Blog Layout

Memahami Duplicate Content dan Pengaruhnya Untuk SEO

Frontier Digital • Aug 08, 2022

Ketika Anda sering terlibat dalam mengurus situs web bisnis, Anda mungkin pernah mendengar istilah "duplicate content" atau konten duplikat. Singkatnya, ini adalah tipe konten yang berada di beberapa lokasi atau URL. Ada banyak rumor mengenai praktik ini, seperti soal bagaimana Anda akan mendapatkan penalti dari Google yang tentu berpengaruh terhadap performa SEO.


Bagaimana kebenarannya? Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu sebenarnya konten duplikat dan bagaimana pengaruhnya terhadap SEO. Mari simak!

duplicate content

Sumber: Freepik

Apa itu duplicate content


Seperti namanya, "duplicate" berarti sama. Jadi, duplicate content adalah konten yang muncul di lebih dari satu lokasi atau URL. Jika suatu informasi tersedia di beberapa lokasi sekaligus, itu bisa disebut sebagai duplicate content.


Menurut Google, duplicate content umumnya mengacu pada blok konten substantif di dalam atau di seluruh domain yang benar-benar cocok dengan konten lain dalam bahasa yang sama atau sangat mirip. Salah satu contohnya adalah ketika item di toko online ditampilkan atau ditautkan oleh beberapa URL berbeda.


Baca juga: 10 Kesalahan SEO yang Harus Segera Diperbaiki


Duplicate Content vs. Plagiarism


Beberapa orang mungkin masih bingung mengenai perbedaan antara konten duplikat dan plagiarisme. Keduanya terdengar mirip dan sering kali diartikan sama. Konten duplikat adalah ketika konten yang sama muncul di lebih dari satu halaman web. Sedangkan plagiarisme adalah ketika Anda mencuri dan/atau menggunakan karya atau ide seseorang lalu mengklaimnya sebagai milik Anda. 


Plagiarisme adalah pencurian (atau penyalahgunaan) dan publikasi bahasa atau ide orang lain dan penggambarannya sebagai karya sendiri. Plagiarisme berkaitan erat dengan pelanggaran hak cipta. Sementara itu,  konten duplikat kerap berhubungan dengan permasalahan teknis, baik disengaja maupun tidak. 


Biasanya, mesin pencari seperti Google tidak dapat mengidentifikasi pembuat konten atau URL asli. Itulah salah satu masalah utama dengan duplikat konten. Artinya, ada kemungkinan seseorang bisa mencuri konten Anda, mempublikasikannya di blog mereka sendiri, dan menyebut diri mereka sebagai penulisnya.


Namun, penting diingat bahwa konten duplikat dan plagiarisme dapat digunakan secara bergantian. Kecuali jika Anda menambahkan asal konten atau sumbernya, hal tersebut tidak akan disebut sebagai copied content, tetapi masih bisa disebut konten duplikat.


Fakta duplicate content dan SEO


Sebuah studi menunjukkan bahwa 29 persen halaman memiliki konten duplikat. Konten duplikat memang tergolong kasus yang wajar. Ini karena sistem dari blog biasanya menampilkan suatu konten pada beberapa halaman (URL) yang berbeda.


Dikutip dari
Neil Patel, berikut adalah beberapa fakta mengenai duplicate content yang perlu Anda perhatikan.


Tidak banyak berpengaruh terhadap ranking

Bagaimanapun, konten duplikat memang bisa berpengaruh terhadap ranking hasil pencarian. Namun faktanya, pengaruh tersebut tidak sebesar yang Anda bayangkan. Penting diingat bahwa Google mempertimbangkan banyak faktor saat melakukan crawling, indexing, dan memberi peringkat halaman. Pastikan saja bahwa Anda mampu membangun reputasi baik sehingga  konten terlihat unik dan valuable. Pada akhirnya, Google lebih mungkin memberi peringkat lebih tinggi daripada halaman duplikat.


Tidak semua konten duplikat mendapatkan penalti Google

Menurut Google’s Webmaster Guidelines, jika Anda menduplikasi konten hanya untuk memanipulasi mesin pencari, mereka akan menghapus halaman yang menyinggung atau menurunkan peringkat pencarian Anda. Jika Anda mempublikasikan konten yang berkualitas dan menghindari taktik kotor SEO seperti keyword stuffing, Anda tidak akan menghadapi hukuman dari konten duplikat.


Baca juga: Keyword Difficulty, Faktor Penentu Keberhasilan SEO


Variasi URL dapat menyebabkan masalah

Variasi URL yang minor nyatanya bisa menyebabkan masalah duplikat konten. Misalnya, variasi URL berasal dari analytics code dan click tracking. Untuk mendeteksi ini, Anda bisa menggunakan Google Search Console. Anda dapat mengatur domain pilihan Anda dan mengubah parameter sehingga Google mengetahui parameter URL mana yang harus dirayapi dan mana yang harus diabaikan.


Gunakan 301 redirect untuk menghindari penalti

Minimalkan konten duplikat dengan mengarahkan ulang URL lama atau usang ke versi baru. Kapan ini berguna?


  • Anda baru saja memindahkan situs web Anda ke domain baru
  • Setelah menggabungkan dua situs web, Anda mencoba mengarahkan ulang URL yang usang
  • Beranda Anda memiliki banyak URL dan Anda ingin memilih yang "canonical"
  • Setelah mengubah situs web Anda, telah menghapus sebuah halaman


Penting memahami CMS 

Salah satu cara terbaik untuk menghindari duplicate content adalah dengan memahami content management system atau CMS. Ini karena CMS bisa saja membuat konten yang sama tanpa sepengetahuan Anda. Bagaimana menyelesaikan masalah ini? Setelah Anda mempelajari cara menemukan konten duplikat, Anda memiliki beberapa opsi:


  • Anda dapat menyertakan the canonical tag, jika bermanfaat
  • Anda dapat menggunakan tag “Noindex” untuk menghentikan Google mengindeks halaman
  • Anda dapat menulis ulang konten, meskipun sedikit, agar tetap original


Kesimpulan

Berdasarkan Google, duplicate content tidak besar pengaruhnya terhadap SEO ranking. Meski demikian, Anda tetap harus meminimalisir praktiknya. Ini karena cara kerja Google tidak benar-benar tahu URL mana yang nantinya ditampilkan pertama kali di hasil pencarian. Mereka akan mencoba menentukan hasil mana yang paling relevan dengan kueri penelusuran tertentu, tetapi ada kemungkinan mereka akan salah.


Jika Google salah mengartikannya, konten Anda tidak akan muncul. Dengan demikian, duplikat konten pada akhirnya juga dapat mempengaruhi posisi website di mesin pencari.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital 08 Mar, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital 06 Mar, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital 01 Mar, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital 27 Feb, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital 22 Feb, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital 21 Feb, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital 13 Feb, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital 10 Feb, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital 08 Feb, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital 01 Dec, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: