Blog Layout

Jenis Konten SEO yang Ampuh Tingkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Frontier Digital • August 18, 2022

Sumber: pexels.com

Peringkat konten di mesin pencari memang berhubungan langsung dengan traffic atau jumlah pengunjung website. Semakin tinggi peringkat sebuah konten di SERP atau laman hasil pencarian, maka kemungkinan pengguna untuk mengklik website tersebut akan semakin besar. Namun tanpa adanya konten berkualitas dan penerapan teknik SEO yang tepat dan berkesinambungan, akan sulit untuk sebuah konten bisa mendapatkan peringkat atas. Dalam artikel ini, kami telah merangkum pembahasan terkait jenis konten SEO yang ampuh meningkatkan peringkat di mesin pencari.


Tujuan Pengguna dalam Berinternet

Sebelum membahas mengenai jenis konten SEO yang ampuh meningkatkan peringkat di mesin pencari, penting untuk memahami tujuan pengguna dalam berinternet agar Anda dapat membuat konten yang sesuai kebutuhan mereka. Anda tentu tidak dapat menyamakan konten untuk pengguna yang ingin mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi dengan pengguna yang ingin membandingkan harga sebuah produk. Pada dasarnya, ada empat tujuan pengguna dalam menggunakan internet, yaitu:


1. Mencari informasi

Sumber: pexels.com

Pengguna yang berinternet dengan tujuan untuk mencari informasi biasanya tidak benar-benar tahu secara spesifik informasi apa saja yang mereka perlukan. Misalnya ketika mencari informasi terkait berita terkini atau ulasan film yang ingin ditonton, mereka akan mengetikkan kata kunci dan mencari secara acak konten mana di laman hasil pencarian yang tampak menarik atau bisa menjawab keingintahuan mereka. Setelah itu, mereka baru akan mengeklik dan memindai informasi yang mereka butuhkan.


Mayoritas pengguna memiliki karakter ini dalam berinternet, sehingga sebagai penyedia konten Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten yang memuat informasi berkualitas dan bermanfaat sekaligus menarik traffic.


Baca juga: Memahami Duplicate Content dan Pengaruhnya Untuk SEO


2. Navigasi

Berkebalikan dengan tujuan penggunaan sebelumnya, pengguna yang berinternet dengan tujuan navigasi biasanya sudah tahu apa yang ingin mereka cari dan memasukkan kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya langsung mengetikkan nama penyedia layanan surel ketika ingin membalas pesan atau nama portal berita yang biasanya dibaca saat ingin mengetahui perkembangan berita terkini.


3. Investigasi

Sumber: pexels.com

Anda yang memiliki tujuan investigasi dalam berinternet, biasanya melakukan penelusuran untuk mencari sesuatu secara lebih detail atau mencari pembanding dari suatu hal. Misalnya ketika ingin membeli laptop dari merek tertentu yang sudah Anda ketahui spesifikasi dan harganya, tetapi Anda masih ingin mengetahui apakah ada laptop dari merek lain dengan spesifikasi yang mirip atau sama dengan harga yang lebih terjangkau.


4. Transaksi

Pengguna yang melakukan penelusuran di mesin pencari dengan tujuan transaksi biasanya ingin membeli sesuatu, mendaftarkan diri ke sebuah layanan, atau mengunduh berkas tertentu. Konten yang cocok bagi pengunjung website dengan karakter seperti ini misalnya halaman produk yang dapat menggerakkan mereka untuk mengambil tindakan tertentu dan meningkatkan peluang terjadinya konversi penjualan.


Jenis Konten SEO yang Ampuh Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Setelah mengetahui ragam tujuan dari pengguna dalam berinternet, Anda dapat memanfaatkannya untuk merencanakan dan membuat konten SEO yang berada di peringkat atas mesin pencari. Semakin konten yang Anda buat beragam dan sesuai dengan tujuan pengguna, maka kemungkinan traffic-nya naik akan semakin besar.


Konten yang Anda buat tidak boleh hanya berisi kumpulan
keywords/kata kunci yang menarik mesin pencari. Anda perlu menggunakan sejumlah strategi untuk membuat pengguna tertarik membaca konten yang disajikan. Misalnya dengan menggunakan gaya storytelling atau formula AIDA. Selain itu agar dapat terus relevan, Anda juga bisa memperbanyak konten evergreen/timeless.


Tak hanya kualitas konten, ada pula sejumlah teknik SEO yang perlu diperhatikan agar konten bisa mendapatkan peringkat atas di mesin pencari, misalnya:


1. Format konten

Mayoritas pengguna internet saat ini tidak akan membaca seluruh isi artikel. Biasanya mereka akan memindai dengan cepat informasi-informasi yang disajikan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan format artikel berupa poin-poin/listicle. Tambahkan pula foto atau ilustrasi yang sesuai agar semakin menarik.


Baca juga: Branded Content: Definisi, Manfaat, dan Contohnya


2. Sitemap

Di sisi lain, Anda juga perlu menyederhanakan navigasi di website Anda dengan membuat daftar halaman di website/sitemap yang baik. Dengan begitu pengunjung akan semakin mudah menemukan informasi dan merasa nyaman ketika berselancar di website Anda. Selain itu, sitemap juga dapat membuat website Anda lebih mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari.


3. Maksimalkan internal link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain dalam sebuah website yang sama. Dengan adanya internal link, mesin pencari bisa memahami hubungan antar halaman di website tersebut. Hal ini menjadi penting karena mesin pencari seperti Google mengutamakan website yang halamannya saling terhubung.

Sumber: idntimes.com

Sumber: idntimes.com

Secara tidak langsung internal link juga bisa meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna internet ketika berselancar di website Anda karena mereka bisa dengan mudah berpindah ke halaman lain yang menurut mereka menarik.


4. Kecepatan website

Salah satu karakteristik pengguna internet saat ini adalah bekerja dengan cepat. Sehingga, tentu mereka akan merasa kesal jika website yang dibuka memiliki durasi loading yang lama dan akhirnya mencari website lain yang lebih cepat. Padahal bisa saja konten website Anda lebih bagus.


Menurut Google, 53% pengguna internet meninggalkan
website yang loading lebih dari tiga detik. Selain itu, 79% pengguna yang merasa kecewa dengan performa loading website yang lama mengaku tidak akan kembali lagi ke website tersebut. Sehingga, meningkatkan kecepatan website menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.


5. Perbarui konten lama secara berkala

Konsisten dalam membuat konten-konten baru memang merupakan cara bagus agar website kita terus relevan dengan kebutuhan pengguna. Namun, bukan berarti konten lama sudah tidak memiliki relevansi lagi. Bisa saja konten-konten tersebut memberikan traffic yang tidak kalah banyak dari konten baru, terutama bagi konten evergreen. Anda hanya perlu menjaga relevansinya dengan cara mengedit kontennya secara berkala dan menyesuaikannya dengan kondisi masa kini.


Demikian rangkuman terkait jenis konten SEO yang ampuh meningkatkan peringkat di mesin pencari. Semoga dapat membantu Anda dalam membuat konten yang SEO
friendly dan berada di peringkat atas search engine. Menerapkan strategi dalam optimasi konten ini memang memerlukan waktu dan usaha yang tidak sedikit, tetapi saat ia sudah berada di peringkat atas, traffic yang didatangkan akan jauh lebih besar.

3 Pilar Penting Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis
By Frontier Digital March 8, 2023
Digital marketing adalah strategi yang harus segera dijalankan oleh pemilik bisnis agar terus kompetitif di era serba online seperti sekarang. Metode ini membuka kesempatan yang lebih luas agar brand dan produk dikenal, bahkan dipilih sehingga menghasilkan konversi.
5 Tipe Influencer dan Daftar Lengkapnya
By Frontier Digital March 6, 2023
Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian para pengikutnya. 61% konsumen menyatakan mereka mempercayai rekomendasi influencer. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, hadirnya influencer tentu dapat berdampak positif untuk kemajuan bisnis.
Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Jasa Optimasi Website?
By Frontier Digital March 1, 2023
Search engine optimization merupakan serangkaian metode yang berguna untuk meningkatkan performa website. Di tengah persaingan online yang semakin ketat, melakukan optimasi website menggunakan cara satu ini menjadi sangat esensial.
Mengenal Layanan Jasa Digital Marketing Agency
By Frontier Digital February 27, 2023
Digital marketing agency hadir untuk membantu para pelaku bisnis tetap kompetitif menghadapi persaingan di era serba digital. Sering kali para pelaku usaha ini sudah mengerti apa itu digital marketing namun masih tidak tahu bagaimana menerapkannya agar memperoleh hasil maksimal.
Cara Menerapkan Digital Marketing Bagi UMKM
By Frontier Digital February 22, 2023
Ada banyak UMKM yang masih belum menerapkan strategi digital marketing. Padahal kesempatan untuk memperoleh keuntungan dari metode ini bisa sangat besar. Bayangkan, dengan internet, bisnis tidak lagi mengenal batasan jarak dan waktu.
Mengenal Social Media Marketing dan Strateginya
By Frontier Digital February 21, 2023
Meski banyak yang cukup familiar, menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi marketing ternyata tidak selalu mudah. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu social media marketing, manfaat apa yang bisa Anda dapatkan, hingga bagaimana menjalankan strategi ini untuk pertumbuhan bisnis.
youtube seo untuk bisnis
By Frontier Digital February 13, 2023
Bagaimana seharusnya bisnis memanfaatkan YouTube? Lebih spesifik, bagaimana cara melakukan YouTube SEO agar bisnis terus berkembang?
cara mudah beriklan di Youtube Ads
By Frontier Digital February 10, 2023
Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk pasang iklan di Youtube Ads
contoh digital platform
By Frontier Digital February 8, 2023
Mari kenali lebih detail 5 contoh digital marketing platform yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam mengembangkan bisnis.
Cara Membuat Kampanye Influencer Marketing yang Efektif
By Frontier Digital December 1, 2022
Influencer marketing campaign merupakan langkah praktis untuk mempromosikan bisnis di era digital. Influencer sendiri adalah sosok dengan banyak pengikut serta memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
More Posts
Share by: