Blog Layout

7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Frontier Digital • October 1, 2022

Di era serba online seperti sekarang, penting bagi perusahaan untuk menerapkan strategi digital marketing. Tujuannya tentu agar beradaptasi dengan perkembangan teknologi sehingga memperoleh lebih banyak benefit dan mampu bersaing dengan kompetitor. Strategi digital marketing pada dasarnya adalah teknik pemasaran modern yang memanfaatkan media digital seperti website dan media sosial.


Data menunjukkan bahwa
63% bisnis meningkatkan anggaran digital marketing mereka. Digital marketing memang bisa sangat berpengaruh terhadap penjualan karena saluran yang lebih beragam dan mudah diakses, penargetan yang lebih efisien, serta proses evaluasi yang lebih optimal. Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai kelebihan hingga contoh strategi digital marketing yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis.

7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Sumber: Pexels

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing memiliki berbagai kelebihan. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengimplementasikan strategi ini. 


Jangkauan luas dan spesifik

Platform online adalah peluang bisnis yang luar biasa. Dengan memanfaatkan internet, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens tanpa ada batasan jarak dan waktu. Anda bahkan bisa memperluas market hingga kancah global. Tidak hanya itu, berbeda dengan pemasaran konvensional, digital marketing bisa membantu bisnis untuk menyasar target yang lebih spesifik. Mulai dari demografis, geografis, psikografis, hingga behaviour-nya.

7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Sumber: Hootsuite

Eksekusi lebih efektif

Dengan data yang dihasilkan dari upaya digital marketing, Anda bisa melihat cara dan platform apa yang lebih efektif untuk mencapai target bisnis. Dengan bantuan statistik ini, Anda bisa terus memaksimalkan proses evaluasi dan eksekusi lebih lanjut. Jadi, selalu ada perbaikan berdasarkan data, bukan berdasarkan asumsi semata.


Lebih adaptif dan kompetitif

Data bisa menunjukkan pola dan tren pemasaran yang nantinya akan berguna untuk mengembangkan bisnis. Penerapan digital marketing sejatinya bisa membantu bisnis untuk terus adaptif dan kompetitif. Anda jadi bisa mengetahui apa yang dilakukan bisnis lain, menilai kinerjanya, bahkan turut mencoba atau mengadopsi strategi yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda.


ROI meningkat

Melihat cara kerjanya, digital marketing yang dieksekusi dengan baik tentu dapat secara signifikan meningkatkan ROI. Bayangkan, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dengan cara yang lebih mudah bahkan murah, serta bisa mempromosikan dengan pendekatan yang unik dengan penargetan spesifik. Ketika menyasar dan meyakinkan prospek jadi lebih mudah, kesempatan untuk mendorong terjadinya konversi pun bisa meningkat.


7 Strategi Digital Marketing

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menerapkan digital marketing ini? Pemasaran digital tidak hanya terpaku pada iklan digital. Ada banyak opsi-opsi lain yang bisa dipertimbangkan. Bahkan, Anda juga bisa menerapkan integrated strategy atau strategi yang mencakup berbagai lini sekaligus agar target bisnis tercapai. 


Berikut telah kami rangkum jenis strategi digital marketing yang cocok untuk pengembangan bisnis Anda.


1. Inbound Marketing

Inbound marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan untuk membantu calon konsumen menemukan bisnis atau perusahaan Anda dengan mudah. Berbeda dengan outbound marketing yang lebih tradisional, inbound marketing fokus pada "menarik" konsumen sehingga tidak akan terjadi pemaksaan oleh brand. Inbound marketing terdiri dari:


  • Attract

Tahap pertama untuk menarik perhatian  konsumen.

  • Convert

Setelah membuat mereka tertarik dengan brand, bahkan menjadi pengikut brand, selanjutnya adalah menindaklanjuti prospek yang masuk.

  • Close

Berikutnya adalah melakukan brand engagement untuk makin meyakinkan calon konsumen.

  • Delight

Setelah prospek berubah menjadi pelanggan, brand harus terus menjaga hubungan baik ini. Tujuannya adalah untuk membuat konsumen melakukan pembelian ulang atau loyal terhadap brand.


Baca juga: Pentingnya Sisi ATTRACT Dalam Inbound Marketing


2. Search Engine Optimization (SEO)

Saat menerapkan digital marketing, penting untuk mengoptimalkan penggunaan website bisnis. Tidak hanya sekedar ada, situs web juga perlu dioptimasi agar tampak profesional dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan potensial. Inilah mengapa Anda memerlukan search engine optimization (SEO). Sekitar 64% marketer aktif menginvestasikan waktu untuk menerapkan strategi ini.


Beberapa hal yang penting diperhatikan saat melakukan teknik SEO agar halaman atau website memperoleh peringkat yang lebih baik:


  • On-page SEO

Fokus pada proses optimasi konten di dalam website (on page). Artinya, melakukan riset kata kunci dengan mempertimbangan search volume hingga traffic potential, menyusun struktur konten yang mudah dibaca, mengisi meta tag yang lebih deskriptif, serta memaksimalkan penggunaan media (foto atau video) pada konten.

  • Off-page SEO

Sesuai namanya, jenis satu ini fokus pada aktivitas di luar website (off page). Anda perlu mengumpulkan backlink atau tautan yang mengarah ke situs Anda untuk memperoleh authority sehingga website bisa dinilai lebih kredibel dan pada akhirnya juga membantu memperbaiki peringkat di mesin pencari. Tahap ini juga bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dan berjejaring dengan pemilik situs lain.

  • Technical SEO

Yang terakhir ini berfokus pada kinerja situs web Anda, termasuk soal bagaimana halaman Anda dikodekan (coding). Kualitas gambar, mobile-friendliness, hingga kecepatan loading situs web Anda penting diperhatikan dan dioptimalkan agar bisa memperoleh peringkat terbaik di mesin pencari,


3. Pay per Click (PPC)

PPC adalah metode untuk memperoleh traffic instan ke situs web Anda dengan membayar publisher setiap kali iklan Anda diklik. 33% marketer menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan brand awareness. Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google Ads, yang memungkinkan bisnis Anda menduduki posisi teratas di halaman hasil mesin pencari Google. Contoh lain dari PPC adalah FB Ads, Twitter Ads, dan Sponsored Messages on LinkedIn. 


4. Social Media Marketing (SMM)

Social media marketing (SMM) mempromosikan brand melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, LinkedIn, atau lainnya. Media sosial bisa menjadi medium yang tepat untuk mempromosikan bisnis mengingat penggunanya yang terus meningkat. Dengan cara kerja algoritma dan penyebaran konten yang lebih mudah, media sosial bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan tren yang akan mendongkrak popularitas brand. Brand juga bisa bekerjasama dengan para influencer untuk campaign awareness yang lebih efektif.


5. Email Marketing

53% marketer mengatakan email telah menjadi saluran paling efektif untuk menghasilkan prospek tahap awal. Perusahaan menggunakan email marketing untuk terus terhubung atau berkomunikasi dengan audiens mereka. Email sering digunakan untuk mempromosikan konten, diskon, acara, serta untuk mengarahkan orang ke situs web bisnis. Jenis email yang umum digunakan dalam email marketing adalah newsletter, follow-up email, customer welcome email.


6. Content Marketing

Istilah ini mengacu pada pembuatan dan promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness, peningkatan jumlah traffic dan leads, hingga naiknya penjualan. Rutin memperbarui dan konsisten mengunggah konten adalah cara yang efektif untuk membangun koneksi positif dengan target audiens, terlebih jika kemasan konten sesuai dengan selera mereka. Contoh content marketing adalah blog post yang membantu bisnis untuk mengenalkan dan menawarkan produk. Selain itu, Ada pula infografis, ebook, serta konten audio visual.


Baca juga: Content Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Sumber: hookagency.com

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah tipe pemasaran di mana perusahaan membayar pihak lain (misalnya, blogger) untuk mempromosikan atau menawarkan produk mereka dan menghasilkan penjualan. Komisi akan diterima oleh affiliate jika ia berhasil mendapatkan pembeli. Melalui cara ini, bisnis akhirnya tidak perlu mengeluarkan biaya yang sia-sia. Kelebihan lainnya adalah para afiliasi ini biasanya sudah memiliki niche dan basis audiens yang kuat sehingga promosi dan penawaran berjalan lebih efektif.


Nah, itulah 7 strategi digital marketing untuk bisnis yang bisa Anda pertimbangkan dan diimplementasikan. Layaknya strategi lain, tentu Anda perlu melakukan uji coba sehingga bisa memperoleh formula yang tepat. Digital marketing tidak berlaku sama untuk setiap bisnis, hal ini tetap akan bergantung pada kebutuhan dan target bisnis Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: