Sumber: Pexels
Google adalah peluang yang besar dan menjanjikan bagi pemilik bisnis. Lebih dari 90% pengguna internet Indonesia menggunakan mesin pencari satu ini untuk memperoleh berbagai informasi. Inilah mengapa mencoba beriklan di Google Ads, salah satu fitur Google, bisa menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau target audiens atau calon konsumen.
Google Ads sebelumnya dikenal dengan nama Google AdWords. Cara kerjanya adalah menampilkan iklan saat pengguna menelusuri secara online kata kunci yang relevan. Jika dieksekusi dengan baik, upaya ini bisa meningkatkan jumlah website traffic bahkan penjualan. Namun, meski terdengar familiar, ternyata tidak semua orang tahu cara membuat iklan di Google Ads.
Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai cara mudah membuat iklan di Google Ads agar pertumbuhan bisnis optimal. Mari simak!
Sebelum beriklan, pastikan Anda tahu tujuan dan hasil yang ingin dicapai. Ini penting agar eksekusinya nanti lancar, alokasi biaya untuk beriklan pun tidak terbuang sia-sia. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah mengenal jenis-jenis iklan di Google Ads. Ada apa saja? Berikut di antaranya:
1. Search Campaign
Biasanya berbentuk teks, iklan ini dapat tampil di halaman hasil Google saat seseorang menelusuri produk atau layanan dengan keyword relevan. Iklan ini akan berada di posisi paling atas dengan label "Iklan" atau "Ad".
2. Shopping Campaign
Shopping campaign adalah bagian dari search campaign di mana iklan akan dipromosikan dengan tampilan visual di halaman hasil pencarian dan halaman Google Shopping.
3. Display Campaign
Biasanya berbentuk gambar, iklan ini tampil di berbagai jaringan display Google. Google menawarkan untuk menampilkan iklan banner di dalam halaman website atau aplikasi yang merupakan bagian dari jaringan Google.
4. App Campaign
Kampanye ini merupakan bagian dari display campaign. App campaign digunakan untuk mempromosikan aplikasi seperti mendorong penginstalan. Iklan akan muncul di Google Play, Google Search, atau YouTube.
5. Video Campaign
Biasanya berupa video berdurasi 6 atau 15 detik, iklan ini ditampilkan tepat sebelum atau selama pemutaran konten YouTube. Pada tipe ini, Anda juga bisa memasang kampanye iklan yang tidak dapat di-skip oleh penonton.
Baca juga: Istilah Penting dalam Google Ads
Pertama, Anda perlu memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, Anda bisa menggunakan panduan Google untuk mendaftar. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat iklan di Google Ads:
1. Buka Google Ads
Silakan kunjungi halaman
Google Ads lalu pilih "Mulai sekarang".
2. Masukkan tujuan campaign
Berikutnya adalah memilih goals yang hendak dicapai dari pemasangan iklan. Berbagai pilihan goals di Google Ads:
3. Pilih jenis tampilan Google Ads
Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa jenis kampanye iklan yang bisa Anda luncurkan seperti search, display, shopping, atau lainnya.
4. Pilih target lokasi dan bahasa
Berikutnya adalah memilih target lokasi dan bahasa yang akan digunakan untuk iklan. Ini akan sangat berkaitan dengan jangkauan iklan.
5. Sesuaikan target audiens
Google Ads dapat membantu Anda untuk menyasar audiens yang spesifik melalui penargetan audiens. Di sini Anda bisa menyesuaikan agar iklan dapat diterima oleh mereka yang memang Anda sasar, mulai dari demografis, interest, atau lainnya.
6. Tentukan anggaran iklan harian
Anda bisa mengatur anggaran iklan harian di Google Ads. Artinya, Anda bisa memastikan anggaran harian maksimal yang akan dikeluarkan setiap hari. Hal ini akan bergantung pada biaya per klik.
7. Tentukan bidding untuk iklan
Bidding adalah biaya yang akan dikeluarkan untuk setiap tujuan iklan. Terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih, yakni mempercayakan Google untuk menentukan sendiri nilai per klik atau mengisi sendiri nominal yang ingin dibayarkan per klik.
8. Lengkapi informasi lain soal bisnis
Agar hasilnya optimal, jangan lupa untuk menambahkan informasi seperti lokasi bisnis, kontak, media sosial, atau lainnya.
Baca juga: Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis
9. Atur keyword untuk iklan
Selanjutnya Anda perlu memasukkan keyword yang relevan dengan konten yang yang dipromosikan. Ada tiga jenis keyword match yang ditentukan Google, yakni exact match, phrase match, dan broad match. Berikut perbedaannya:
10. Buat Ad copy
Selanjutnya adalah membuat tampilan iklan. Untuk paid search, Google membatasi karakter teks agar dapat memuat seluruh isi teks iklan pada hasil pencarian.
11. Lakukan review
Setelah menerapkan semua langkah di atas, Anda sebaiknya mengecek ulang apakah iklan sudah siap ditayangkan. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman preview untuk melihat tampilan iklan.
12. Siapkan detail penagihan
Cara pasang iklan Google selanjutnya adalah Anda diminta untuk memasukkan detail penagihan pembayaran. Di sini Anda perlu mengisi beberapa informasi seperti Negara dan Zona Waktu, Info Pelanggan, Metode Pembayaran, Centang Persetujuan.
Setelah pembayaran tagihan dilakukan, iklan akan di-review oleh Google. Anda tinggal menunggu apakah iklan disetujui dan layak tayang.
Itulah langkah-langkah membuat iklan di Google Ads yang bisa langsung Anda coba untuk memaksimalkan potensi bisnis. Agar hasilnya sesuai, jangan lupa untuk mempersiapkan keyword berdasarkan riset, rencana penempatan iklan sesuai data, serta anggaran biaya yang sesuai. Selamat mencoba!
All Rights Reserved | Frontier Digital