SEM specialist adalah profesi yang makin populer dan dibutuhkan seiring pentingnya meningkatkan visibilitas online lewat mesin pencari (SERP) bagi bisnis. Seperti namanya, SEM specialist fokus merancang hingga mengeksekusi strategi search engine marketing agar bisnis terus adaptif dan kompetitif.
Sumber: Pexels
Kita tahu banyak orang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi hingga melakukan pembelian. Hootsuite mencatat bahwa per minggunya terdapat lebih dari 50% konsumen membeli produk atau jasa secara online. SEM specialist dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi bisnis melalui medium satu ini.
Sebenarnya apa itu SEM specialist? Apa saja kualifikasi dan tugasnya? Jika Anda tertarik untuk merekrut atau berkarier di bidang ini, mari terus simak lebih lanjut!
Search engine marketing adalah bagian dari strategi pemasaran digital yang berguna untuk meningkatkan online awareness di mesin pencari. Berbeda dengan upaya SEO yang gratis dan membutuhkan waktu lama, SEM adalah taktik yang mengandalkan iklan berbayar sehingga hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya, paid search di Google Ads.
Saat ini banyak perusahaan yang secara khusus merekrut SEM specialist untuk mengoptimalkan strategi SEM mereka. SEM specialist akan mengelola semua kampanye berbayar yang dilakukan di mesin pencari. Mulai dari tahap perencanaan, pengujian iklan, hingga bekerjasama dengan tim SEO dan pemasaran untuk mencapai target bisnis.
Inilah mengapa penting bagi SEM specialist untuk memahami cara kerja mesin pencari, terlebih soal strategi beriklan sehingga anggaran yang telah dikeluarkan nantinya bisa benar-benar berdampak maksimal.
Baca juga: Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis
SEM specialist merupakan bidang pekerjaan yang sudah sangat spesifik. Oleh karena itu, pemahaman dasar terkait pemasaran digital harus dimiliki. Selebihnya adalah pemahaman mendetail mengenai SEM itu sendiri.
Berikut adalah daftar kualifikasi yang penting untuk dimiliki oleh SEM specialist:
1. Pay per Click (CPC)
2. Menulis
3. Data dan Analisis
4. Komunikasi
5. Digital Marketing
Pay per Click (PPC)
SEM menekankan pada aktivitas kampanye iklan berbayar sehingga tentu penting untuk memiliki wawasan dan pengalaman terkait PPC. Memahami cara kerja PPC akan membantu SEM specialist untuk mengelola anggaran dan memperoleh performa iklan yang maksimal.
Menulis
SEM specialist memang tidak terlibat langsung dalam pembuatan konten. Namun, kemampuan menulis tetap penting dimiliki sebagai salah satu cara efektif untuk berkomunikasi dengan tim. Selain itu, bisa saja Anda diminta untuk membuat tambahan atau mengecek copy yang telah dibuat sebelumnya.
Data dan Analisis
Berkutat dengan kampanye berbayar, Anda harus terbiasa dengan berbagai bentuk data. Penting pula untuk memiliki cara pikir analitik agar bisa membaca atau melakukan interpretasi data. Hal ini tentu esensial untuk mempelajari strategi mana yang efektif atau mana yang sebaiknya dihindari.
Komunikasi
SEM hanyalah satu dari keseluruhan strategi pemasaran online. Oleh karena itu, penting untuk mampu berkomunikasi dengan baik agar pekerjaan dan koordinasi tim berjalan lancar. Tidak hanya dengan tim marketing, Anda mungkin juga perlu berkomunikasi dengan tim lain atau bahkan klien.
Digital Marketing
Meski sebelumnya tidak secara spesifik menangani SEM, memahami dan berpengalaman di bidang digital marketing sangatlah penting bagi SEM specialist. Ini menunjukkan bahwa ia memiliki pemahaman dasar yang sesuai terkait cara kerja website dan pemasaran online. Misalnya, familiar dengan Google Ads dan Google Analytics.
Baca juga: SEO VS. SEM: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?
Sumber: Pexels
Pertanyaan berikutnya adalah terkait apa saja yang dilakukan oleh SEM specialist. Dengan berbagai skill yang telah disebutkan sebelumnya, SEM specialist bertugas melakukan riset, menjalankan kampanye berbayar, hingga mengevaluasi performanya.
Job description SEM specialist adalah:
1. Riset pasar
2. Cek kompetitor
3. Mengidentifikasi tren
4. Membuat dan mengelola iklan
5. Menganalisis performa SEM
Riset pasar
Agar kampanye iklan berjalan optimal, tentu penting untuk melakukan riset dan menentukan target audiens. SEM specialist bisa bekerjasama dengan SEO specialist atau tim pemasaran lainnya untuk memperoleh data yang akurat terkait ini.
Cek kompetitor
SEM specialist juga perlu teliti menganalisis berbagai strategi iklan dan tautan miliki kompetitor. Dengan demikian lebih mudah untuk merancang strategi atau memilih cara terbaik untuk diterapkan.
Mengidentifikasi tren
Menjalankan kampanye berbayar yang efektif tentu memerlukan strategi, salah satunya dengan mengidentifikasi tren agar lebih menarik perhatian target audiens dan mencapai ROI maksimum.
Membuat dan mengelola iklan
SEM specialist mengelola berbagai kampanye iklan yang ditayangkan di mesin pencari, termasuk menemukan, memperluas, dan mengoptimasi berbagai kata kunci lewat iklan. SEM specialist bertugas membuat perencanaan, penyesuaian anggaran, perkiraan biaya bulanan, hingga laporan performa kampanye.
Menganalisis performa SEM
SEM specialist perlu memahami cara kerja website dan A/B testing untuk memudahkan proses evaluasi performa SEM. Tugas yang tak kalah penting adalah melacak, menganalisis, dan melaporkan hasil kampanye untuk memperoleh strategi yang lebih baik kedepannya.
SEM specialist tergolong bidang pekerjaan baru yang pertumbuhannya cepat. Peminatnya naik seiring makin banyaknya bisnis yang menyadari pentingnya mengoptimalkan strategi search engine marketing. Mengingat berbagai kualifikasi dan peran yang dijalankannya, gaji SEM specialist tergolong menjanjikan.
All Rights Reserved | Frontier Digital