Blog Layout

5 Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Frontier Digital • Oct 17, 2022

Pertumbuhan media sosial juga diikuti oleh meningkatnya jumlah influencer. Berasal dari berbagai kalangan dengan niche masing-masing, tidak heran jika brand akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi atau bekerjasama dengan para influencer ini. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara menemukan influencer yang tepat?


Penggunaan influencer untuk mengenalkan brand hingga meningkatkan penjualan adalah inti dari strategi influencer marketing. Agar implementasinya sukses, pemilik bisnis tentu tidak boleh sembarangan memilih sosok yang akan mempromosikan produk mereka. Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai hal tersebut, mulai dari cara menemukan hingga menentukan influencer yang tepat untuk bisnis.

5 Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Sumber: Freepik

Pengertian Influencer

Sesuai namanya, seseorang disebut sebagai influencer ketika memiliki banyak pengikut dan pengaruh besar kepada audiensnya. Inilah mengapa influencer tidak hanya datang dari kalangan selebriti atau publik figur ternama, siapa pun bisa membangun reputasi untuk menjadi influencer selama memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengubah opini dan perilaku khalayak banyak secara online.


Jika dikategorisasi berdasarkan jumlah followers, tingkatan influencer dapat dibagi menjadi:


  • Mega influencer

        Memiliki lebih dari 1 juta followers.

  • Macro influencer

        Memiliki 100.000-1 juta followers.

  • Micro influencer

        Memiliki 10.000-100.000 followers.

  • Nano influencer

        Memiliki 1000-10.000 followers.


Baca juga: Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

5 Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Sumber: instagram.com/fadiljaidi/

Cara Menemukan Influencer

Jika Anda mempertimbangkan strategi influencer marketing, langkah penting yang harus dilakukan adalah tentu saja menemukan sosok influencer. Di Instagram saja, diperkirakan ada 500.000 influencer aktif, belum lagi dari platform media sosial lain seperti TikTok dan YouTube. Bagaimana Anda bisa menemukan influencer? Berikut adalah beberapa alternatif caranya.


1. Cek followers

Jika Anda memiliki brand yang tergolong mapan, maka ada baiknya untuk mengecek followers brand Anda terlebih dahulu. Siapa tahu di antara para pengikut setia tersebut, terdapat sosok influencer yang tepat untuk mempromosikan brand. Mengingat followers artinya memiliki ketertarikan terhadap brand atau produk yang Anda tawarkan, maka hal tersebut tentu akan memudahkan proses kerjasama nantinya.


2. Tanya ke followers

Selain memeriksa followers sendiri, Anda juga bisa bertanya kepada mereka terkait siapakah sosok yang tepat untuk berkolaborasi dengan brand. Pahami bahwa followers brand adalah orang-orang yang memperhatikan brand, dan besar kemungkinan bahwa mereka juga mengikuti berbagai influencer di media sosial. Dengan demikian, mereka bisa saja memberikan saran yang tepat.


3. Keyword dan hashtag di media sosial

Untuk menemukan influencer yang tepat, Anda bisa coba melakukan pencarian keyword atau hashtag yang relevan dengan brand. Ingat, influencer yang berkualitas biasanya memiliki authority atau interest yang jelas pada topik tertentu sehingga seharusnya akan lebih mudah ditemukan. Misalnya, Anda bisa menggunakan hashtag #makeupchallenge untuk menemukan top post atau sosok influencer yang banyak mengunggah konten seputar make-up.


4. Google alerts

Google Alerts adalah metode lain milik Google yang bisa membantu Anda menemukan influencer. Caranya adalah dengan menetapkan "alerts" untuk kata kunci yang relevan dengan brand Anda. Ini akan membantu Anda menemukan orang yang menulis tentang topik yang berkaitan dengan industri atau produk Anda.

5 Cara Menemukan Influencer yang Tepat untuk Bisnis

Sumber: Ahrefs

5. Influencer marketing platforms

Platform ini dapat membantu Anda menemukan influencer dengan lebih cepat. Dengan database influencer yang tersedia, akan lebih mudah bagi Anda untuk langsung melakukan filter berdasarkan jangkauan, kategori, keterlibatan, platform media sosial, dan banyak lagi. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengidentifikasi influencer mana yang memiliki real audience dan tidak. Beberapa tools yang Anda gunakan adalah keyhole dan buzzsumo.


Baca juga: Seberapa Besar Peran Social Media Influencer Untuk Mendorong Bisnis?


Kriteria Influencer yang Tepat

Tantangan untuk mengimplementasikan influencer marketing tidak hanya di bagaimana menemukan influencer, tapi bagaimana mempersempit alternatif yang ada, memilah dan memilih agar sesuai dengan kebutuhan pemasaran brand. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kriteria influencer yang tepat agar target mengembangkan bisnis melalui strategi ini berjalan efektif.


Apa saja metrik yang baik untuk menilai influencer? Berikut adalah di antaranya:


Relevansi

Pertama, brand memang harus tahu siapa yang menjadi target audiens. Dengan demikian, akan  lebih mudah nantinya untuk menentukan influencer mana yang cocok. Ingat, influencer sangat beragam, bergantung pada niche yang mereka bangun. Apakah sosok tersebut sesuai dengan value brand? Apakah sesuai untuk mempromosikan produk atau layanan brand? Coba cari tahu dengan melihat topik atau bahasan yang selama ini diunggah.


Target audiens

Basis audiens yang sudah terbentuk adalah elemen kunci mengapa strategi influencer marketing terus diminati. Menemukan sasaran yang tepat tentu akan mendukung tercapainya target pemasaran. Jumlah followers influencer yang tinggi memang tampak menjanjikan, namun jika para pengikut tersebut bukan target yang dituju oleh brand, maka untuk apa? Anda hanya akan buang-buang tenaga, waktu, dan biaya untuk hal yang tidak mendatangkan profit bisnis.


Engagement rate

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, influencer haruslah merupakan sosok yang memiliki pengaruh. Metrik ini bisa dilihat dari bagaimana influencer berinteraksi dengan para pengikutnya, coba lihat koneksi seperti apa yang terbentuk. Apakah percakapan sering terjadi, bagaimana followers merespons unggahan sang influencer, dan semacamnya. Teknisnya, Anda juga bisa mencari tahu nilai engagement rate dari akun tersebut terlebih dahulu.


Authenticity

Sisi orisinal influencer juga perlu menjadi bahan pertimbangan agar makin menarik audiens. Inilah mengapa influencer tidak hanya berasal dari golongan selebriti atau yang umum dikenal di media mainstream. Authenticity adalah apa yang membuat para pengikut mereka bertahan dan percaya. Dengan demikian, ketika bekerjasama, akan lebih mudah pula bagi brand untuk memengaruhi keputusan pembelian target audiens.


Kualitas konten

Poin penting lain yang harus dipikirkan adalah kualitas konten sang influencer. Karena biasanya, meski bekerjasama dengan brand, influencer akan membuat konten versi mereka sendiri agar pesannya tersampaikan dengan baik ke followers mereka. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memastikan apakah konten yang selama ini disajikan adalah tipe konten yang cocok dengan materi promosi atau brand secara keseluruhan.


Influencer marketing terus diminati karena terbukti meningkatkan ROI. Namun, Anda perlu mengetahui cara menemukan dan memilih influencer yang memang tepat untuk bisnis. Jumlah followers yang banyak bukanlah satu-satunya indikator atau jaminan agar target pemasaran Anda tercapai.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: