Blog Layout

Market Research: Pengertian & Cara Melakukannya

Frontier Digital • Aug 26, 2022

Sumber: pexels.com

Dalam menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk menentukan strategi bisnis  seperti apa yang tepat, berapa harga yang pas untuk produk/layanan yang ditawarkan, dan melihat tren seperti apa yang tengah terjadi di pasar. Jawaban dari sederet pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan market research atau riset pasar. 


Apa yang sebenarnya dimaksud dengan
market research dan bagaimana cara melakukannya? Dalam artikel ini, kami telah merangkum jawaban terkait pertanyaan tersebut yang dapat Anda aplikasikan terhadap bisnis Anda.


Apa itu
Market Research?

Market research adalah proses pengumpulan dan analisis data dari target pasar dan pelanggan terkait produk atau layanan yang Anda miliki untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Di dalamnya termasuk verifikasi keberhasilan produk baru atau memahami persepsi merek untuk memastikan Anda telah mengomunikasikan nilai perusahaan secara efektif.


Dengan melakukan
market research, Anda dapat menjawab berbagai pertanyaan tentang keadaan suatu industri, terutama tentang siapa konsumen Anda dan bagaimana memberikan nilai yang tidak ditawarkan kompetitor kepada mereka saat ini. Memang Anda dapat membuat keputusan berdasarkan pengalaman dan pelanggan yang sudah ada, tetapi market research menawarkan manfaat lain. Hal ini karena:

  • Kompetitor Anda juga pasti memiliki pengalaman dan basis pelanggan. Untuk itu, mencari ukuran sampel yang lebih besar dapat menjadi keunggulan.
  • Pelanggan Anda tidak mewakili keseluruhan pasar. Mereka hanya mewakili sikap dari bagian pasar yang sudah tertarik pada merek Anda.


Baca juga: Ketahui Statistik Marketing Ini Agar Strategi Bisnis Lebih Matang


Primary vs Secondary Research

Ada dua jenis market research yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan data dari target pasar dan pelanggan, yaitu primary research/riset primer dan secondary research/riset sekunder.

  • Primary Research

Primary research adalah pencarian informasi secara langsung terkait pasar dan pelanggan di pasar Anda. Data ini berguna saat Anda melakukan segmentasi pasar dan membangun buyer persona


  • Secondary Research

Secondary research menggunakan semua data dan catatan yang dimiliki seperti laporan tren, statistik pasar, dan data penjualan untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini sangat berguna untuk menganalisis kompetitor Anda.


Jenis-jenis
Market Research

1. Wawancara

Wawancara memungkinkan untuk Anda untuk diskusi tatap muka, baik secara langsung ataupun virtual dengan target pasar atau pelanggan. Orang yang Anda wawancarai dapat menjawab pertanyaan tentang diri mereka sendiri untuk membantu Anda merancang buyer persona. Dengan memiliki profil pembeli ini, Anda dapat merancang seluruh strategi pemasaran, mulai dari fitur yang bisa ditambahkan ke produk hingga jenis konten seperti apa yang perlu dipublikasikan di website.


2. Focus Groups

Dengan melakukan focus groups, Anda dapat mengajak peserta untuk menguji produk, menonton demo, memberikan feedback, dan/atau menjawab pertanyaan spesifik. Dengan begitu mereka dapat memberi Anda ide untuk diferensiasi produk atau menunjukkan kualitas yang membuat produk Anda unik di pasar, sehingga Anda dapat membuat produk/layanan yang lebih baik.


3. Product/Service Use Research

Penelitian ini menawarkan informasi terkait bagaimana dan mengapa audiens menggunakan produk/layanan Anda. Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan tahun 2020, responden menilai jenis penelitian ini paling bagus untuk menemukan user insights.


4. Observation-Based Research

Penelitian berbasis pengamatan memungkinkan Anda untuk melihat cara target pasar/pelanggan dalam menggunakan produk/layanan Anda. Apa yang bekerja dengan baik dalam hal UX, hambatan apa yang mereka hadapi, dan aspek mana yang bisa dibuat lebih mudah.


5. Buyer Persona Research


6. Market Segmentation Research


7. Pricing Research


8. Competitive Analysis Research


9. Customer Satisfaction & Loyalty Research


10. Brand Awareness Research


11. Campaign Research


Cara melakukan
Market Research

1. Tentukan buyer persona

Buyer persona atau terkadang disebut juga marketing persona adalah representasi umum dari pelanggan ideal Anda. Persona ini membantu Anda memvisualisasikan audiens dan menyusun strategi. Beberapa karakteristik utama yang harus Anda perhatikan dalam buyer persona adalah usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, jumlah orang dalam keluarga, penghasilan dan pengeluaran, dan tantangan utama.


2. Identifikasi kelompok yang akan dilibatkan

Kelompok yang akan dilibatkan ini harus terdiri dari orang-orang yang baru saja melakukan pembelian dan yang dengan sengaja memutuskan untuk tidak membeli produk/layanan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jawaban yang variatif.


Baca juga: 5 Marketing Framework untuk Mengembangkan Bisnis


3. Siapkan pertanyaan untuk para peserta

Mempersiapkan daftar pertanyaan berisi pertanyaan terbuka dilakukan untuk memastikan Anda telah mencakup semua pertanyaan yang paling sering muncul dan agar dapat menggunakan waktu dengan bijak. Namun, ini bukan berarti Anda hanya boleh bertanya sesuai daftar pertanyaan. Diskusi yang terjadi justru seharusnya alami, sehingga Anda boleh tidak mengikuti urutan atau memperdalam pembahasan lain yang menurut Anda sesuai.


4. Buatlah daftar kompetitor utama 

Membuat daftar persaingan tidak selalu sesederhana Perusahaan X versus Perusahaan Y.


Terkadang sebuah divisi di perusahaan mungkin bersaing dengan produk/layanan utama yang Anda tawarkan, meskipun merek perusahaan itu bergerak di bidang lain. Misalnya Apple dikenal dengan produk gawainya, tetapi Apple Music bersaing dengan Spotify dalam layanan streaming musik.


Selain itu dari segi konten, Anda mungkin bersaing dengan blog, channel YouTube, atau publikasi serupa meskipun produk mereka sama sekali tidak tumpang tindih dengan produk Anda. Contohnya perusahaan pasta gigi mungkin bersaing dengan website kesehatan seperti hellosehat.com atau alodokter.com pada topik blog yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan gigi meskipun website tersebut tidak menjual produk perawatan gigi dan mulut.


5. Ringkas hasil market research Anda 

Setelah melakukan seluruh tahapan market research, Anda tentu perlu membuat ringkasannya. Ada beberapa hal yang wajib dimasukkan dalam ringkasan tersebut, antara lain:

  • Latar Belakang: Tujuan mengapa Anda melakukan market research
  • Peserta: Siapa saja kelompok yang Anda libatkan? Anda dapat memisahkannya dalam tabel berdasarkan persona dan apakah mereka termasuk pelanggan atau target pasar
  • Executive Summary: Apa hal paling menarik yang Anda pelajari?
  • Awareness: Jelaskan apa yang mengarahkan seseorang kepada produk/layanan Anda 
  • Pertimbangan: Berikan tema utama yang Anda temukan
  • Keputusan: Berikan gambaran tentang bagaimana pelanggan atau target pasar mengambil keputusan dengan memasukkan orang-orang yang memberikan pengaruh dan fitur produk atau informasi apa pun yang dapat membuat atau menghancurkan kesepakatan
  • Action Plan: Dari penelitian ini, Anda mungkin menemukan beberapa campaign yang dapat dijalankan untuk menampilkan brand Anda kepada pembeli lebih awal dan/atau lebih efektif. Berikan daftar prioritas, timeline, dan dampaknya terhadap bisnis Anda.


Demikian rangkuman terkait
market research dan cara melakukannya. Semoga dapat membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik karena dengan melakukan market research, Anda dapat menggali insight langsung dari konsumen/target pasar sehingga bisa lebih mengerti apa yang mereka perlukan dan inginkan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: