Blog Layout

Memahami CRM dan Fungsinya untuk Menguatkan Marketing

Frontier Digital • August 31, 2022

Pada kenyataannya, konsumen tidak langsung membeli produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Ada berbagai proses atau tahapan yang harus mereka lalui, sebelum akhirnya membuat keputusan final untuk melakukan transaksi. Di sinilah peran customer relationship management (CRM), yakni untuk melengkapi upaya Anda sehingga mendapatkan kepercayaan konsumen lalu meyakinkan mereka untuk membeli.


CRM adalah alat dan strategi untuk menjaga hubungan baik antara sebuah bisnis dan konsumennya. Meski banyak yang masih beranggapan bahwa CRM lebih cocok untuk tim penjualan seperti untuk melacak prospek hingga pelanggan, CRM ternyata juga bisa sangat bermanfaat untuk tim marketing.

Sumber: Freepik

Apa Itu CRM Marketing?

Customer relationship management atau yang disingkat sebagai CRM adalah istilah yang merujuk pada software yang memfasilitasi manajemen kontak, manajemen penjualan, hingga melacak dan merekam interaksi pelanggan. Dalam pemasaran, dapat digunakan untuk personalisasi pesan, membuat konten yang lebih bertarget, dan mempercepat proses penjualan.


Sistem CRM membantu bisnis untuk tetap terhubung dengan calon pelanggan hingga pelanggan setia, merespons lebih baik dan memaksimalkan setiap interaksi di berbagai tahapan
customer journey sehingga potensi transaksi lebih tinggi.


Seperti namanya, CRM memang merupakan strategi manajemen hubungan baik antara perusahaan dan pelanggan. Mendengarkan konsumen, mulai dari masukan sampai keluhan itu penting. Ini akan membantu Anda untuk lebih memahami kebutuhan mereka. Menjadi lebih dekat dengan pelanggan akan memudahkan Anda untuk menjaga mereka agar tidak berpaling ke kompetitor. Menghadirkan CRM pada akhirnya bisa turut meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan yang berkesinambungan serta menguntungkan untuk jangka panjang.


Kenapa CRM Marketing Penting?

85% marketer setuju bahwa analitik akan memainkan peran besar dalam pengambilan keputusan. Di era digital marketing, sistem CRM akan sangat membantu memaksimalkan upaya pemasaran sehingga pertumbuhan bisnis meningkat. Apa saja yang bisa Anda dapatkan? Berikut adalah beberapa manfaat penting CRM Marketing.


Baca juga: 5 Marketing Framework untuk Mengembangkan Bisnis

Sumber: IBM / https://financesonline.com/

Strategi yang lebih baik

Selain membantu mengelola hubungan yang telah terjalin, keuntungan CRM lainnya adalah Anda bisa memperoleh data yang lebih baik mengenai calon konsumen hingga pelanggan setia. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi pendekatan yang lebih tepat pula sehingga terjadi konversi. Misalnya, Anda bisa mempelajari keluhan dan masukan dari pelanggan sekaligus mengidentifikasi peluang promosi yang tepat di masa mendatang.


Operasional yang lebih efisien

Platform CRM akan membantu Anda dan tim untuk mendapatkan berbagai kemudahan operasional. Data yang dilacak dapat segera dikumpulkan dan lebih mudah diakses oleh berbagai pihak terkait sesuai kebutuhan. Misalnya, manajer periklanan dapat langsung mengakses ketika ingin mengumpulkan data tentang grafik visual mana yang berkinerja terbaik dalam menghasilkan prospek baru.


Meningkatkan kesetiaan pelanggan

Memahami para pelanggan secara konsisten adalah langkah penting untuk terus meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda. Pelanggan akan dengan mudah setia ketika Anda bisa menjawab kebutuhan mereka, memberi solusi atas permasalahan yang mereka hadapi, atau bahkan memberikan perhatian yang dipersonalisasi di momen istimewa mereka. Berbagai data yang dapat dikumpulkan melalui software CRM adalah bahan yang Anda butuhkan untuk membangun basis konsumen yang setia. Bisnis memerlukan data-data tersebut untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat berdampak langsung pada loyalitas pelanggannya.


Efisiensi penggunaan anggaran

Dengan data yang lebih baik dari CRM, tentu Anda bisa melakukan berbagai upaya meningkatkan bisnis dengan lebih tepat. Pada akhirnya, hal tersebut juga dapat membantu mengurangi biaya pemasaran. Biaya bisa hemat karena akan langsung disesuaikan dengan kebutuhan yang didasarkan pada data.


Berbagai Peran CRM Marketing

Pemasaran bukanlah sebuah upaya yang berjalan sendiri. Menciptakan pengalaman konsumen yang baik perlu dukungan dari berbagai aspek. Lalu peran seperti apa yang bisa dilakukan oleh CRM Marketing? Berikut telah kami rangkum untuk Anda.


CRM untuk Email Marketing

Anda dapat mengelompokkan kontak ke dalam daftar yang berbeda berdasarkan data CRM seperti lokasi, interaksi halaman, dan lainnya. Anda juga dapat membuat email yang telah dipersonalisasi sehingga lebih relevan untuk menarik perhatian dan kepercayaan konsumen, misalnya menambahkan CTA yang berbeda kepada pelanggan berdasarkan data CRM Anda.


Baca juga: 7 Tips Membuat Email Marketing Yang Persuasif


CRM untuk Social Media Marketing

Anda dapat melihat bagaimana pelanggan berinteraksi dengan platform Anda. Hal ini tentu akan membuat Anda lebih siap untuk berinteraksi dengan mereka nantinya. CRM juga dapat memberi Anda gambaran umum tentang topik, hashtag, dan influencer dalam segmen audiens Anda. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk menyajikan konten yang lebih relevan dan tepat waktu.


CRM untuk Digital Ads

Data dari CRM memungkinkan Anda menargetkan sekelompok orang yang sangat spesifik. Ini memungkinkan Anda membuat iklan yang relevan untuk audiens mana pun, apa pun tahap mereka dalam customer journey. Di era di mana iklan dinilai mengganggu, Anda harus pintar menyajikan konten promosi yang menarik. Dengan target yang lebih spesifik, Anda bisa menyasar dengan tepat, bahkan sampai menghasilkan konversi.


Jadi, itulah berbagai hal terkait customer relationship management yang perlu Anda ketahui. Tidak peduli seberapa kecil atau besar bisnis Anda, CRM adalah alat sekaligus strategi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Data penting dari CRM akan membantu memaksimalkan berbagai upaya pertumbuhan bisnis, tak terkecuali upaya marketing. Anda bisa menyasar target yang tepat, merespons setiap tahapan customer journey dengan lebih efektif, hingga menghasilkan konversi yang lebih baik.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: