Blog Layout

Mengenal Google Trends dan Cara Menggunakannya

Frontier Digital • Aug 26, 2022

Penyajian konten semakin penting di era digital. Ini juga berlaku sama dengan semakin esensialnya pemilihan keyword yang tepat sehingga konten juga akan lebih efektif nantinya. Google Trends adalah tool milik Google yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan topik sekaligus kata kunci (keyword) yang tepat. 


Riset keyword adalah proses mencari tahu kata atau frasa apa saja yang digunakan oleh audiens Anda. Cara ini akan mengoptimasi konten dan pada akhirnya juga meningkatkan traffic website. Riset ini bisa dilakukan melalui berbagai tools, salah satunya adalah Google Trends.


Apa itu Google Trends?

Google Trends adalah layanan gratis  milik Google yang menyediakan data serta grafik tentang topik populer (trends) yang sedang terjadi di halaman pencarian Google. Ini sangat berguna bagi marketer untuk menemukan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Selain itu, Google Trends juga bisa digunakan untuk melakukan riset keyword. Pengguna dapat mengumpulkan kata kunci yang sering dicari orang-orang di internet.


Pengguna bahkan bisa menganalisis performa antar keyword sehingga dapat memilih topik maupun kata kunci yang lebih tepat sasaran.


Data dari Google Trends dapat diatur menjadi tujuh hari terakhir atau menurut rentang tertentu, misalnya dari 2020 hingga 12 jam yang lalu. Anda dapat mengurutkan data berdasarkan kategori, jenis, wilayah, atau periode waktu.


Dengan fitur dan fungsi yang terus dikembangkan sejak tahun 2006, melalui Google Trends Google Trends, pengguna dapat mengidentifikasi tren, memanfaatkan topik yang sedang tren, prediksi tren, dan menemukan kueri terkait untuk mengoptimalkan SEO lokal dan video Anda. Penggunaannya pun tergolong mudah dan ramah bagi pemula.


Baca juga: 10 Tips Optimasi Local SEO untuk Bisnis


Cara Menggunakan Google Trends

Google Trends bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Pemilik bisnis atau marketer bisa menggunakan tool ini untuk keperluan konten, optimasi SEO, hingga iklan.


Buka Situs Google Trends

Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda bisa mulai dengan membuka situs Google Trends. Di halaman awal, Anda akan disambut dengan tampilan beranda bertuliskan 'Temukan Apa yang Dicari Dunia'

Ubah Lokasi

Di pojok kanan atas, Anda bisa menyesuaikan lokasi tergantung kebutuhan. Misalnya, Anda ingin tahu tren atau apa yang sedang banyak dicari di Indonesia maka bisa pilih lokasi Indonesia.

Masih di beranda, Anda juga bisa menyaring topik berdasarkan waktu, kategori, dan jenis penelusuran; web search, news search, Google shopping, Youtube search.


Tuliskan Kata Pencarian

Selanjutnya, Anda bisa mulai memasukkan kata yang berhubungan dengan bisnis atau  konten yang hendak Anda buat. Misalnya, bisnis Anda menjual kue kering. Anda bisa mengetik "jenis kue kering" lalu enter untuk menelusurinya.


Setelah memasukkan kata, akan muncul tabel grafik tren pengguna mencari kata kunci tersebut. Anda pun  bisa menemukan related topics dan daftar kueri yang berkaitan dengan keyword yang sedang dicari.


Jika memang belum menemukan kata yang pas, Anda bisa  memanfaatkan Penelusuran Trending untuk mengetahui apa yang sedang ramai dibicarakan publik. Dari situ, bisa saja Anda menemukan ide konten yang tepat dan relevan dengan bisnis.


Analisis Keyword

Kata kunci yang dimasukkan bisa dianalisis, yakni dengan memperhatikan volume pencarian. Volume pencarian mengacu pada berapa kali suatu istilah dicari dalam jangka waktu yang ditentukan. Google Trends memungkinkan Anda memasukkan frasa kata kunci apa pun dan melihat grafik tentang bagaimana minat terhadap topik itu meningkat atau berkurang selama jangka waktu tertentu.


Baca juga: 5 Langkah Strategis Melakukan Keyword Research


Anda juga bisa melakukan komparasi antarkeyword untuk melihat performanya. Caranya cukup dengan memasukkan keyword tersebut ke kolom 'Compare' yang berada di atas halaman. Berikutnya akan muncul beragam informasi berdasarkan keyword yang dibandingkan.

Tips Menggunakan Google Trends


1. Catat tren musiman

Jika Anda sering membuat konten, Anda mungkin sudah tahu bahwa ada istilah 'seasonal topik'. Misalnya, topik berkaitan dengan momen Lebaran atau Natal. ketahui berbagai tren musiman lainnya melalui Google Trends lalu buat konten yang relevan.


2. Hindari kata kunci yang popularitasnya singkat

Jika ingin konten Anda menarik dan relevan, selalu lakukan pengecekan terkait kata kunci yang akan Anda gunakan di Google Trends. Jika bisa didukung oleh tool riset kata kunci lain, maka lebih baik. Jangan gunakan kata kunci yang popularitasnya hanya sementara. Sesuatu yang populer itu bisa tidak berarti apa-apa sekarang, jadi gunakan kemampuan analisis Anda agar tidak terjebak dan malah membuat konten yang tidak menarik.


3.  Gunakan prediksi tren

Menggunakan prediksi Google Trends adalah langkah terdepan yang bisa Anda lakukan ketika melakukan riset. Jika ada kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda dan diperkirakan akan banyak peminat di waktu mendatang, maka gunakan kesempatan untuk menarget kata kunci tersebut.


4. Temukan topik yang relevan

Konten yang menarik adalah konten yang sesuai dengan sasaran audiens Anda. Dengan begitu, potensi mendapatkan klik lebih tinggi dan traffic website pun meningkat. Google Trends akan membantu Anda dalam hal ini. Ini termasuk menemukan related topic yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang dicari


5. Optimasi strategi Local SEO

Karena Google Trends bisa digunakan untuk menyaring lokasi yang spesifik, Anda bisa memanfaatkannya untuk menemukan tren lokal untuk meningkatkan strategi SEO lokal Anda. Gunakan penelusuran lokal dan gunakan informasi tersebut dengan kreatif untuk menunjang kualitas konten Anda.


Google Trends adalah alat yang sangat berguna jika digunakan dengan tepat, terutama untuk kebutuhan konten dan optimasi konten. Tools ini memberi Anda wawasan untuk memperkuat strategi pemasaran. Selain itu, Google Trends juga  gratis dan mudah digunakan atau ramah bagi pemula.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: