Blog Layout

Mengenal SEM Specialist: Kualifikasi dan Tugasnya

Frontier Digital • November 11, 2022

SEM specialist adalah profesi yang makin populer dan dibutuhkan seiring pentingnya meningkatkan visibilitas online lewat mesin pencari (SERP) bagi bisnis. Seperti namanya, SEM specialist fokus merancang hingga mengeksekusi strategi search engine marketing agar bisnis terus adaptif dan kompetitif.

Sumber: Pexels

Kita tahu banyak orang menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi hingga melakukan pembelian. Hootsuite mencatat bahwa per minggunya terdapat lebih dari 50% konsumen membeli produk atau jasa secara online. SEM specialist dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi bisnis melalui medium satu ini.


Sebenarnya apa itu SEM specialist? Apa saja kualifikasi dan tugasnya? Jika Anda tertarik untuk merekrut atau berkarier di bidang ini, mari terus simak lebih lanjut!


Mengenal SEM Specialist

Search engine marketing adalah bagian dari strategi pemasaran digital yang berguna untuk meningkatkan online awareness di mesin pencari. Berbeda dengan upaya SEO yang gratis dan membutuhkan waktu lama, SEM adalah taktik yang mengandalkan iklan berbayar sehingga hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya, paid search di Google Ads.


Saat ini banyak perusahaan yang secara khusus merekrut SEM specialist untuk mengoptimalkan strategi SEM mereka. SEM specialist akan mengelola semua kampanye berbayar yang dilakukan di mesin pencari. Mulai dari tahap perencanaan, pengujian iklan, hingga bekerjasama dengan tim SEO dan pemasaran untuk mencapai target bisnis.


Inilah mengapa penting bagi SEM specialist untuk memahami cara kerja mesin pencari, terlebih soal strategi beriklan sehingga anggaran yang telah dikeluarkan nantinya bisa benar-benar berdampak maksimal.


Baca juga: Berbagai Peran Penting SEM untuk Bisnis


Kualifikasi SEM Specialist

SEM specialist merupakan bidang pekerjaan yang sudah sangat spesifik. Oleh karena itu, pemahaman dasar terkait pemasaran digital harus dimiliki. Selebihnya adalah pemahaman mendetail mengenai SEM itu sendiri.


Berikut adalah daftar kualifikasi yang penting untuk dimiliki oleh SEM specialist:

1. Pay per Click (CPC)

2. Menulis

3. Data dan Analisis

4. Komunikasi

5. Digital Marketing


Pay per Click (PPC)

SEM menekankan pada aktivitas kampanye iklan berbayar sehingga tentu penting untuk memiliki wawasan dan pengalaman terkait PPC. Memahami cara kerja PPC akan membantu SEM specialist untuk mengelola anggaran dan memperoleh performa iklan yang maksimal.


Menulis

SEM specialist memang tidak terlibat langsung dalam pembuatan konten. Namun, kemampuan menulis tetap penting dimiliki sebagai salah satu cara efektif untuk berkomunikasi dengan tim. Selain itu, bisa saja Anda diminta untuk membuat tambahan atau mengecek copy yang telah dibuat sebelumnya.


Data dan Analisis

Berkutat dengan kampanye berbayar, Anda harus terbiasa dengan berbagai bentuk data. Penting pula untuk memiliki cara pikir analitik agar bisa membaca atau melakukan interpretasi data. Hal ini tentu esensial untuk mempelajari strategi mana yang efektif atau mana yang sebaiknya dihindari.


Komunikasi

SEM hanyalah satu dari keseluruhan strategi pemasaran online. Oleh karena itu, penting untuk mampu berkomunikasi dengan baik agar pekerjaan dan koordinasi tim berjalan lancar. Tidak hanya dengan tim marketing, Anda mungkin juga perlu berkomunikasi dengan tim lain atau bahkan klien.


Digital Marketing

Meski sebelumnya tidak secara spesifik menangani SEM, memahami dan berpengalaman di bidang digital marketing sangatlah penting bagi SEM specialist. Ini menunjukkan bahwa ia memiliki pemahaman dasar yang sesuai terkait cara kerja website dan pemasaran online. Misalnya, familiar dengan Google Ads dan Google Analytics.


Baca juga: SEO VS. SEM: Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis?


Tugas SEM Specialist

Sumber: Pexels

Pertanyaan berikutnya adalah terkait apa saja yang dilakukan oleh SEM specialist. Dengan berbagai skill yang telah disebutkan sebelumnya, SEM specialist bertugas melakukan riset, menjalankan kampanye berbayar, hingga mengevaluasi performanya.


Job description SEM specialist adalah:

1. Riset pasar

2. Cek kompetitor

3. Mengidentifikasi tren

4. Membuat dan mengelola iklan

5. Menganalisis performa SEM


Riset pasar

Agar kampanye iklan berjalan optimal, tentu penting untuk melakukan riset dan menentukan target audiens. SEM specialist bisa bekerjasama dengan SEO specialist atau tim pemasaran lainnya untuk memperoleh data yang akurat terkait ini.


Cek kompetitor

SEM specialist juga perlu teliti menganalisis berbagai strategi iklan dan tautan miliki kompetitor. Dengan demikian lebih mudah untuk merancang strategi atau memilih cara terbaik untuk diterapkan.


Mengidentifikasi tren

Menjalankan kampanye berbayar yang efektif tentu memerlukan strategi, salah satunya dengan mengidentifikasi tren agar lebih menarik perhatian target audiens dan mencapai ROI maksimum.


Membuat dan mengelola iklan

SEM specialist mengelola berbagai kampanye iklan yang ditayangkan di mesin pencari, termasuk menemukan, memperluas, dan mengoptimasi berbagai kata kunci lewat iklan. SEM specialist bertugas membuat perencanaan, penyesuaian anggaran, perkiraan biaya bulanan, hingga laporan performa kampanye.


Menganalisis performa SEM

SEM specialist perlu memahami cara kerja website dan A/B testing untuk memudahkan proses evaluasi performa SEM. Tugas yang tak kalah penting adalah melacak, menganalisis, dan melaporkan hasil kampanye untuk memperoleh strategi yang lebih baik kedepannya.


SEM specialist tergolong bidang pekerjaan baru yang pertumbuhannya cepat. Peminatnya naik seiring makin banyaknya bisnis yang menyadari pentingnya mengoptimalkan strategi search engine marketing. Mengingat berbagai kualifikasi dan peran yang dijalankannya, gaji SEM specialist tergolong menjanjikan.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: