Blog Layout

Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Frontier Digital • Oct 28, 2022

Mayoritas konsumen melakukan riset online terlebih dahulu sebelum membeli produk. Inilah mengapa fokus pada offline marketing saja tidak lagi cukup, pemilik bisnis perlu konsisten membangun online presence mereka. Tren digital pada akhirnya memengaruhi cara bisnis mengenalkan dan memasarkan produk. Strategi yang perlu dipertimbangkan adalah pemasaran digital atau digital marketing.


Lewat akses yang tidak terbatas jarak maupun waktu, ekosistem online memang memiliki berbagai keunggulan yang layak dilihat sebagai peluang. Apa itu digital marketing, apa manfaatnya untuk bisnis, serta apa saja jenisnya akan dibahas dalam artikel ini. Mari simak!

Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Sumber: Freepik

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital, dalam hal ini adalah internet. Bisnis memanfaatkan berbagai platform online seperti media sosial, website, mesin pencari, atau lainnya untuk tetap terhubung dengan target audiens mereka. Melalui cara ini, bisnis bisa menyampaikan pesan secara cepat dan masif.


Layaknya strategi marketing konvensional, digital marketing juga bertujuan untuk menarik perhatian, meningkatkan permintaan pasar, dan mendorong lebih banyak konversi. Namun, karena medium yang digunakan mengandalkan internet, bisnis diharapkan bisa lebih efisien untuk mencapai tujuannya.


Lalu apa bedanya digital marketing dengan inbound marketing? Keduanya merupakan istilah yang umum didengar ketika membahas topik pemasaran. Menurut Hubspot,
inbound marketing adalah metode yang spesifik fokus pada menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan secara online. Sedangkan digital marketing adalah sebuah umbrella term yang memiliki gagasan lebih umum, bisa mencakup outbound dan inbound marketing. Artinya, inbound marketing adalah bagian dari digital marketing.


Baca juga: Outbound Marketing VS Inbound Marketing, Pilih yang Mana?


Manfaat Digital Marketing

Di era yang serba online, berbagai  bisnis terus beradaptasi dan berkompetisi untuk memenangkan perhatian konsumen. Memiliki website atau setidaknya media sosial adalah bagian penting dari strategi bisnis modern. Penerapan digital marketing oleh banyak perusahaan dapat menunjukkan bahwa metode ini tergolong menguntungkan.


Sebenarnya apa saja kelebihan atau manfaat digital marketing untuk kelangsungan sebuah bisnis? Berikut telah kami rangkum untuk Anda.


Mudah memilih target yang tepat

Berbeda dengan strategi pemasaran offline, tools digital marketing bisa membantu Anda untuk menyasar target yang lebih spesifik dan akurat. Berbagai tools ini bisa membantu Anda menyasar kelompok konsumen dengan kriteria demografis, geografis, psikografis, dan perilaku tertentu yang lebih detail. Dengan demikian, proses eksekusi pun jadi lebih tepat sasaran.


Jangkauan lebih luas

Saat ini ada lebih dari 4 miliar pengguna aktif internet. Untuk platform media sosial seperti Instagram, penggunanya pun sudah mencapai lebih dari 1 miliar. Platform online adalah peluang bisnis yang tidak terbatas jarak dan waktu. Ketika dieksekusi dengan tepat, Anda bisa meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Strategi ini juga bisa diandalkan karena bersifat cepat. Anda bisa menjangkau konsumen di wilayah yang jauh hanya dalam waktu singkat.

Digital Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Sumber: Hootsuite

Biaya yang lebih murah 

Digital marketing adalah strategi yang memanfaatkan jaringan internet. Artinya, Anda bisa memaksimalkan bisnis dengan cara yang lebih murah. Contoh, Anda tidak perlu memasang reklame di berbagai tempat strategis untuk mengenalkan produk Anda. Anda juga bisa terhubung dengan calon konsumen kapan saja. Dengan demikian, Anda mungkin akan mengeluarkan biaya yang sama atau bahkan lebih sedikit namun tetap berpotensi memiliki hasil yang maksimal. 


Evaluasi berdasarkan data 

Hal menarik lainnya dari digital marketing adalah cara ini akan mempermudah proses evaluasi sehingga bisnis terus bertumbuh. Tidak seperti channel offline, Anda bisa memperoleh data yang lebih akurat terkait upaya yang Anda lakukan. Evaluasi bisa dilakukan secara optimal karena hasilnya lebih terukur. Misalnya, berapa banyak reach, impression, visitor, hingga leads yang Anda peroleh. Melalui data yang akurat tersebut, proses evaluasi tidak hanya berdasarkan asumsi. Anda benar-benar tahu apa yang harus diperbaiki. 


Reputasi brand meningkat 

Digital marketing hadir untuk mendukung upaya offline Anda. Misalnya, memiliki akun media sosial untuk bisnis Anda akan meningkatkan impresi atau kesan positif. Ini juga akan membantu calon konsumen menemukan produk Anda, membangun rasa percaya dan loyalitas untuk memilih brand Anda ketimbang kompetitor. Jika dieksekusi dengan baik, reputasi brand bisa naik dan pada akhirnya turut meningkatkan pendapatan bisnis.


Baca juga: Pentingnya Sisi ATTRACT Dalam Inbound Marketing


Jenis Digital Marketing

Seperti namanya, saluran yang digunakan dalam digital marketing pasti berbasis online. Berikut adalah jenis-jenis digital marketing:


Search Engine Optimization (SEO)

Ini adalah proses mengoptimalkan situs web Anda agar memperoleh peringkat yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah klik dan traffic organik.


Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing adalah cara lain untuk meningkatkan traffic situs web dengan menempatkan iklan berbayar di mesin pencari. Salah satu yang paling populer adalah dengan menggunakan Google Ads. Iklan berbayar ini akan muncul di bagian teratas di halaman hasil mesin pencari sehingga bisnis akan memperoleh visibilitas online yang instan.


Social Media Marketing

Sesuai namanya, cara ini mengandalkan media sosial. Brand mempromosikan berbagai konten yang relevan  di media sosial untuk meningkatkan brand awareness,memperoleh traffic, dan menghasilkan prospek untuk bisnis Anda.


Email Marketing

Sebagai medium yang masih banyak digunakan, penggunaan email untuk promosi sangat menjanjikan. Perusahaan menggunakan email marketing sebagai cara berkomunikasi dengan audiens. Misalnya, untuk mempromosikan konten, diskon, acara, serta mengarahkan orang ke situs web atau halaman tertentu pada website.


Pay per Click (PPC)

PPC adalah metode mengarahkan traffic ke situs web Anda dengan membayar publisher setiap kali iklan diklik. Salah satu jenis PPC yang paling umum adalah Google Ads, yang memungkinkan Anda membayar slot teratas di halaman hasil mesin pencari Google dengan harga "per klik" dari tautan yang Anda tempatkan.


Affiliate Marketing

Ini adalah jenis iklan berbasis hasil di mana perusahaan akan bekerjasama dengan para affiliate untuk melakukan promosi, lalu akan memberikan komisi setelah terjadi konversi atau pembelian.


Digital marketing menciptakan peluang luar biasa seperti menjangkau konsumen yang lebih luas dan spesifik melalui berbagai saluran. Baik itu platform media sosial, situs web, pesan teks, atau media online apa pun, ini adalah cara yang layak dipertimbangkan untuk mempromosikan bisnis, layanan, atau produk Anda.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: