Blog Layout

Cara Mudah Membuat Iklan di Google Ads

Frontier Digital • October 4, 2022

Sumber: Pexels

Google adalah peluang yang besar dan menjanjikan bagi pemilik bisnis. Lebih dari 90% pengguna internet Indonesia menggunakan mesin pencari satu ini untuk memperoleh berbagai informasi. Inilah mengapa mencoba beriklan di Google Ads, salah satu fitur Google, bisa menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau target audiens atau calon konsumen.


Google Ads sebelumnya dikenal dengan nama Google AdWords. Cara kerjanya adalah menampilkan iklan saat pengguna menelusuri secara online kata kunci yang relevan. Jika dieksekusi dengan baik, upaya ini bisa meningkatkan jumlah website traffic bahkan penjualan. Namun, meski terdengar familiar, ternyata tidak semua orang tahu cara membuat iklan di Google Ads.


Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai cara mudah membuat iklan di Google Ads agar pertumbuhan bisnis optimal. Mari simak!


Jenis-jenis Iklan di Google Ads

Sebelum beriklan, pastikan Anda tahu tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Ini penting agar eksekusinya nanti lancar, alokasi biaya untuk beriklan pun tidak terbuang sia-sia. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah mengenal jenis-jenis iklan di Google Ads. Ada apa saja? Berikut di antaranya:


1. Search Campaign

Biasanya berbentuk teks, iklan ini dapat tampil di halaman hasil Google saat seseorang menelusuri produk atau layanan dengan keyword relevan. Iklan ini akan berada di posisi paling atas dengan label "Iklan" atau "Ad".


2. Shopping Campaign

Shopping campaign adalah bagian dari search campaign di mana iklan akan dipromosikan dengan tampilan visual di halaman hasil pencarian dan halaman Google Shopping.


3. Display Campaign

Biasanya berbentuk gambar, iklan ini tampil di berbagai jaringan display Google. Google menawarkan untuk menampilkan iklan banner di dalam halaman website atau aplikasi yang merupakan bagian dari jaringan Google.


4. App Campaign

Kampanye ini merupakan bagian dari display campaign. App campaign digunakan untuk mempromosikan aplikasi seperti mendorong penginstalan. Iklan akan muncul di Google Play, Google Search, atau YouTube.


5. Video Campaign

Biasanya berupa video berdurasi 6 atau 15 detik, iklan ini ditampilkan tepat sebelum atau selama pemutaran konten YouTube. Pada tipe ini, Anda juga bisa memasang kampanye iklan yang tidak dapat di-skip oleh penonton.


Baca juga: Istilah Penting dalam Google Ads


Cara Membuat Iklan di Google Ads

Pertama, Anda perlu memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, Anda bisa menggunakan panduan Google untuk mendaftar. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat iklan di Google Ads:


1. Buka Google Ads

Silakan kunjungi halaman Google Ads lalu pilih "Mulai sekarang".

2. Masukkan tujuan campaign

Berikutnya adalah memilih goals yang hendak dicapai dari pemasangan iklan. Berbagai pilihan goals di Google Ads:


  • Sales: untuk penjualan produk secara online atau offline.
  • Leads: untuk mendapatkan leads dan konversi.
  • Website traffic: untuk mendapatkan pengunjung ke website.
  • Product and brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis.
  • Brand awareness and reach: menjangkau audiens luas dan membangun awareness.
  • App promotion: mempromosikan aplikasi agar pelanggan melakukan install.
  • Local store visits and promotion: meningkatkan kunjungan toko fisik.


3. Pilih jenis tampilan Google Ads

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa jenis kampanye iklan yang bisa Anda luncurkan seperti search, display, shopping, atau lainnya.


4. Pilih target lokasi dan bahasa

Berikutnya adalah memilih target lokasi dan bahasa yang akan digunakan untuk iklan. Ini akan sangat berkaitan dengan jangkauan iklan.


5. Sesuaikan target audiens

Google Ads dapat membantu Anda untuk menyasar audiens yang spesifik melalui penargetan audiens. Di sini Anda bisa menyesuaikan agar iklan dapat diterima oleh mereka yang memang Anda sasar, mulai dari demografis, interest, atau lainnya.


6. Tentukan anggaran iklan harian

Anda bisa mengatur anggaran iklan harian di Google Ads. Artinya, Anda bisa memastikan anggaran harian maksimal yang akan dikeluarkan setiap hari. Hal ini akan bergantung pada biaya per klik.


7. Tentukan bidding untuk iklan

Bidding adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap tujuan iklan. Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih, yakni mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik atau mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik.


8. Lengkapi informasi lain soal bisnis

Agar hasilnya optimal, jangan lupa untuk menambahkan informasi seperti lokasi bisnis, kontak, media sosial, atau lainnya.


Baca juga: Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis


9. Atur keyword untuk iklan

Selanjutnya Anda perlu memasukkan keyword yang relevan dengan konten yang yang dipromosikan. Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni exact match, phrase match, dan broad match. Berikut perbedaannya:


  • Broad match ─ berisi semua kata, mungkin dalam urutan apa pun, dan dapat menyertakan kata lain.
  • Phrase match ─ berisi semua kata, dalam urutan, dan dapat mencakup kata lain sebelum atau sesudah frasa.
  • Exact match ─ hanya berisi kata-kata ini dalam urutan ini.


10. Buat Ad copy

Selanjutnya adalah membuat tampilan iklan. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh isi teks iklan pada hasil pencarian.


11. Lakukan review

Setelah menerapkan semua langkah di atas, Anda sebaiknya mengecek ulang apakah iklan sudah siap ditayangkan. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman preview untuk melihat tampilan iklan.


12. Siapkan detail penagihan

Cara pasang iklan Google selanjutnya adalah Anda diminta untuk memasukkan detail penagihan pembayaran. Di sini Anda perlu mengisi beberapa informasi seperti Negara dan Zona Waktu, Info Pelanggan,  Metode Pembayaran, Centang Persetujuan.


Setelah pembayaran tagihan dilakukan, iklan akan di-review oleh Google. Anda tinggal menunggu apakah iklan disetujui dan layak tayang.


Itulah langkah-langkah membuat iklan di Google Ads yang bisa langsung Anda coba untuk memaksimalkan potensi bisnis. Agar hasilnya sesuai, jangan lupa untuk mempersiapkan keyword berdasarkan riset, rencana penempatan iklan sesuai data, serta anggaran biaya yang sesuai. Selamat mencoba!

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: