Link building adalah bagian dari upaya optimasi SEO. Ini adalah proses mengumpulkan link dari website lain ke website Anda. Semakin banyak link berkualitas yang bisa Anda dapatkan, maka semakin tinggi otoritas website dan tentu akan turut berpengaruh terhadap ranking di hasil pencarian.
Link building juga kerap disebut sebagai backlink. Menurut Google, backlink merupakan satu dari tiga faktor ranking.
Survei juga menunjukkan bahwa secara umum, semakin banyak backlink yang dimiliki sebuah halaman, maka semakin tinggi pula traffic organiknya. Mari pelajari lebih lanjut mengenai apa itu link building, manfaatnya, serta bagaimana menerapkannya.
Sumber: Freepik
Link building adalah sebuah proses untuk membuat situs web lain memberikan tautan ke situs web Anda. Mengumpulkan link ini penting untuk membangun authority di mata mesin pencari seperti Google. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan ranking dan mendapatkan lebih banyak traffic.
Hal penting yang harus diingat dalam proses ini adalah Anda harus tetap fokus pada kualitas backlink. Google menilai tinggi backlink yang berkualitas, yakni tautan yang berasal dari website yang kredibel dan memiliki otoritas baik. Akan percuma jika Anda memiliki banyak backlink namun berasal dari situs web yang berisi spam dan tidak relevan.
Pada dasarnya strategi link building bisa dibagi menjadi dua langkah:
Baca juga: Content Marketing: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Membangun link adalah salah satu upaya optimasi off-page SEO. Ini sangat berhubungan dengan ranking dan traffic sebuah situs web.
Fungsi backlink di mata mesin pencari:
Setelah mesin pencari melakukan crawling, mereka dapat menilai konten halaman tersebut lalu menambahkannya ke dalam index mereka. Dengan cara ini, mereka dapat memutuskan apakah halaman tersebut memiliki kualitas yang cukup untuk diberi peringkat tinggi untuk keyword tertentu.
Dalam prosesnya, Google tidak hanya menilai isi konten namun juga melihat jumlah tautan yang mengarah ke halaman tersebut dari website eksternal. Semakin banyak situs web berkualitas tinggi yang tertaut ke website Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian.
Sumber: Ahrefs
Ada beberapa tipe link yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar melakukan link building. Memahaminya akan membantu strategi Anda agar berjalan maksimal.
Nofollow merupakan atribut HTML yang bertugas untuk memberi kode kepada mesin pencari seperti Google untuk mengabaikan link tertentu. Misalnya, ketika Anda merasa tautannya tidak berkualitas.
Untuk menetapkan nofollow link, Anda harus menambahkan atribut rel="nofollow" ke dalam kode link.
Sebaliknya, link dofollow digunakan ketika Anda mengizinkan mesin pencari seperti Google untuk mengikuti link tersebut. Biasanya sudah terbentuk otomatis ketika menyematkan sebuah link.
Ini adalah jenis link terbaik karena didapatkan secara organik, yakni ketika orang lain secara sukarela menaruh link Anda di website mereka. Ini bisa terjadi karena konten Anda dinilai berkualitas baik atau bisa dijadikan sumber informasi yang kredibel.
Sesuai namanya, untuk mendapatkan link ini, Anda harus menghubungi pemilik website dan meminta mereka memasang link Anda. Salah satu upaya yang penting dilakukan, terutama untuk website baru.
Baca juga: 7 Faktor Terpenting yang Mempengaruhi Google Ranking
Ada banyak strategi yang bisa Anda pilih ketika melakukan link building. Berikut beberapa cara paling umum yang telah kami kumpulkan untuk Anda:
Ketika konten Anda berkualitas, terlebih memimpin di industri yang Anda geluti, orang lain akan dengan sukarela menggunakan link yang mengarah ke website Anda. Konsisten membuat konten yang informatif dan terpercaya adalah salah satu kunci untuk mendapatkan backlink. Beberapa format konten yang biasanya menarik tautan adalah infografis, statistik, panduan, dan video.
Proses ini tentu membutuhkan waktu dan energi lebih lama, namun hasilnya akan sepadan dan bagus dalam jangka panjang. Ketika website sudah dipercaya, website tersebut akan mendapatkan popularitas yang signifikan berpengaruh terhadap backlink.
Seperti namanya, Anda menjadi tamu atau guest di website lain dengan menuliskan artikel untuk diterbitkan di website tersebut. Di dalamnya, Anda bisa menambahkan link menuju website Anda sendiri. Temukan website lain relevan dengan target audiens Anda, pastikan membuat konten yang unik dan menarik, lengkapi dengan data yang meyakinkan.
Broken link adalah link rusak yang tidak bisa lagi diakses oleh pengunjung. Ketika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat konten baru, manfaatkan broken link building. Bantu pemilik website memperbaiki broken link yang mereka miliki dan sebagai gantinya, Anda bisa menawarkan link baru atau link Anda.
Lebih aktif mengunggah konten di media sosial juga akan meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan backlink. Kenalkan bisnis Anda, sajikan konten yang informatif dan kuatkan dengan grafis atau aset lain yang berharga. Tingkatkan interaksi dengan audiens, jangan lupa merespon brand mentions. Optimasi media sosial dengan menyertakan berbagai link yang mudah diakses.
Nah, itulah yang perlu Anda perhatikan mengenai link building. Backlink yang berkualitas akan membantu memperbaiki hasil ranking dan traffic organik. Manfaatnya sangat bernilai untuk meningkatkan performa website Anda sehingga mendukung pertumbuhan bisnis.
All Rights Reserved | Frontier Digital