cara Beriklan di Facebook Ads

Jika bisnis sudah memiliki akun Facebook ads, maka berikut adalah langkah-langkah mudah yang perlu diikuti untuk mulai beriklan di Facebook ads:


1. Membuka Facebook Ads Manager

2. Buat dan menentukan kampanye iklan

3. Isi nama kampanye iklan

4. Tentukan anggaran biaya

5. Tentukan target audiens

6. Tentukan durasi iklan

7. Tentukan penempatan iklan

8. Pilih media dan masukkan link tujuan

9. Lakukan review

10. Luncurkan iklan


1. Membuka Facebook Ads Manager

Ketika sudah memiliki Facebook untuk akun bisnis, Anda akan memiliki akses ke halaman Facebook Ads Manager untuk memulai Facebook ads.


2. Buat dan menentukan kampanye iklan

Selanjutnya, Anda memasuki halaman dashboard. Di sini Anda akan melihat tiga kolom utama. Apa saja?

  • Campaign: Tujuan utama yang ingin dicapai melalui iklan
  • Ad sets: Berbagai pengaturan yang diperlukan untuk mencapai tujuan iklan, mulai dari target audiens hingga penempatan
  • Ads: Iklan yang akan ditayangkan


Anda bisa lanjut membuat iklan dengan mengklik "Create". Tentukan tujuan kampanye iklan Anda seperti Awareness, Engagement, App promotions, atau lainnya.

3. Isi nama kampanye iklan

Setelah memilih tujuan, saatnya melengkapi kampanye iklan. Pastikan Anda mengisi kolom Campaign Name dengan nama kampanye iklan. Ini berguna untuk membedakan kampanye yang satu dan lainnya sehingga nanti akan mempermudah proses monitoring atau evaluasi.

 

4. Tentukan anggaran biaya

Isi jumlah anggaran yang ingin dikeluarkan. Terdapat dua opsi, yakni Anggaran Harian (Daily Budget) atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi (Lifetime Budget).


5. Tentukan target audiens

Facebook ads bisa membantu Anda untuk menyasar target audiens yang tepat. Pada pengaturan ini, Anda bisa memilih berbagai kriteria yang cocok untuk menerima iklan Anda seperti demografis dan interest.


6. Tentukan durasi iklan

Tentukan periode beriklan sesuai kebutuhan. Anda bisa mengatur tanggal dan waktu yang spesifik untuk menjalankan iklan.


Baca juga: 7 Tren Social Media Marketing untuk Panduan Bisnis


7. Tentukan penempatan iklan

Pilih placement ads yang tepat. Terdapat banyak pilihan dan Anda bisa menyesuaikan sesuai data konsumen atau target audiens Anda.


8. Pilih media dan masukkan link tujuan

Ini adalah langkah untuk menentukan materi yang hendak diiklankan. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan promosi Anda, mulai dari single image, carousel, hingga video. Anda juga akan mengisi deskripsi media yang sudah dicantumkan beserta caption.


Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tombol CTA dan memasukkan link tujuan atau destinasi yang diharapkan. Jadi, Anda bisa mengarahkan target audiens untuk langsuk merespons iklan sesuai tujuan beriklan Anda. Misalnya, Learn More, Shop Now, atau lainnya.


9. Lakukan review

Sebelum diluncurkan, pastikan Anda sudah melakukan review keseluruhan iklan. Tidak hanya fokus pada detail seperti target audiens atau durasi iklan, pastikan juga bahwa tampilan ikan sesuai dengan harapan Anda. , Anda bisa melakukan pembayaran untuk launching iklan.


10. Luncurkan iklan

Jika sudah iklan sudah siap, langkah terakhir adalah meluncurkan atau menerbitkan iklan. Agar iklan aktif, pastikan Anda sudah melakukan pembayaran yang bisa dilakukan melalui penggunaan kartu kredit, debit card, atau lainnya.


Facebook ads adalah sarana yang efektif untuk menjangkau target audiens Anda. Jika dieksekusi dengan tepat, Anda juga bisa secara signifikan meningkatkan penjualan. Namun, layaknya beriklan di berbagai platform lain, Anda perlu melakukan berbagai eksperimen sampai menemukan formula yang tepat sesuai target bisnis secara keseluruhan. Selamat mencoba!

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: