Blog Layout

Tutorial Keyword Research Menggunakan Google Keyword Planner

Frontier Digital • November 9, 2022
Tutorial Keyword Research Menggunakan Google Keyword Planner

Sumber: Pexels

Riset keyword adalah langkah penting untuk mengoptimalkan kinerja konten. Selain agar konten lebih SEO-friendly, menemukan kata kunci yang tepat juga akan membantu memaksimalkan strategi SEM bisnis. Di antara berbagai opsi keyword research tools, salah satu yang sering diandalkan oleh para digital marketer adalah Google Keyword Planner.


Google Keyword Planner merupakan tools milik Google yang bisa diakses secara gratis. Melalui tools ini, Anda bisa menemukan ide kata kunci yang relevan untuk bisnis, rata-rata pencariannya oleh user, hingga tingkat persaingannya. Meski sangat bermanfaat, nyatanya beberapa orang masih kebingungan soal cara menggunakan google keyword planner. Jika Anda termasuk salah satunya, mari simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!


Cara Daftar Google Keyword Planner

Untuk mengakses Google Keyword Planner, pastikan Anda sudah memiliki akun Google Ads. Seperti yang dilansir dari Google, Anda perlu melengkapi akun tersebut dengan memasukkan informasi pembayaran dan membuat kampanye iklan. Pastikan pula bahwa akun Anda sudah menggunakan Expert Mode.


Jika Anda tidak berniat menjalankan iklan dan hanya ingin melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner, Anda tetap perlu melengkapi data lalu nantinya pilih "Pause Campaign" untuk menonaktifkan iklan.


1. Buka Google Ads

Kunjungi situs Google Ads.


2. Login Google Ads

Jika Anda belum mempunyai akun Google Ads, Anda bisa mendaftar dengan menggunakan akun Google personal atau bisnis. Klik "Login" atau "Mulai Sekarang" di bagian kanan atas.


Baca juga: Cara Mudah Membuat Iklan di Google Ads


3. Masukkan nama bisnis


4. Masukkan nama website


5. Pilih tujuan beriklan

Tentukan tujuan beriklan yang ingin dicapai oleh bisnis. Terdapat beberapa opsi yang bisa dipilih:

Tutorial Keyword Research Menggunakan Google Keyword Planner
  • Mengarahkan audiens untuk menelepon Anda
  • Menargetkan mereka untuk menuju ke website Anda
  • Menargetkan mereka agar mendatangi lokasi Anda
  • Memperoleh lebih views dan engagement di Youtube


6. Buat headline dan deskripsi

Langkah berikutnya adalah membuat draft iklan. Anda akan diminta untuk mengisi headline atau deskripsi iklan yang diinginkan.


7. Tentukan tema keyword

Di sini Anda perlu memasukkan keyword umum atau tema untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis.


8. Tentukan jangkauan iklan

Anda bisa memilih untuk beriklan di area sekitar alamat bisnis atau memilih area lain yang spesifik sesuai target iklan Anda.


9. Tentukan budget

Terdapat beberapa opsi budget yang akan direkomendasikan oleh Google. Namun, Anda juga bisa memilih untuk mengisi secara manual terkait berapa banyak biaya yang ingin Anda keluarkan untuk beriklan.


10. Review & menjalankan kampanye iklan

Anda bisa melihat tampilan preview iklan lalu menerbitkannya. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda tetap bisa menonaktifkan iklan yang baru saja dibuat dengan memilih "Pause Campaign" sehingga masih bisa mengakses Google Keyword Planner tanpa benar-benar menjalankan iklan.


Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Ketika Anda sudah bisa masuk ke dashboard Google Ads, Anda bisa memilih "Tools & Settings" lalu klik "Planning" untuk mengakses Google Keyword Planner.


1. Buka Google Keyword Planner


2. Pilih tool yang akan digunakan

Pada tampilan awal, Anda akan disajikan dengan dua opsi untuk melakukan riset keyword, yakni:

Tutorial Keyword Research Menggunakan Google Keyword Planner
  • "Discover new keywords" untuk menemukan ide kata kunci baru yang relevan dengan bisnis. Pada tool ini, Anda bisa memulai dengan dua metode, yakni menggunakan keyword atau website. 


Jika memilih Start with Keywords, Anda bisa memasukkan satu hingga sepuluh kata kunci untuk nantinya ditelusuri lebih lanjut. Anda akan masuk ke halaman hasil di mana Google juga akan menunjukkan ide keyword lain yang relevan. 


Alternatif lainnya adalah memulai dengan memasukkan website. Pada opsi ini, Anda cukup menuliskan alamat website bisnis yang nantinya bisa dijadikan referensi untuk menyusun daftar keyword relevan.


  • "Get search volume and forecast" untuk menemukan informasi terkait daftar kata kunci yang sudah Anda buat sebelumnya.


2. Filter dan urutkan hasil

Setelah masuk ke halaman hasil atau “Keyword Results Page", Anda bisa memanfaatkan berbagai filter yang disediakan untuk mempersempit daftar keyword. Pada bagian atas, Anda bisa menyaring lokasi, bahasa, periode data, hingga search networks yang digunakan.


Anda juga bisa menambahkan filter lain seperti "Keyword Text" yang artinya adalah Anda meminta Google untuk menunjukkan hanya kata kunci yang berisi kata atau frasa tertentu. Setelah itu, Anda juga bisa mengurutkan hasil pencarian dengan mengklik masing-masing kolom.

Tutorial Keyword Research Menggunakan Google Keyword Planner

3. Analisis keyword

Untuk menemukan keyword yang tepat, penting untuk menganalisis daftar kata kunci yang tersedia terlebih dahulu. Agar Anda makin memahami Google Keyword Planner, berikut adalah beberapa istilah yang penting untuk diingat:


  • Avg. monthly searches: Rata-rata jumlah pencarian sebuah keyword. Tools ini memang tidak mengeluarkan angka akurat, melainkan hanya rentang atau rata-rata pencarian.
  • Competition: Persaingan penggunaan kata kunci pada iklan. Meski lebih sering digunakan untuk strategi Google Ads, kolom ini juga tetap bermanfaat untuk keperluan optimasi SEO.
  • Top of Page Bid: Cara untuk mengukur potensi monetisasi kata kunci. Semakin tinggi tawarannya, semakin menguntungkan pula traffic iklannya.


4. Pilih dan buat daftar keyword

Langkah terakhir adalah memilih kata kunci yang relevan untuk mengoptimalkan konten bisnis Anda. Anda bisa tandai keyword yang cocok lalu kumpulkan menjadi daftar keyword.


  • Jenis keyword berdasarkan posisinya:

1. Primary keyword: keyword utama yang ditargetkan

2. LSI (latent semantic indexing) keyword: berbagai kata kunci tambahan untuk mendukung primary keyword


  • Jenis keyword berdasarkan panjangnya:

1. Short-tail keyword: bersifat lebih umum, pendek, dan memiliki kompetisi yang tinggi

2. Long-tail keyword: lebih spesifik, umumnya bisa 3-5 kata, tingkat persaingan rendah


Tips Menggunakan Google Keyword Planner


1. Curi kata kunci dari kompetitor

Mengingat kompetitor memiliki bisnis atau bahkan target audiens yang mirip dengan miliki Anda, Anda bisa menggunakan kata kunci yang mereka gunakan sebagai referensi. 


2. Gunakan penargetan geografis

Untuk mempertajam hasil penelusuran keyword, Anda bisa memanfaatkan fitur penargetan area yang spesifik. Dari sini, Anda bisa mengetahui estimasi jumlah pencarian yang lebih akurat.


3. Kombinasikan dengan Google Trends

Agar hasil lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan tools Google yang lain yakni Google Trends. Google Trends akan membantu Anda untuk mendapatkan data perbandingan beberapa kata kunci secara real time.


Baca juga: Mengenal Google Trends dan Cara Menggunakannya


Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan Google Keyword Planner serta berbagai tips penting agar proses riset kata kunci berjalan maksimal. Melakukan riset kata kunci secara berkala sangatlah penting. Ingat bahwa kata kunci yang tepat bisa membantu bisnis untuk menjangkau audiens yang tepat pula.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: