Sumber: Pexels
Upaya promosi bisnis perlu diperluas dengan cara online, salah satunya melalui media sosial seperti Facebook. Dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar, media sosial satu ini penting agar bisnis dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. Tidak heran jika pada akhirnya banyak pula pebisnis yang memilih untuk beriklan di Facebook Ads agar targetnya tercapai.
Facebook Ads adalah fitur iklan berbayar dari Facebook untuk mempromosikan konten, termasuk konten produk atau jasa dari sebuah bisnis. Penempatan iklan bisa di area beranda atau sidebar. Sudahkah Anda mencoba Facebook Ads untuk pertumbuhan bisnis? Jika belum, bagaimana cara melakukannya agar optimal? Baca sampai bawah untuk mengetahui panduan lengkap cara beriklan di Facebook Ads.
Sebelum masuk ke cara membuat iklan, penting untuk mengetahui jenis iklan yan tersedia di Facebook Ads terlebih dahulu. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki tujuan beriklan yang jelas sehingga nantinya juga bisa memilih tipe iklan yang sesuai dengan kebutuhan.
Beberapa jenis iklan di FB Ads:
1. Page Likes
Iklan dibuat dengan menarget peningkatan jumlah likes pada Facebook Page akun bisnis Anda. Jumlah pengikut yang banyak tergolong penting karena dapat membuat konsumen atau calon konsumen lebih percaya terhadap bisnis.
2. Page Post Engagement
Iklan tipe ini juga bisa disebut boost post atau mempromosikan postingan dari sebuah akun lalu nantinya akan muncul di news feed dan lainnya. Engagement yang naik bisa menguntungkan karena akan meningkatkan awareness serta reputasi bisnis.
3. Website Ads
Jenis iklan satu ini tidak jauh berbeda dari page post engagement. Letak perbedaannya adalah tombol CTA yang berkaitan dengan website, mulai dari klik hingga checkout. Jika Anda ingin mempromosikan website, tipe iklan ini bisa jadi upaya yang efektif.
4. Event Responses
Sesuai namanya, iklan ini bertujuan untuk mempromosikan event. Jika bisnis berencana untuk menggaet target audiens yang tepat melalui event online atau offline, Anda bisa mencoba iklan event. Saat ini sudah banyak bisnis yang melakukan strategi community marketing untuk membangun relasi yang kuat dengan konsumen atau calon konsumen.
5. App Install Ads
Jika bisnis Anda memiliki aplikasi tertentu untuk dipromosikan, Anda bisa menggunakan opsi iklan satu ini. App install ads berguna untuk meningkatkan awareness hingga peningkatan jumlah pengguna. Target audiens nantinya akan dibawa langsung ke halaman install atau download melalui link yang dicantumkan.
Baca juga: Benarkah Conversion Ads Lebih Efisien daripada Awareness Ads?
Jika bisnis sudah memiliki akun Facebook ads, maka berikut adalah langkah-langkah mudah yang perlu diikuti untuk mulai beriklan di Facebook ads:
1. Membuka Facebook Ads Manager
2. Buat dan menentukan kampanye iklan
3. Isi nama kampanye iklan
4. Tentukan anggaran biaya
5. Tentukan target audiens
6. Tentukan durasi iklan
7. Tentukan penempatan iklan
8. Pilih media dan masukkan link tujuan
9. Lakukan review
10. Luncurkan iklan
1. Membuka Facebook Ads Manager
Ketika sudah memiliki Facebook untuk akun bisnis, Anda akan memiliki akses ke halaman Facebook Ads Manager untuk memulai Facebook ads.
2. Buat dan menentukan kampanye iklan
Selanjutnya, Anda memasuki halaman dashboard. Di sini Anda akan melihat tiga kolom utama. Apa saja?
Anda bisa lanjut membuat iklan dengan mengklik "Create". Tentukan tujuan kampanye iklan Anda seperti Awareness, Engagement, App promotions, atau lainnya.
3. Isi nama kampanye iklan
Setelah memilih tujuan, saatnya melengkapi kampanye iklan. Pastikan Anda mengisi kolom Campaign Name dengan nama kampanye iklan. Ini berguna untuk membedakan kampanye yang satu dan lainnya sehingga nanti akan mempermudah proses monitoring atau evaluasi.
4. Tentukan anggaran biaya
Isi jumlah anggaran yang ingin dikeluarkan. Terdapat dua opsi, yakni Anggaran Harian (Daily Budget) atau Anggaran Sepanjang Masa Promosi (Lifetime Budget).
5. Tentukan target audiens
Facebook ads bisa membantu Anda untuk menyasar target audiens yang tepat. Pada pengaturan ini, Anda bisa memilih berbagai kriteria yang cocok untuk menerima iklan Anda seperti demografis dan interest.
6. Tentukan durasi iklan
Tentukan periode beriklan sesuai kebutuhan. Anda bisa mengatur tanggal dan waktu yang spesifik untuk menjalankan iklan.
Baca juga: 7 Tren Social Media Marketing untuk Panduan Bisnis
7. Tentukan penempatan iklan
Pilih placement ads yang tepat. Terdapat banyak pilihan dan Anda bisa menyesuaikan sesuai data konsumen atau target audiens Anda.
8. Pilih media dan masukkan link tujuan
Ini adalah langkah untuk menentukan materi yang hendak diiklankan. Pilih format yang sesuai dengan kebutuhan promosi Anda, mulai dari single image, carousel, hingga video. Anda juga akan mengisi deskripsi media yang sudah dicantumkan beserta caption.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tombol CTA dan memasukkan link tujuan atau destinasi yang diharapkan. Jadi, Anda bisa mengarahkan target audiens untuk langsuk merespons iklan sesuai tujuan beriklan Anda. Misalnya, Learn More, Shop Now, atau lainnya.
9. Lakukan review
Sebelum diluncurkan, pastikan Anda sudah melakukan review keseluruhan iklan. Tidak hanya fokus pada detail seperti target audiens atau durasi iklan, pastikan juga bahwa tampilan ikan sesuai dengan harapan Anda. , Anda bisa melakukan pembayaran untuk launching iklan.
10. Luncurkan iklan
Jika sudah iklan sudah siap, langkah terakhir adalah meluncurkan atau menerbitkan iklan. Agar iklan aktif, pastikan Anda sudah melakukan pembayaran yang bisa dilakukan melalui penggunaan kartu kredit, debit card, atau lainnya.
Facebook ads adalah sarana yang efektif untuk menjangkau target audiens Anda. Jika dieksekusi dengan tepat, Anda juga bisa secara signifikan meningkatkan penjualan. Namun, layaknya beriklan di berbagai platform lain, Anda perlu melakukan berbagai eksperimen sampai menemukan formula yang tepat sesuai target bisnis secara keseluruhan. Selamat mencoba!
All Rights Reserved | Frontier Digital