Pada kenyataannya, konsumen tidak langsung membeli produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Ada berbagai proses atau tahapan yang harus mereka lalui, sebelum akhirnya membuat keputusan final untuk melakukan transaksi. Di sinilah peran customer relationship management (CRM), yakni untuk melengkapi upaya Anda sehingga mendapatkan kepercayaan konsumen lalu meyakinkan mereka untuk membeli.
CRM adalah alat dan strategi untuk menjaga hubungan baik antara sebuah bisnis dan konsumennya. Meski banyak yang masih beranggapan bahwa CRM lebih cocok untuk tim penjualan seperti untuk melacak prospek hingga pelanggan, CRM ternyata juga bisa sangat bermanfaat untuk tim marketing.
Sumber: Freepik
Customer relationship management atau yang disingkat sebagai CRM adalah istilah yang merujuk pada software yang memfasilitasi manajemen kontak, manajemen penjualan, hingga melacak dan merekam interaksi pelanggan. Dalam pemasaran, dapat digunakan untuk personalisasi pesan, membuat konten yang lebih bertarget, dan mempercepat proses penjualan.
Sistem CRM membantu bisnis untuk tetap terhubung dengan calon pelanggan hingga pelanggan setia, merespons lebih baik dan memaksimalkan setiap interaksi di berbagai tahapan customer journey sehingga potensi transaksi lebih tinggi.
Seperti namanya, CRM memang merupakan strategi manajemen hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Mendengarkan konsumen, mulai dari masukan sampai keluhan itu penting. Ini akan membantu Anda untuk lebih memahami kebutuhan mereka. Menjadi lebih dekat dengan pelanggan akan memudahkan Anda untuk menjaga mereka agar tidak berpaling ke kompetitor. Menghadirkan CRM pada akhirnya bisa turut meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan yang berkesinambungan serta menguntungkan untuk jangka panjang.
85% marketer setuju bahwa analitik akan memainkan peran besar dalam pengambilan keputusan. Di era digital marketing, sistem CRM akan sangat membantu memaksimalkan upaya pemasaran sehingga pertumbuhan bisnis meningkat. Apa saja yang bisa Anda dapatkan? Berikut adalah beberapa manfaat penting CRM Marketing.
Sumber: IBM / https://financesonline.com/
Selain membantu mengelola hubungan yang telah terjalin, keuntungan CRM lainnya adalah Anda bisa memperoleh data yang lebih baik mengenai calon konsumen hingga pelanggan setia. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi pendekatan yang lebih tepat pula sehingga terjadi konversi. Misalnya, Anda bisa mempelajari keluhan dan masukan dari pelanggan sekaligus mengidentifikasi peluang promosi yang tepat di masa mendatang.
Platform CRM akan membantu Anda dan tim untuk mendapatkan berbagai kemudahan operasional. Data yang dilacak dapat segera dikumpulkan dan lebih mudah diakses oleh berbagai pihak terkait sesuai kebutuhan. Misalnya, manajer periklanan dapat langsung mengakses ketika ingin mengumpulkan data tentang grafik visual mana yang berkinerja terbaik dalam menghasilkan prospek baru.
Memahami para pelanggan secara konsisten adalah langkah penting untuk terus meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda. Pelanggan akan dengan mudah setia ketika Anda bisa menjawab kebutuhan mereka, memberi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, atau bahkan memberikan perhatian yang dipersonalisasi di momen istimewa mereka. Berbagai data yang dapat dikumpulkan melalui software CRM adalah bahan yang Anda butuhkan untuk membangun basis konsumen yang setia. Bisnis memerlukan data-data tersebut untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat berdampak langsung pada loyalitas pelanggannya.
Dengan data yang lebih baik dari CRM, tentu Anda bisa melakukan berbagai upaya meningkatkan bisnis dengan lebih tepat. Pada akhirnya, hal tersebut juga dapat membantu mengurangi biaya pemasaran. Biaya bisa hemat karena akan langsung disesuaikan dengan kebutuhan yang didasarkan pada data.
Pemasaran bukanlah sebuah upaya yang berjalan sendiri. Menciptakan pengalaman konsumen yang baik perlu dukungan dari berbagai aspek. Lalu peran seperti apa yang bisa dilakukan oleh CRM Marketing? Berikut telah kami rangkum untuk Anda.
Anda dapat mengelompokkan kontak ke dalam daftar yang berbeda berdasarkan data CRM seperti lokasi, interaksi halaman, dan lainnya. Anda juga dapat membuat email yang telah dipersonalisasi sehingga lebih relevan untuk menarik perhatian dan kepercayaan konsumen, misalnya menambahkan CTA yang berbeda kepada pelanggan berdasarkan data CRM Anda.
Baca juga: 7 Tips Membuat Email Marketing Yang Persuasif
Anda dapat melihat bagaimana pelanggan berinteraksi dengan platform Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih siap untuk berinteraksi dengan mereka nantinya. CRM juga dapat memberi Anda gambaran umum tentang topik, hashtag, dan influencer dalam segmen audiens Anda. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk menyajikan konten yang lebih relevan dan tepat waktu.
Data dari CRM memungkinkan Anda menargetkan sekelompok orang yang sangat spesifik. Ini memungkinkan Anda membuat iklan yang relevan untuk audiens mana pun, apa pun tahap mereka dalam customer journey. Di era di mana iklan dinilai mengganggu, Anda harus pintar menyajikan konten promosi yang menarik. Dengan target yang lebih spesifik, Anda bisa menyasar dengan tepat, bahkan sampai menghasilkan konversi.
Jadi, itulah berbagai hal terkait customer relationship management yang perlu Anda ketahui. Tidak peduli seberapa kecil atau besar bisnis Anda, CRM adalah alat sekaligus strategi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Data penting dari CRM akan membantu memaksimalkan berbagai upaya pertumbuhan bisnis, tak terkecuali upaya marketing. Anda bisa menyasar target yang tepat, merespons setiap tahapan customer journey dengan lebih efektif, hingga menghasilkan konversi yang lebih baik.
All Rights Reserved | Frontier Digital