Blog Layout

7 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website

Frontier Digital • November 8, 2022

Internet membuat berbagai hal terasa seperti dalam genggaman. Bayangkan, dengan beberapa kali klik saja, setiap orang bisa memperoleh informasi hingga membeli sebuah produk.  Tidak hanya itu, siapa pun kini bisa saling terhubung tanpa ada batasan jarak dan waktu. Mengingat berbagai perkembangan ini, tentu menjadi penting bagi bisnis untuk beradaptasi dan mulai mencoba ekosistem digital. Salah satunya dengan memiliki website.

7 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website

Sumber: Freepik

Data menunjukkan bahwa rata-rata pencarian di Google mencapai 99.000 per detik, yang berarti menghasilkan lebih dari 8,5 miliar pencarian dalam sehari. Ini adalah peluang agar bisnis Anda ditemukan. Situs web profesional jelas menjadi elemen yang krusial untuk mendukung online presence bisnis Anda. Ketika bisnis tidak memiliki website, berbagai kesempatan termasuk calon konsumen pun bisa hilang. Apa masih tidak tertarik untuk mengoptimalkan keberadaan bisnis Anda di jagad online?


Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa alasan mengapa memiliki website sangat penting untuk pertumbuhan bisnis.


1. Menampilkan informasi seputar bisnis

Website bisa diibaratkan sebagai toko online untuk menarik perhatian calon konsumen, termasuk sebagai medium untuk mempromosikan produk. Melalui website, Anda bisa menampilkan berbagai informasi bisnis yang lebih detail. Hal ini tentu akan mempermudah calon konsumen untuk mengenal bisnis Anda.


Apa saja yang bisa ditampilkan di website? Mulai dari profil perusahaan, berbagai jenis produk dan layanan serta detail deskripsinya, portofolio, ulasan dari konsumen, media sosial, dan berbagai informasi lainnya yang dapat mendukung
online presence bisnis Anda.


2. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Ketika memiliki website, apalagi dengan kualitas bagus, hal tersebut dapat menunjukkan komitmen keseriusan sebuah bisnis. Ingat, calon konsumen kerap melakukan riset online terlebih dahulu sebelum akhirnya benar-benar membeli produk. Dengan demikian, tersedianya website tentu dapat meningkatkan kredibilitas bisnis atau perusahaan.


Website juga bisa disebut sebagai wajah bisnis di jagad online. Saat ini, tidak memiliki situs web dapat menimbulkan pertanyaan tentang legitimasinya. Memiliki situs web yang menarik dan profesional merupakan salah satu strategi untuk memenangkan persaingan. Misalnya, melalui informasi seperti profil perusahaan dan ulasan, konsumen jadi lebih percaya dengan bisnis Anda.


Baca juga: Tanda-Tanda Bisnis Anda Memerlukan Website Baru


3. Meningkatkan brand awareness

Situs web yang profesional akan membantu meningkatkan brand awareness secara keseluruhan. Sebuah website bertugas untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya kepada konsumen, termasuk untuk membedakan bisnis dari kompetitor. Brand awareness yang baik dapat meningkatkan rasa percaya bahkan mendorong konsumen untuk melakukan konversi.


Agar berjalan lebih maksimal, website biasanya dioptimasi melalui teknik SEO. Cara ini akan membantu bisnis agar lebih mudah ditemukan secara organik, menaikkan jumlah pengunjung, dan pada akhirnya juga berpeluang besar untuk meningkatkan penjualan.


4. Target pasar lebih luas

Memiliki website yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja berarti akan memperbesar peluang jangkauan bisnis Anda. Jika selama ini jangkauan bisnis Anda hanya sebatas lokal, melalui website, Anda jadi bisa menjangkau pasar internasional. Jika Anda memiliki produk yang dapat dengan mudah dijual secara online, Anda dapat secara signifikan meningkatkan basis pelanggan Anda dengan menjual secara online.


5. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Kemudahan akses membuat website menjadi elemen penting untuk bisnis yang ingin bersaing secara digital. Website tidak hanya membantu calon pembeli ataupun pelanggan untuk memperoleh informasi produk secara tepat, melainkan juga bisa memperoleh layanan customer service yang lebih efisien. Sebagai hasilnya, hal tersebut tentu dapat  meningkatkan layanan pelanggan Anda secara keseluruhan. Misalnya, website bisa didukung dengan layanan chatbot yang akan menjawab berbagai pertanyaan umum secara cepat.

7 Alasan Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website

Sumber: Freepik

6. Hemat Biaya

Keuntungan lain ketika Anda mulai menggunakan website adalah pengeluaran yang bisa lebih hemat sehingga makin memungkinkan untuk melakukan optimasi budget. Coba bandingkan dengan biaya toko fisik atau berbagai bentuk promosi konvensional seperti memasang billboard. Memiliki website dan mengoptimasinya tentu bisa jadi pilihan yang lebih murah namun tetap bisa memberikan hasil yang maksimal, bahkan bisa juga lebih baik. Ini mengingat bahwa jangkauan website lebih luas, termasuk bisa menarget audiens dengan lebih spesifik.


Baca juga: 7 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website


7. Meningkatkan ROI

Website tentu juga bisa meningkatkan penjualan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, situs web profesional bisa meningkatan rasa percaya calon konsumen sehingga mereka lebih yakin dan terdorong untuk membeli. Tidak hanya itu, ketika website sudah dioptimasi sehingga brand awareness meningkat, bisnis dan produk Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli yang tepat. Anda juga bisa memanfaatkan iklan seperti Google Ads untuk memperoleh lebih banyak leads yang nantinya bisa diubah menjadi pelanggan. Jika dieksekusi dengan optimal, penggunaan website bisa secara signifikan meningkatkan ROI.


Setiap bisnis yang ingin bersaing di pasar modern perlu memiliki situs web. Tanpa situs web, sulit untuk menjangkau calon pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada dan melibatkan mereka secara online. Di era digital, website adalah media promosi yang tidak hanya terbukti efektif, namun juga efisien untuk memangkas biaya dan optimasi budget.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: